10 Fakta Menginspirasi Dari Muhammad Ali Yang Belum Diketahui

0
1642
Muhammad Ali

Kekelaman menyelimuti hati banyak orang diseluruh dunia dunia kehilangan seorang legenda tinju kelas berat dunia, yaitu Muhammad Ali. Ia lahir pada 17 Januari 1942, meninggal dunia pada 3 Juni 2016, di usia 74 tahun. Ali memang sudah tiada, guys! Namun namanya akan tetap abadi. Tak hanya prestasi di ring tinju yang bersinar, sikap patriot Muhammad Ali terhadap sesama membuat Ia tak hanya dikenal sebagai atlet, tetapi juga tokoh berjasa bagi dunia.

Masyarakat dunia merasa kehilangan seorang pahlawan. Ya, selain seorang juara tinju yang pernah memegang sabuk kelas berat WBC, WBA dan merebut medali emas Olimpiade Roma 1960, Ali yang juga dijuluki “The Greatest” itu juga dikenal sebagai aktivis kemanusiaan. Sejumlah penghargaan diraih berkat kedermawanannya kepada sesama. Salah satu aksi Ali, ketika berani menentang kebijakan wajib militer di Amerika Serikat untuk ikut Perang Vietnam. Kendati sikapnya trrsebut Ia dihukum denda sebesar 10 ribu dolar dan dilarang bertinju. Saat itu, dukungan banyak dihantarkan ke Ali sampai-sampai akhirnya dia kembali bertinju di atas ring.

Aksi itu hanya segelintir sikap dari fakta hidup seorang Muhammad Ali. Seperti dikutip dari SINDOnews (berdasar World Boxing News), Ini 10 fakta lainnya dari Ali yang jarang diketahui dan bisa menjadi sumber inspirasi.

Kisah Awal Karier Muhammad Ali. Foto: Loop.

1. Awal karier Ali dari kisah konyol

Kisah Ali dalam mengawali karir yakni kehilangan sepeda. Yap. Kemudian, seorang polisi meminta Ia berlatih tinju agar bisa mempertahankan barang atau hal apapun secara mandiri. Sejak itulah, Ali belajar dan menekuni tinju.

Related :  Cari Petinju Juara Dunia, Butuh Dukungan Semua Pihak
Muhammad Ali menyalakan obor di Olimpiade Atlanta. Foto: nydailynews.com

2. Pernah Menyalakan Obor Olimpiade

Pada 1996, Ali mendapat sebuah kehormatan. Ia diminta menyalakan obor Olimpiade Atlanta. Sebagai seorang atlet, hal itu suatu kehormatan besar buatnya.

Foto: Tempo.co

3. Janji Ali Dipertarungan

Sebelum pertarungan, Ali sempat berjanji akan membuat lawannya, Archie Moore, tumbang di ronde keempat. Saat pertarungan berlangsung di Memorial Sports Arena, Los Angeles, California, 15 November 1962, benar saja, Moore dibikin KO di ronde keempat. Mantap!

Foto: breirtbart.com

4. Menciptakan Kemenangan Tercepat

Dalam sejarah pertinjuan, Ali pernah menciptakan kemenangan tercepat, loh.. Saat itu Ia menghadapi Sony Liston di Civic Center, 25 Mei 1964, Ali menghadapi lawannya sampai roboh hanya dalam 20 detik. Wow, bukan?!

Foto: Jitunews.com

5. Tolakan Ali Ke Perang Vietnam

Yap, seperti yang sudah diceritakan diatas, Ali pernah menolak masuk militer Amerika Serikat selama masa Perang Vietnam karena menurutnya perang itu tidak dianjurkan dalam Islam. Dan Ia pun sempat dilarang bertinju. Namun, karena mendapat dukungan yang besar. Akhirnya Ia ke ring tinju kembali.

Foto: WHAS

6. Aktivis Pembela Warga Kulit Hitam

Sejak aksi kemanusiaan Ali yang paling hebat diatas, Ia dikenal sebagai aktivis pembela warga kulit hitam. Walau aksinya sempat mengakibatkan didenda sebesar 10 ribu dolar dan semua gelar juara yang telah didapat dilepas, tapi Ali tetap mendapat banyak dukungan. Sehingga Ia bisa kembali berkarir di atas ring dan juga mendapat julukan hebat.

Related :  Inspiratif, Mengenal Sosok Bambang Pamungkas, Sang Pencetak Gol Timnas Indonesia
Foto: NBC News

7. Ali Juga Pernah Kalah, Ia Telan kekalahan dengan Profesional

Kekalahan pertamanya waktu itu saat melawan Joe Frazier tahun 1971. Dan Ia menerima dengan profesional. Tiga tahun kemudian, Ali membalas kekalahan dalam pertarungan “The Fight of the Century”.

8. Ali vs Chuck Wepner jadi sumber inspirasi

Pertarungan Ali vs Chuck Wepner jadi sumber inspirasi. Tahukah kamu? Film bertema tinju yang terkenal, Rocky, terinspirasi dari pertarungan itu. Ali Sempat roboh di ronde kesembilan, namun Ali berbalik menang TKO di ronde ke-15.

Foto: Kompas

9. Ali Jadi Petinju Kelas Berat Pertama

Muhammad Ali dikenal petinju kelas berat pertama yang memenangkan gelar juara sebanyak tiga kali.

Foto: VOA Islam

10. Aksi Ali Lainnya

Saat itu Ali turun langsung untuk menyelamatkan warga Amerika Serikat yang disandera di Irak. Ia berani mendatangi Saddam Hussein untuk membebaskan sandera. Dan…benar saja, para tawanan bisa pulang dengan selamat.

Sepuluh fakta tadi pasti membuat kita menjadi teringat, mengenang atau bahkan terkejut akan hal yang belum diketahui tentang Muhammad Ali. Semoga salah satu fakta diantaranya, bisa menginspirasi kita dalam hal apapun.

Yap, sosok Muhammad Ali memang sungguh bisa menginspirasi bagi kita semua. Ali memang telah tiada di dunia ini, namun kebaikan dan kisahnya tetap ada sepanjang masa di dunia ini. Terimakasih telah menginspirasi!

Semoga tenang disana, Muhammad ‘The Greatest All Time’ Ali!

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of