Alvin, Pemuda 18 Tahun ini Optimis Dapat Menjadi Juara Dunia Bulutangkis All England

0
399
Alberto Alvin Yulianto. ikut mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan Badminton Asia Junior Championship 2018.
Alberto Alvin Yulianto. ikut mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan Badminton Asia Junior Championship 2018.

Jakarta- Indonesia memiliki banyak potensi atlet-atlet usia muda dari masing-masing cabang olahraga, baik dari laki-laki maupun perempuan.

Salah satunya adalah Alberto Alvin Yulianto atau “Alvin” sapaan akrabnya. Tergabung di Pelatnas Cipayung sejak tahun 2017 lalu, Ia turut serta dalam mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan Badminton Asia Junior Championship 2018.

Memulai karirnya di olahraga bulutangkis sejak usianya 7 tahun, ketika itu dirinya diajak oleh sang ayah dan ibu ke lapangan untuk bermain bulutangkis hingga akhirnya menyukai olahraga tersebut.

“Udah merasa nyaman ya di bulutangkis, dulu kan suka dapet bonus kalo juara jadi makin semangat latihannya” kata Alvin.

Berkat kemampuannya dalam bermain bulutangkis yang kian terasah Alvin akhirnya terrgabung dalam PB Kartika di Purwokerto, disini Ia mengikuti kejuaraan pertamanya saat masih berusia 10 tahun pada tingkat Propinsi Jawa Tengah, kemudian pada tahun 2011 Alvin bergabung dengan PB Djarum yang berlokasi di ‘Kota Kretek’ Kudus.

“Saya 6 tahun di PB Djarum dari tahun 2011, saat itu ada pemanggilan untuk gabung ke pelatnas ditahun 2017 saya mulai gabung.” ujar remaja berusia 18 tahun itu.

Bermain di area tunggal putra menjadi pilihannya sejak kecil, merasa nyaman dan sudah mendapatkan alur yang tepat menjadi alasannya untuk berjuang seorang diri di lapangan.

Related :  Eagle, Merek Sepatu Olahraga Lokal Yang Banyak Digunakan Di Indonesia

Saat ini dirinya sudah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) dan akan segera menentukan jalannya untuk lebih terjun ke dunia pendidikan atau fokus untuk menjadi atlet.

“Kalau sekarang fokusnya masih badminton sih, kalau kuliahnya masih belom terlalu dipikirin. Kalau harus milih sekolah dan badminton, saya pilih badminton” ungkap remaja kelahiran Purwokerto tersebut.

Alasan lebih memilih menjadi atlet karena sudah menjadi rutinitas sejak kecil dan sudah memfokuskan diri untuk terus berlatih, membuat dirinya optimis menjadi seorang atlet.

Selama menjadi atlet ada banyak cobaan  yang dilalui, bahkan Alvin pun sempat mengalami cidera di bagian pinggang yang cukup parah pada tahun 2015. Cidera ini mengakibatkan dirinya harus beristirahat penuh selama kurang lebih satu bulan.

“Suka duka jadi pemain sih, dari sukanya banyak yang dukung kayak penonton, orang tua, keluarga, dapet bonus kalau juara. Kalau duka sih waktu habis untuk latihan ya, orang-orang pada liburan bareng keluarga kita harus latihan” pungkas remaja yang mengidolakan Lee Chong Wei dan Anthony Ginting itu.

Dalam waktu dekat Alvin menargetkan dirinya untuk lolos bahkan menjadi juara di event Asia Junior dan juga event World Junior, bahkan untuk jangka panjang Alvin optimis bisa meraih medali emas di kompetisi internasional seperti All England.(Ham)

Related :  Tampil Tenang, Dimas Juara Tunggal Putra O2SN SMK Provinsi DKI Jakarta

Profil Singkat

Nama : Alberto Alvin Yulianto
Tempat/Tgl Lahir : Purwokerto, 7 Januari 2000
Alamat Tinggal : Pelatnas Cipayung jl Damai Raya Jakarta Timur
Alamat Rumah : Perum. Puri Hijau P16 no. 17 Purwokerto Selatan
Orang Tua : Lilik (ayah) Sucien (ibu)
Nomor Ponsel : 087888703977
Media Sosial : Ig @albertoalvinyulianto

Pendidikan

SD Santo Yoseph purwokerto
SMP Taman Dewasa Kudus
SMA Keluarga Kudus

Prestasi

Juara 1 Sirkuit Nasional Semarang Tahun 2016
Juara 1 Sirkuit Nasional Medan Tahun 2016
Runner Up Sirkuit Nasional Makassar Tahun 2016
Semi Final Sirkuit Nasional Cirebon Tahun 2016
Semi Final Victor Exist Junior Tahun 2016
Juara 1 Junior Master Cup Tahun 2016
Juara 3 International Junior Championship Tahun 2017
Juara 3 International Series Peru Tahun 2017
Juara 1 Pembangunan Jaya Raya Cup Tahun 2017
Juara 1 Super Liga Junior Tahun 2017
Kuarter Final Grand Prix Dutch Belanda 2018
Kuarter Final Grand Prix Jerman Junior 2018
Kuarter Final Grand Prix Thailand Junior 2018

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of