Bersepeda Aman, Lakukan Persiapan Ini Agar Tidak Celaka

0
97
Bersepeda aman
Bersepeda aman

Sobat muda NYSN yang sering bersepeda melewati jalan raya harus tau caranya bersepeda dengan aman. Ini dimaksudkan agar sobat muda NYSN tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain. Karena sebagai pengguna jalan kita juga harus patuhi rambu dan aturan di jalan juga sobat muda. Yuk kita simak persiapan dan aturan apa saja yang bisa sobat muda NYSN lakukan sebelum dan saat bersepeda.

Lakukan hal berikut sebelum sobat muda NYSN bersepeda:

1. Atur posisi sadel

Atur posisi sadel. Sumber: http://buynewbicyclesonline.blogspot.com
Atur posisi sadel. Sumber: http://buynewbicyclesonline.blogspot.com

Atur posisi sadel atau tempat duduk sepeda sehingga tingginya sesuai dengan ukuran tubuh sobat muda NYSN. Tinggi ideal seat post atau setang sadel adalah tidak terlalu tinggi mau pun tidak terlalu rendah saat sobat muda NYSN mengayuh pedal. Posisikan lutut tidak terlalu lurus mau pun menekuk pada saat mengayuh. Ini dimaksudkan agar power yang keluar saat sobat muda NYSN mengayuh jadi lebih maksimal.

2. Periksa kompenen sepeda

Periksa kompenen sepeda. Sumber; https://blog.avelio.com
Periksa kompenen sepeda. Sumber; https://blog.avelio.com

Pastikan rem, ban sepeda, pedal, setang, gir dan semua komponen sepeda berjalan dengan sempurna. Sobat muda NYSN bisa memberikan chain lube apabila rantai terlihat berkarat. Begitu juga dengan gir depan-belakang dan huh roda depan-belakang. Karat bisa merusak komponen sepeda sobat.

3. Periksalah ban dan tekanan ban

Periksalah ban dan tekanan ban. Sumber: https://blog.avelio.com
Periksalah ban dan tekanan ban. Sumber: https://blog.avelio.com

Periksalah ban dan tekanan ban sepeda sobat muda NYSN sebelum bersepeda. Ban adalah komponen yang langsung terkena dengan permukaan jalan yang berbagai macam. Selain berfungsi sebagai penerus laju gerak dari rantai ban sepeda juga berfungsi sebagai peredam guncangan. Tekanan ban yang baik seharusnya tidak terlalu keras mau pun terlalu kempes. Apabila terlalu keras handling setang bisa terlalu liar seakan-akan ban memantul karena terkena objek yang ada di jalan . Selain itu bikin duduk tidak nyaman. Sedangkan apabila terlalu kempes setang menjadi susah untuk dikendalikan. Sobat muda NYSN akan merasakan mengayuh menjadi lebih berat.

Related :  Prudential Indonesia Berhasil Gaet Ribuan Pengunjung di Kemeriahan PRURide Indonesia 2019

Setelah melakukan persiapan sebelum bersepeda Sobat muda NYSN bisa melakukan langkah-langkah berikut saat bersepeda:

1. Gunakan pakaian yang terang agar terlihat oleh pengemudi lain. Apabila sobat muda NYSN bersepeda di sore atau malam hari sebaiknya menggunakan bantuan lampu sepeda yang bisa dipasang di setang, helm, atau seat post agar terlihat oleh pengendara kendaraan lain. Lebih bagus lagi apabila sobat muda NYSN memasang lampu berwarna putih di depan dan berwarna merah dibagian belakang.

2. Pakai helm sepeda. Bagi sobat muda NYSN yang sering bersepeda di jalan umum maka penting untuk ikut mematuhi aturan rambu lalu lintas. Gunakan helm sepeda yang sesuai ukuran kepala sobat. Posisikan helm agar menutupi kening dan tidak kendor sehingga turun-naik ke depan dan ke belakang. Atur tali helm agar berada dibagian depan dan telinga membentuk huruf “V”. Sobat muda NYSN bisa memposisikan buckle atau kuncian helm agar berada dibawah dagu. Tidak perlu terlalu ketat tapi masih ada jarak sekitar satu jari. Setelah itu apabila ukuran dan posisi helm sudah benar dan terkunci pastikan helm tidak bergerak terlalu banyak ke segala arah dengan cara menggoyang-goyangkan kepala sobat muda NYSN.

Related :  Edge 530 dan Edge 830, Komputer Sepeda Ber-GPS dengan Fitur Canggih Bagi Pengendara Hingga Atlet

3. Usahakan buat sobat muda NYSN yang akan bersepeda melewati jalan raya untuk selalu berada di jalur paling kiri atau berada pada lajur khusus sepeda apabila ada. Bersepedalah dengan kecepatan sedang agar bisa mengantisipasi pesepeda lain dan juga kendaraan lain yang menggunakan jalan yang sama. Waspada apabila di depan ada tikungan bisa jadi ada kendaraan yang keluar dari jalan itu. Selain itu penting untuk mengetahui blind spot atau titik buta dimana kendaraan lain tidak bisa melihat kita.

4. Jangan lawan arah. Kalau perlu apabila sobat muda NYSN ingin menyebrang turunlah dari sepeda. Patuhi rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan bersepeda. Jangan menggunakan telpon genggam atau mendengarkan musik yang bisa mengalihkan fokus sobat muda NYSN dari jalanan. Ingatlah untuk berkonsentrasi pada jalan.

Selain tips diatas sobat muda NYSN yang bersepeda pada saat adaptasi kebiasaan baru juga sebaiknya mengikuti anjuran untuk tetap menggunakan masker, sarung tangan, baju atau jersey lengan panjang, kacamata, bandana untuk menutupi rambut, membawa hand sanitizer, serta handuk kecil.

Apabila sobat muda NYSN bersepeda bersama teman-teman lebih baik membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 2-4 orang. Setiap orang dalam kelompok tetap menjaga jarak minimal empat meter.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of