Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Tidur Seharian Seperti Ini Selama Puasa

0
415
Tidur Seharian buat sehat atau tidak?

Saat berpuasa selama sebulan penuh kamu harus mengalami beberapa perubahan seperti pola makan, waktu tidur, dan aktivitas kamu sehari-hari. Kegiatan seperti makan, minum, berkumpul bersama teman-teman, keluarga, ataupun sekalipun aktivitas olahragamu akan berubah karena dilakukan selama malam hari. Perubahan waktu tidur pun akan terasa, maka tak heran orang akan lebih aktif pada malam hari sedangkan di siang hari kamu lebih memilih untuk tidur seharian.

Pada siang hari, kamu lelah dan mengantuk

Apakah Sebenarnya Baik Jika Tidur Seharian Selama Berpuasa?

Fakta menyebutkan terlalu banyak atau sedikit tidur bisa membuat tubuh kamu menjadi lelah. Tidur dengan intensitas yang lebih banyak daripada yang kamu butuhkan bisa jadi buat kamu tidak segar dan bersemangat. Bahkan kebanyakan orang akan tambah lesu selama berpuasa. Penelitian juga menunjukkan orang yang terlalu banyak tidur justru akan mengganggu pola tidur dan jam-jam biologis tubuhnya. Hal inilah yang menyebabkan kamu menjadi cenderung lemas, lelah setelah tidur seharian.

Related :  Mana Yang Lebih Baik, Olahraga Rutin atau Tidur Cukup?

 

Bagaimana Atur Waktu Tidur Selama Berpuasa?

Waktu tidur yang baik berlangsung selama 80 sampai 120 menit atau 90 menit tiap kamu tidur. Dalam tidur itu sendiri, ada siklus atau tahapan-tahapannya yang bisa memengaruhi durasi tidur saat kamu berpuasa.

Tahapan tersebut meliputi tahap satu, dua,  Rapid Eye Movement (REM), tiga, dan empat. Untuk tahap satu dan dua, kamu masih mudah untuk dibangunkan. Jika sudah masuk ke REM, kamu akan sulit dibangunkan. Untuk tahap tiga dan empat, kamu sulit sekali dibangunkan.

Jika kamu memperpanjang waktu tidur selama satu atau bahkan dua jam lebih dari waktu normal, kamu akan memasuki tahap ketiga, empat atau REM. Hasilnya kamu akan terlelap, dan saat bangun tubuh jadi lemas.

Related :  Ngabuburit Sehat Selama Berpuasa

Cara terbaik untuk atur waktu tidur selama berpuasa adalah dengan mengetahui jam tidur yang tepat bagi kamu dan kemudian dilakukan. Ya, sebenarnya yang mengetahui diri kamu adalah kamu sendiri. Jadi, kamu pasti tau apa yang tubuh kamu butuhkan atau tidak. Selamat tidur, jaga kesehatanmu selama berpuasa, sobatmuda NYSN!

 

 

(Hellosehat.com)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of