Belajar Sepatu Roda Dijamin Mudah Asal Mengikuti 5 Tips Sederhana Ini

1
5274
Ilustrasi : Belajar Sepatu Roda
Ilustrasi : Belajar Sepatu Roda

Siapa yang tidak kenal jenis sepatu satu ini, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pun tau apa dan cara kerjanya. Ya, itu adalah sepatu roda atau roller skate atau rollerblade.

Menurut sejarah, Di Indonesia sendiri, sepatu roda mulai masuk dan berkembang di masyarakat sekitar tahun pertengahan yaitu 1960-an. Sejak itu kaula muda di sejumlah kota-kota besar sudah mulai menggemari olahraga sepatu roda yang hingga kini menjadi bagian dari lifestyle. Kemudian dibentuklah organisasi khusus bernama PERSOSI atau Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia pada tahun 1979. Yap, ternyata sepatu roda adalah salah satu cabang olahraga juga loh.

Namun, kini sepatu roda tidak hanya menjadi alat untuk olahraga tetapi juga alat bermain anak-anak dan pelengkap kebahagiaan dalam olahraga bahkan rekreasi keluarga. Salah satunya saat banyak anak-anak maupun keluarga bermain sepatu roda di car free day pada hari weekend atau libur. Tubuh sehat, hati pun ikut senang.
Nah, cocok kan bagi Anda yang ingin sehat sambil bermain bergembira. Untuk kalian yang ingin coba tetapi belum bisa, jangan khawatir! Ini dia step by step atau langkah-langkah untuk si pemula yang ingin berlatih sepatu roda..

1. Pakai Perlengkapan Sepatu Roda

  1. Sepatu Roda, Gunakanlah sepatu roda Anda sambil duduk.
  2. Kaos Kaki, Diperlukan untuk menghindari lecet-lecet pada kaki saat berlatih sepatu roda.
  3. Helm (Khusus sepatu roda), Penggunaan helm ini dimaksudkan agar kepala Anda tetap terjaga dari cedera saat mencoba belajar sepatu roda.
  4. Pelindung Siku dan lutut (Dekker/Protector), Gunakan juga ya pelindung siku dan lutut untuk menambah keamanan anggota tubuh.
Related :  Disiplin Dalam Latihan Membawa Calvin Ke PON Cabang Olahraga Sepatu Roda

2. Berlatih Keseimbangan

Bagi pemula, harus memberanikan diri untuk berdiri dengan seimbang. Caranya dengan buka kaki Anda selebar bahu, lalu usahakan kaki membentuk huruf “V”. Untuk tempat belajar keseimbangan, bisa di atas rumput atau karpet. Hal ini dimaksudkan bila jatuh tidak menimbulkan cedera. Berlatihlah terus-menerus sampai postur tubuh seimbang. Keep trying!

3. Berlatih Berjalan

Setelah Anda bisa berdiri seimbang, mulai berjalan perlahan-lahan. Pertama ke kanan, kemudian ke kiri, lalu ke kanan, dan seterusnya berlatihlah secara terus-menerus hingga Anda merasa nyaman “berjalan” di atas sepatu roda. Setelah Anda merasa bisa, mulailah bergerak lebih cepat dan ambil langkah lebih panjang. Dorong lebih keras pada roda sehingga Anda melaju lebih jauh pada setiap langkahnya.

4. Belajar Meluncur

Setelah Anda bisa berdiri seimbang dan berjalan, cobalah belajar meluncur. Pertama, posisi tetap seperti huruf “V”, kemudian 1 kaki mendorong dengan posisi dibelakang, 1 kaki meluncur dengan posisi didepan. Cobalah perlahan-lahan hingga lancar.
Apabila hal tersebut sudah lancar, cobalah juga :

  • Berbelok Saat Meluncur. Jika Anda ingin berbelok ke kanan, miringkan tubuh ke kanan, begitu juga saat ingin berbelok ke kiri.
  • Meluncur Cepat. Gerakkan kaki Anda lebih cepat dan dorong diri Anda ke arah depan. Gunakan lengan dengan menekuk siku dan memindahkannya bolak-balik seperti yang Anda lakukan saat berjalan untuk membantu Anda menjaga keseimbangan dan mendapatkan kecepatan.
Related :  Menjadi Atlet Sepatu Roda Bukan Prioritas Utama Yang Di Jadikan Pekerjaan Tetap

5. Belajar Berhenti

Anda sudah paham mengenai perlengkapan sepatu roda, cara berjalan dan meluncur, sekarang cobalah belajar berhenti. Sepatu roda sebelah kanan memiliki rem di bagian tumit. Untuk berhenti, meluncur saat sepatu roda berada sejajar satu sama lain. Untuk lebih detail, tempatkan sepatu roda sebelah kanan sedikit di depan sepatu kiri, angkat kaki dari sepatu roda sebelah kanan, lalu tekan keras pada tumit. Semakin tumit kaki lebih ditekan Anda, semakin cepat juga sepatu roda berhenti.

Itu dia Langkah-langkah berlatih sepatu roda bagi pemula, Oh iya, satu lagi nih ada 3 teknik yang tidak boleh dilupakan, yaitu teknik dasar bermain sepatu roda, yaitu:

Maju – Mundur (berjalan 5 langkah dan meluncur 1 kali)
Jangan lupa menekuk sedikit lutut anda dan membungkukkan badan atau condong kedepan

T Stop (berhenti dengan membentuk huruf T)
Saat berhenti badan dan kaki membentuk huruf T alias kaki Anda dilebarkan kearah kanan dan kiri. Jangan lupa untuk sedikit membungkukkan badan Anda.

Berbelok
Diawali posisi tubuh membungkuk. Setelah kecepatan mulai turun, ubah arah kaki kalian, saat belok biarkan sepatu roda tetap meluncur. Setelah arah Anda tepat, langkahkan lagi kaki.

1
Apa komentarmu?

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Agus.m Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Agus.m
Guest
Agus.m

Bermanfaat sekali