5 Aktivitas ini Bisa Menjadi Olahraga Alternatif saat Berpuasa

0
649

Sebagian besar orang-orang tidak menyadari dalam melakukan beberapa gerakan olahraga ringan mampu menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh walaupun sedang dalam kondisi berpuasa. olahraga saat berpuasa juga bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan justru membuat tubuh terasa tidak mudah lelah.

Meski dalam keadaan berpuasa, bukan berarti Anda bisa beralasan untuk tidak berolahraga. Apalagi saat berpuasa biasanya orang semakin sedikit melakukan aktivitas fisik. Untuk itu, olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa di bawah ini dianjurkan bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Waktu-waktu yang cocok untuk berolahraga saat  sedang berpuasa yang bisa Anda terapkan adalah saat pagi hari atau satu jam menjelang berbuka, jadi dengan begitu setelah selesai berolahraga Anda bisa langsung minum. Atau Anda bisa mencobanya juga malam hari setelah berbuka. Dengan begitu asupan kalori dan makanan manis yang biasanya dikonsumsi saat berbuka akan langsung dibakar saat Anda berolahraga.

Saat Puasa, Olahraga ini Dapat Anda Lakukan

Anda mungkin bertanya-tanya adakah olahraga yang tetap bisa dilakukan saat berpuasa. Terdapat  5  aktivitas yang dapat menjadi alternatif olahraga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa, mungkin dapat Anda terapkan salah satunya:

 

  1. Bersepeda

    Ilustrasi : Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang cukup ringan yang dapat dilakukan saat sedang berpuasa. Melakukan olahraga bersepeda dalam waktu sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah sholat subuh, udara pagi yang masih segar mampu membuat tubuh lebih rileks dan segar. Dalam melakukan olahraga ini jenis sepeda yang dapat digunakan merupakan jenis sepeda statis ataupun dinamis.

  1. Yoga

    Ilustrasi : Yoga

Yoga menjadi olaharaga alternatif yang dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Caranya, Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga yang maksimal dan membantu anda untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa.

  1. Jalan Cepat

    Ilustrasi : Jalan Cepat

Jalan cepat merupakan sebuah alternatif olahraga ringan lainnya yang dapat dilakukan saat sedang berpuasa. Anda bisa melakukan olahraga jalan cepat bersama rekan kerja di sekitar kantor dan waktu yang tidak terbatas. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Nah kalau anda bosan berkeliling di lingkungan saja, anda bisa melakukan Jalan cepat di area mall. Sekalian shopping biar tidak begitu terasa capeknya, badan sehat otak juga ikut bahagia bukan?

  1. Renang

    Ilustrasi : Renang

Olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik adalah renang. Anda dapat mengisi waktu sebelum berbuka dengan melakukan olahraga renang selama kurang lebih 30 menit. Dengan melakukan olahraga ini tubuh dapat terasa lebih segar. Namun, melakukan olahraga renang saat puasa ini haruslah diperhatikan. kemungkinan bisa membatalkan puasa, hindari mulut terbuka saat di dalam air ya.

  1. Naik Turun Tangga

    Ilustrasi : Naik Turun Tangga

Aktivitas naik turun tangga merupakan olahraga alternatif terakhir. Aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang mampu di lakukan saat berpuasa. Olahraga ini tergolong ringan namun mampu menimbulkan dehidrasi yang sangat terasa jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan saat jam-jam menuju berbuka puasa ya, sehingga rasa dehidrasi yang di timbulkan selama melakukan aktivitas ini tidak terlalu lama dirasakan.

Saat melakukan olahraga dalam keadaan berpuasa, tentunya kesehatan tubuh adalah hal terpenting. Lakukan olahraga di pagi hari, beberapa jam setelah sahur dan shalat subuh, atau di sore hari saat menjelang berbuka puasa. Jangan menjadikan ibadah puasa sebagai alasan yang bisa menghalangi rutinitas berolahraga yang biasa dilakukan pada dalam hari-hari sebelumnya saat tidak berpuasa.

Related :  6 Makanan Sehat Ini Wajib Disantap Setelah Berolahraga, Nomor Lima Paling Ampuh

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of