Banyak Potensi Atlet Terpendam, GOR Sapudi Mulai Dibangun

0
43
Banyak Potensi Atlet Terpendam, GOR Sapudi Mulai Dibangun
Peletakan Batu Pertama Pembangunan GOR di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, oleh Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim bersama jajaran Forkopimda dan Disparbudpora Sumenep. (Foto: Koranmadura.com)

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep mulai melirik potensi yang dimiliki kepulauan. Terbukti, saat ini gelanggang olah raga (GOR) mulai dibangun Pulau Sapudi.

GOR yang berlokasi di Kecamatan Gayam tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan olah raga bagi masyarakat setempat, khususnya kalangan pemuda.

Menurut Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Sumenep, Subiyakto, pembangunan GOR Sapudi di Kecamatan Gayam ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi kepulauan dalam proses mencetak atlet berprestasi.

Saya bangga dengan peletakan batu pertama kemarin oleh Bapak Bupati, sehingga wujud dari kepedulian Pemerintah Daerah terhadap kepulauan di Sumenep 50 persen sudah terakomodir,” ujar Subiyakto seperti dilansir Matamaduranews.com.

Subiyakto melanjutkan bahwa pihaknya juga akan membangun GOR di kecamatan-kecamatan lain di kepulauan termasuk merevitalisasi GOR di Kecamatan Arjasa yang kondisinya saat ini dinilai sudah tidak layak pakai.

Mudah-mudahan saya masih di sini tahun depan, saya akan anggarkan dan masukkan ke RAK untuk pembangunan GOR, baik itu rehab maupun GOR yang baru,” ujarnya.

Lebih lanjut, Subiyakto menilai bahwa proyek ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan olah raga di Sumenep khususnya kepulauan. Selain itu, GOR di tiap kecamatan tersebut nantinya tidak hanya berfungsi untuk olah raga saja, melainkan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kemasyarakatan lain.

Subiyakto pun berkaca pada fakta bahwa kemajuan sebuah olahraga di suatu daerah tidak terlepas dari keberadaan sarana prasarana yang memadai. Sehingga dengan dibangunnya GOR di tiap kecamatan tersebut, diharapkan akan lebih banyak atlet asal Sumenep yang bisa mewakili daerah maupun negara pada even bergengsi.

Saya di sini untuk membenahi dan itu telah saya lakukan secara perlahan. Makanya membangun sarana olahraga itu menjadi prioritas. Karena maju tidaknya suatu kabupaten itu (salah satunya) dari olahraganya,” pungkas Subiyakto.

Pemerintah Kabupaten Sumenep sudah menyediakan dana pembangunan GOR sebesar Rp2,087 milliar di APBD Tahun 2020. Fasiltas GOR nantinya akan terdiri dari dua lapangan sarana olahraga bulutangkis dan aula serbaguna seperti panggung pentas seni dan budaya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sumenep, Busyro Karim berharap pembangunan GOR benar-benar bermanfaat bagi masyarakat baik itu berolahraga untuk membuat tubuh sehat. Sekaligus sebagai sarana dalam rangka pembinaan prestasi bibit muda di Kecamatan Gayam.

Dengan fasilitas olahraga itu, lahir bibit atlet-atlet berprestasi Kecamatan Gayam, yang diperhitungkan di kancah regional, nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Busyro Karim pun menjelaskan masyarakat hendaknya ikut aktif memantau proses pembangunannya, sehingga pelaksanaannya sesuai harapan bahkan tidak ada masalah.

Bantu dalam pengawasan pelaksanaan pembangunannya agar sesuai dengan harapan kita bersama,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep telah menyediakan anggaran pembangunan GOR sebesar Rp2,087 milliar di APBD Tahun 2020. Fasiltas GOR nantinya akan terdiri dari dua lapangan sarana olahraga bulu tangkis dan aula serbaguna seperti panggung pentas seni dan budaya.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of