Asian Youth Games 2021 Akan Diadakan di Shantou, Cina

0
277
Penandatanganan memo antara OCA dengan Pemerintahan Shantou untuk menyelenggarakan Asian Youth Games 2021 (03/03). Photo : people.cn
Penandatanganan memo antara OCA dengan Pemerintahan Shantou untuk menyelenggarakan Asian Youth Games 2021 (03/03). Photo : people.cn

Asian Youth Games 2021 akan diadakan di Shantou, Cina, hal ini diumumkan saat konferensi OCA (Olympic Council of Asia) ke 38 yang diadakan di Bangkok, Thailand (3/3).

Kota Shantou merupakan kota ke empat di Cina yang menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional setelah Beijing Guangzhou dan Nanjing.

Saat konferensi tersebut berlangusng, Lin Yimin selaku walikota Shantou menjelaskan kekuatan dan kebudayaan kota tersebut, fasilitas olahraga, tingkat keamanan dan pengalaman sebelumnya dalam menyelenggarakan event-event besar.

Setelah berdasarkan hasil diskusi diantara para pejabat OCA, Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah selaku Presiden OCA mengumumkan bahwa Shantou terpilih sebagai tuan rumah Asian Youth Games 2021.

Shantou yang berlokasi di sebelah timur propinsi Guangding adalah salah satu kota perekonomian di Cina. Ajang ini bermanfaat untuk mendongkrak prekeonomian local dan dapat menumbuhkan potensi bakat-bakat baru yang bias berguna untuk kota tersebut.

Kota Shantou dengan populasi sekitar 5.6 juta penduduk ini merupakan satu-satunya bidder setelah beberapa negara lain seperti Sri Lanka dan Indonesia batal menjadi tuan rumah.

Asian Youth Games 2021 ini rencananya akan diadakan secara mayoritas di area Shantou University dimana jumlah atlet peserta diperkirakan mencapai 2500 orang dari 45 negara.

Asian Youth Games adalah event olahraga yang memperlombakan banyak cabang olahraga dimana para pesertanya adalah para remaja mulai dari umur 14 sampai dengan 17 dari seluruh Asia. Event ini akan berlangsung selama Sembilan hari dan dinobatkan sebagai ajang olahraga remaja terbesar di Asia. Asian Youth Games sebelumnya diadakan di Nanjing, Propinsi Jiangsu, CIna 2013 lalu.

Di ajang Asian Youth Games 2013 lalu, Indonesia mengirim 104 atlet untuk 13 cabang dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan dan menduduki peringkat 15 dengan raihan 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

1 Medali Emas
Ricky Anggawijaya dari cabang renang dalam nomor 100 meter Gaya Punggung Putra

2 Medali Perak
Ricky Anggawijaya dari cabang renang dalam nomor 200 meter Gaya Punggung Putra, Aprilia Kartina dari cabang atletik nomor 1500 meter Putri

2 Medali Perunggu
Lorenza Monalisa Arieswaty dari cabang renang dalam nomor 200 meter Gaya Kupu-kupu Putri, Ken Ayuthaya Purnama dari cabang atletik nomor 100 meter Gawang Putri. (IHA)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of