6 Makanan Sehat Ini Wajib Disantap Setelah Berolahraga, Nomor Lima Paling Ampuh

0
1857
Ilustrasi: Memasak makanan sehat
Ilustrasi: Memasak makanan sehat setelah olahraga

Bagi kamu yang sering berolahraga kardio seperti  olahraga aerobik, hiking, bersepeda, lari,  treadmill dan sejenisnya, pernahkah terpikir ataupun bertanya-tanya makanan sehat apa yang cocok di konsumsi setelah olahraga tersebut? Tidak usah bingung-bingung lagi.

Ada beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi setelah olahraga. Tentu saja, makanan-makanan ini bisa memulihkan tenaga energi tubuh dan menjauhkan dari penyakit.

Ilustrasi: Salmon
Ilustrasi: Salmon

1. Salmon

Saat kamu berolahraga sebelum makan malam, dilansir dari doktersehat.com, pakar fitnes dan diet dari Los Angeles, Cassandra Corum  menyarankan untuk menyantap makanan yang mengandung protein, karbohidrat komplek, dan lemak. Menurutnya, semua itu bisa didapatkan salah satunya pada salmon.Ikan ini kaya akan kandungan protein, asam lemak omega 3 dan antioksidan. Sehingga, salmon sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga. Bahkan, ikan laut ini juga dipercaya bisa memulihkan tubuh dengan cepat.

Ilustrasi: Dada Ayam

2. Dada Ayam

Dada ayam sudah menjadi lauk pokok orang Indonesia. Hampir semua masyarakat mengkonsumsi dada ayam tersebut sebagai lauk sajian makan. Itu hal yang bagus, karena Daging putih tanpa lemak dari dada ayam ini mengandung protein dan karbohidrat dengan porsi kadar yang tepat. Tidak hanya itu, kandungan selenium pada ayam juga mampu mengurangi risiko arthrititis. Yang paling penting adalah ia rendah kalori dan sehat untuk dikonsumsi.

Setelah olahraga kamu bisa mengonsumsi makanan ini. Dada ayam ini dapat mengisi energi yang telah habis kamu gunakan saat berolahraga. Pengolahannya mudah bisa dengan cara direbus, disate, dipanggang, atau jadi pelengkap dengan sayuran, semuanya bisa menjadi pilihan sebagai makanan pemulihan kamu.

Related :  PORKOT Siapkan Atlet Tangsel Dari Tingkat Kelurahan
Ilustrasi: Pisang

3. Pisang

Bila kamu setelah olahraga malas makan-makanan yang berat. Kamu bisa coba makan pisang aja nih. Buah ini mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat pada tubuh. Sehingga saat dibakar dalam tubuh menjadi energi. Vitamin dan mineral yang ada sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian loh. Dijamin energi kamu langsung bangkit deh! Tidak hanya sampai membangkitkan energi, Pisang juga dapat meredakan dan mencegah kram otot setelah olahraga karena buah kuning ini Memiliki kandungan potassium dan antioksidan yang berguna meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru.

Ilustrasi: Salad Buah

4. Salad buah

Olahraga kardio di pagi hari, setelah itu makan salad buah. Hmm, pasti akan jadi menu sarapan kamu yang menyehatkan. Kamu bisa coba nih, dengan bikin salad buah pake kiwi, strawberry, jeruk, mangga dan apel. Perpaduan beberapa buah ini dijamin menyegarkan dan menyehatkan abiss. Pasalnya, buah-buah tersebut  kaya akan antioksidan dan sangat pas sebagai menu sarapan sehat kamu setelah olahraga.

Ilustrasi: Kacang Almond

5. Almond

Menurut riset, Kandungan antioksidan pada almond dipercaya mampu menurunkan kolesterol. Untuk itu, almod sangat pas dikonsumsi sebagai camilan usai lari pagi. Selain antioksidan, kacang ini menjadi sumber serat yang baik, protein, kalsium, magnesium dan kalium, almond merupakan salah satu sumber terbaik dari alfa-tokoferol vitamin E – yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Menurut riset 2002, vitamin E dapat membantu meringankan nyeri otot akibat latihan olahraga yang ketat. Banyak kan manfaatnya? Bisa nih kamu coba dan rasakan manfaat baik si Almond.

Related :  Perserosi Sidoarjo Kembali Targetkan Juara Umum di Kejurprov 2018 di Tuban
Ilustrasi: Sarapan Oatmeal

6. Oatmeal

Oatmeal merupakan sarapan terbaik bagi para pelari. Pasalnya, oatmeal kaya akan protein, serat, dan karbohidrat. Sehingga membuat kenyang usai menghabiskan tenaga setelah berlari.

Itu tadi keenam tips makanan terbaik untuk kamu konsumsi setelah olahraga. Mana yang akan jadi pilihan menu sarapan atau makanan kamu?

Oh iya selain itu, ada juga nih, tips makanan sehat buat kamu, yaitu :

  • Prioritaskan mengonsumsi karbohidrat dan protein pada saat setelah berolahraga, karena 20 sampai dengan 30 menit pertama,  itu fase waktu “metabolic window” yaitu saat otot-otot Anda dalam kondisi paling efisien dalam menyerap nutrisi.
  • Seorang ahli gizi dari New York City, Leah Kaufman, menyarankan bahwa makanan ringan dapat membantu pemulihan otot dan menghilangkan rasa sakit setelah berolahraga.
  • Untuk memulihkan energi, ada beberapa opsi untuk Anda yaitu susu cokelat, air kelapa, dan minuman yang mengandung protein dan elektrolit.

Selamat mencoba dan menikmati manfaat dari makanan sehat diatas,

serta paling penting… selamat makan!

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of