Berkenalan Dengan Pingkan, Calon Atlet Wushu Masa Depan Indonesia

0
303
Berkenalan Dengan Pingkan, Calon Atlet Wushu Masa Depan Indonesia
Pingkan Maretta Siregar Saat Beraksi Pada Virtual Wushu Championship Seri II. (Foto: Nusantara TV/ist).

Mungkin nama Pingkan Maretta Siregar masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, diusianya yang masih muda, Pingkan sudah mulai membuktikan jika ia layak untuk diperhitungkan sebagai atlet wushu masa depan Indonesia.

Pingkan merupakan adik dari Seraf Naro Siregar yang merupakan juara dunia wushu China 2019 dan peraih medali emas SEA Games Filipina 2019. Tak heran, ia sangat didukung oleh keluarga untuk menekuni olahraga wushu.

Sehari-hari, anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Tigor Parlindungan Siregar dan Nanik Agustin ini berlatih Sasana Yasanis Surabaya di bawah asuhan Kristanto G, Andre Valentinus G, Sherlie Hoediono, Budi Gunawan, dan Xiao HaiDong. Berkat bakat dan ketekunannya, beberapa waktu lalu ia sukses menyabet medali emas di Virtual Wushu Championship Seri II Kategori Nasional untuk nomor Taiji Jian A.

Prestasi yang saya raih ini tidak terlepas dari hasil kerja keras, pantang menyerah dan berusaha tidak merasakan lelah saat berlatih,” kata Pingkan, dilansir dari Nusantara TV.

Saya persembahkan medali emas VWC Seri II ini khusus kepada kedua orangtua yang mendukung dan membimbing saya sejauh ini walau di masa-masa terendah. Tak lupa juga saya mengucapkan terimakasih kepada semua pelatih yang membimbing tanpa lelah dan memberi nasehat serta masukan. Begitu juga dengan teman-teman yang selalu support saya dalam hal apapun itu,” tambahnya.

Pingkan mengaku awal ia mengenal olahraga wushu pada tahun 2010 lalu. Kala itu, kedua orang tuanya yang menyuruh untuk berlatih bersama sang kakak yang tak lain adalah Seraf Naro.

Awalnya saya disuruh kedua orang tua ikut latihan bersama bang Seraf Naro. Eh…terakhir saya jadi senang,” ungkap Pingkan.

Berbicara masalah target ke depan, Pingkan yang tercatat sebagai pelajar kelas 12 IPS di SMA Negeri 9 Surabaya mengaku masih konsentrasi di Virtual Wushu Championship Seri II dan Sirkuit Wushu 2021 yang menjadi seleksi terakhir menuju pelatnas junior.

Keinginan menyusul abang ke pelatnas pasti ada. Dan, saya juga ingin meraih prestasi sepertinya yang menjadi juara dunia dan juara SEA Games,” katanya.

Kebanggaan juga diontarkan orang tua Pingkan atas prestasi yang telah dicapai anaknya tersebut.

Kami bangga Pingkan mampu meraih emas di VWC Seri II. Dan, saya berharap dia tidak cepat puas dan harus lebih terpacu untuk meraih prestasi pada event-even lain,” ujar sang ayah.

Biodata

Nama: Pingkan Maretta Siregar

Tanggal Lahir: 16 Maret 2003

Tempat Lahir: Surabaya

Klub: Yasanis Surabaya

Idola: Lindswell Kwok dan Ma Jian Chao

Prestasi

– Emas Taiji Jian Virtual Wushu Championship Seri II 2020
– Emas Taiji Quan Porprov Jatim 2019
– Emas Taiji Jian dan Emas Taiji Quan Sarawak Wuwang Cup 2019
– Emas Taiji Jian Kejurnas Wushu Babel 2019
– Emas Taijin Jian dan Emas Taiji Quan Piala Raja Hamangkubuwono X 2018
– Emas Taiji Jian dan Emas Taiji Quan Kejurnas Yogyakarta 2018
– Emas Taiji Jian dan Emas Taiji Quan Piala Walikota Surabaya 2018
– Perunggu Taiji Jian dan Perunggu Taiji Quan Kejurnas 2017
– 1 Emas Taiji Jian dan Perunggu Taiji Quan BWC 2015
– Perunggu Taiji Jian dan Perunggu Taiji Quan Inti Bayangan OWC 2015
– Emas Taiji Jian BWOC 2014
– Emas Taiji Jian dan Perak Taiji Quan YOWC 2014

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments