Bagaimana Cara Internasional Olympic Committee (IOC) Memilih Tuan Rumah Olimpiade?

0
225
Bagaimana-cara-Internasional-Olympic-Committee-(IOC)-Memilih-Tuan-Rumah-Olimpiade-1
Logo Olimpiade. Foto: Indigenous.gov.au

Turnamen olimpiade dunia sudah terlaksana selama 36 kali. Rio De Janeiro, Brazil menjadi tuan rumah terakhir pada tahun 2016 lalu. Di tahun 2020, kota Tokyo, Jepang menjadi kota selanjutnya yang dipilih menjadi tuan rumah. Sejak tahun 1896, International Olympic Committee (IOC) sudah memilih berbagai kota untuk menjadi tuan rumah. Namun bagaimana cara IOC menentukan tuan rumah? dan apa saja tahapan yang dilakukan?

Kota tuan rumah olimpiade biasanya sudah diplih sejak 7 tahun sebelum perayaan olimpiade di mulai. Negara yang akan mencalonkan diri harus mengirimkan proposal ke National Olympic Committee (NOC) yang berada di negaranya. Setelah itu, NOC akan mengajukan proposal ke IOC untuk memilih salah satu kota dari negara tersebut yang layak menjadi tuan rumah.

Related :  Swimming Open 2017 Jakarta Championship Siapkan Bibit ke Arena Olimpiade & PON

Proses seleksi pun akan menghabiskan waktu selama 2 tahun dengan melewati 2 tahapan. Tahapan pertama adalah negara pemohon mengisi kuisioner yang terkait dengan kriteria utama penyelenggaraan olimpiade. Dalam tahapan ini, pemohon harus memberikan jaminan agar tetap mematuhi Piagam OIimpiade beserta aturan-aturan lain. Setelah kuisioner di isi, IOC akan membentuk anggota khusus untuk mengevaluasi kota yang diajukan. Jika evaluasi selesai, Dewan Ekskutif IOC akan melanjutkan ketahap kedua.

Tahapan kedua adalah tahap pencalonan dimana para kandidat terpilih akan dianalisis oleh Komisi Evaluasi. Komisi ini lah yang akan mengunjungi kota-kota di negara kandiidat, melakukan wawancara dengan pejabat-pejabat setempat dan memeriksa tempat-tempat yang layak untuk diselenggarakan. Setelah tahap kedua selesai, Komisi Evaluasi akan memberikan hasil laporan kepada IOC sebulan sebelum proses keputusan akhir. Daftar calon akan dipresentasikan di sidang umum IOC.

Related :  Mengenal Hash, Olahraga Sambil Menjelajah Alam
Bagaimana-cara-Internasional-Olympic-Committee-(IOC)-Memilih-Tuan-Rumah-Olimpiade-2
Pertemuan Delegasi International Olympic Committee (IOC) Di Lausanne, Swiss Untuk Menentukan Tuan Rumah Olimpiade Tahun 2024 dan 2028. Foto: Baranews.co

Sidang umum akan diselenggarakan di negara yang tidak mencalonkan diri menjadi kandidat tuan rumah. Para anggota IOC akan memberikan suaranya setelah proses presentasi. Setelah suatu negara terpilih, tuan rumah beserta NOC akan menandatangani kontrak dengan IOC dan secara resmi dinobatkan sebagai tuan rumah.

Dari pihak negara harus siap mendanai acara olimpiade. Kita tahu bahwa menjadi tuan rumah akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit dimana para atlet beserta kontingen lainnya harus ditempatkan di sebuah tempat khusus dengan standart yang ditentukan.(put)

Apa komentarmu?

Ayo komen untuk pertama kali!

avatar
  Subscribe  
Notify of