Anime Olahraga Yang Bisa Kamu Tonton Selama Stay At Home, No.3 Paling Sering Di Tonton!

0
109
Anime olahraga, Haikyu. Sumber: Buranfresh
Anime olahraga, Haikyu. Sumber: Buranfresh

Sobat muda NYSN pastinya sering mengalami stres saat harus berdiam diri terus di rumah. Selain menjaga kondisi fisik kesehatan mental sobat muda NYSN juga harus dijaga. Ada berbagai macam cara menghilangkan stres di rumah. Misalnya dengan melukis/ menggambar, bermain musik atau menyanyi, baca buku, berkebun dan sebagainya. Tapi pernah tidak sobat muda NYSN menghilangkan stres dengan menonton anime yang bertema olahraga?

Dengan menonton film yang menarik bisa menciptakan suasana bahagia yang mempengaruhi mood sobat muda NYSN. Menonton film juga membuat perasaan yang terpendam menjadi keluar. Selain itu dengan menonton film sobat muda bisa mengevaluasi lagi apabila punya pikiran negatif dan sekaligus mengembangkan kreatifitas.

Ada beberapa pilihan anime bergenre olahraga yang bisa sobat muda NYSN tonton, atau baca, untuk me-refresh pikiran.

1. Slam Dunk

Slam Dunk

Slam Dunk adalah serial animasi yang diangkat dari komik Jepang berjudul sama. Berkisah tentang tim basket sekolah Shohoku Slam Dunk bagus untuk sobat muda NYSN yang suka basket atau butuh motivasi untuk main basket. Bercerita tentang si badung Hanamichi Sakuragi yang cintanya selalu ditolak sebelum akhirnya terbujuk untuk masuk tim basket sekolahnya.

Komiknya sendiri di tulis dan digambar oleh mangaka Takehiko Inoue. Saking populernya komik ini sehingga berhasil menjual 121 juta kopi di Jepang saja. Tahun 2010 Inoue menerima penghargaan dari asosiasi basket Jepang karena telah mempopulerkan olahraga basket di Jepang.

Animasinya dibuat oleh Toei Animation dan mengudara sejak 1993 sampai dengan 1996. Denger-denger sih sobat muda NYSN serial animasinya bakalan ada lanjutannya nih di 2020!

2. Haikyu!!

Anime olahraga, Haikyu. Sumber: Buranfresh
Anime olahraga, Haikyu. Sumber: Buranfresh

Haikyu!! Adalah adalah manga juara yang mendapat penghargaan manga Shogakukan yang ditulis dan digambar oleh mangaka Haruichi Furudate. Berkisah tentang Shōyō Hinata, seorang anak yang bertekad untuk jadi atlet voli handal. Sebuah mimpi yang terinspirasi dari sebuah tim bola voli sekolah Karasuno. Tapi masalahnya adalah ukuran badannya kecil. Buat sobat muda NYSN yang memiliki tubuh mungil dan sering minder dalam kegiatan olahraga boleh nih menjadikan Haikyu!! inspirasi.

Related :  Tatsuki Machida, Ice Skater Jepang yang Kisah Inspiratifnya di Angkat Menjadi Kartun Anime Jepang

Haikyu!! diadaptasi menjadi animasi oleh Prouction I. G dan mengudara sejak 2014 sampai 2016 dan tayang kembali di tahun 2020. Manga sendiri sudah beredar sampai 40 juta kopi.

3. Captain Tsubasa

Captain Tsubasa
Captain Tsubasa

Berikutnya adalah anime yang akrab banget dikalangan sobat muda NYSN. Apalagi kalau bukan Captain Tsubasa! Manga tentang sepakbola ini diciptakan oleh Yōichi Takahashi pada tahun 1981. Sobat muda NYSN mungkin belum banyak yang tahu bahwa manga ini terinspirasi dari Piala Dunia 1978 Argentina.

Berkisah tentang anak berumur 11 tahun bernama Tsubasa Oozora yang bermimpi kelak membawa Jepang menjadi juara dunia. Sejak kecil Tsubasa selalu bermain dengan bola sepak. Sampai-sampai dia punya moto bahwa “bola adalah teman.” Sejak kecil Tsubasa sudah memiliki bakat kecepatan, dribbling bola, dan tendangan yang luar biasa.

Captain Tsubasa Awalnya muncul di majalah Shueisha’s Weekly Shōnen antara tahun 1981 sampai 1988. Manganya terjual sampai 80 juta kopi diseluruh dunia. Pada tahun 1983 sampai 1986 diangkat menjadi animasi oleh Tsuchida Production.

4. Eyeshield 21

Eyeshield 21

Manga buatan Riichiro Inagaki dan Yuske Murata ini berkisah tentang anak introvert bernama Sena Kobayakawa. Genre olahraga yang dibawanya adalah American football. Keterlibatan Sena menjadi pemain American football sebenarnya adalah akibat temannya yang memaksanya memakai pelindung mata dan nomer 21. Sehingga muncullah nama “Eyeshield 21.”

Eyeshield 21 mengudara pertama kali di TV Tokyo pada tahun 2005 sampai 2008. Di Jepang penjualan komiknya mencapai 20 juta kopi dan masuk dalam sepuluh besar penjualan komik terbaik.

5. Hajime no Ippo

Hajime no Ippo
Hajime no Ippo

Apabila sobat muda NYSN tertarik pada dunia olahraga tinju maka Hajime no Ippo bisa menjadi bacaan dan tontonan yang menarik. ditulis oleh George Morikawa. Hajime no Ippo telah terbit sejak tahun 1989. Berkisah tentang Makunouchi Ippo yang baru menapaki kariernya di bidang olahraga tinju dan kemudian meraih gelar demi gelar.

Related :  Tatsuki Machida, Ice Skater Jepang yang Kisah Inspiratifnya di Angkat Menjadi Kartun Anime Jepang

Animasinya diproduksi oleh Madhouse sejak tahun 2000 sampai 2002. Kemudian pada tahun 2003 dibuat film animasi televisinya sampai beberapa kali. Manga ini berhasil meraih penghargaan manga Kodansha pada kategori shonen pada thun 2019.

6. Yowamushi Pedal

Yowamushi Pedal
Yowamushi Pedal

Yowamushi Pedal atau Yowamushi Pedaru atau yang berarti “Weakling Pedal” adalah salah satu manga dan animasi terkenal di Jepang yang bergenre olahraga sepeda. Manga ini ditulis oleh Wataru Watanabe sejak 2008 dan pertama kali muncul pada majalah manga mingguan Akita Shoten’s Weekly Shōnen Champion.

Yowamushi Pedal berkisah tentang Sakamichi Otaru anak kelas satu sekolah menengah atas yang gemar anime dan segala pernak-perniknya. Bisa dibilang Sakamichi ini otaku banget sobat muda NYSN. Perawakannya juga kecil dan memakai kacamata tebal. Sepeda yang digunakannya setiap hari ke sekolah pun bukan sepeda yang keren seperti road bike pada umumnya. Akan tetapi dengan segala kekurangannya itu dia berhasil masuk klub sepeda bergengsi di sekolahnya. Serial ini bagus banget untuk memotivasi kamu sobat muda NYSN.

Serial animasi Yowamushi Pedal musim pertama mengudara pada tahun 2013 sampai 2018. Pada tahun 2020 ini kabarnya sih akan ada film live-actionnya sobat muda NYSN.

7. Initial D!

Initial D
Initial D

Initial D sebenarnya bukanlah animasi olahraga murni tapi lebih kepada genre otomotif. Akan tetapi sobat muda NYSN yang menyukai otomotif akan menyukai serial yang satuini. Ditulis oleh Shuichi Shigeno Initial D berkisah tentang Takumi Fujiwara yang setiap harinya mengantar tahu buatan ayahnya. Jalan yang dilalui Takumi bukanlah jalan biasa akan tetapi jalan berliku yang sempit di lereng gunung. Mobil yang digunakan oleh Takumi pun hanyalah mobil tua milik ayahnya. Lalu bagaimana kisah Takumi mengalahkan mobil-mobil modifikasi keren lawannya? Sobat muda NYSN cari tahu sendiri ya.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of