Cari Tau Disini Tentang Tenis dan Bulu Tangkis, Apa Bedanya?

0
433
Perbedaan mendasar yang perlu diketahui tentang tenis dan bulu tangkis.// (shape.com.sg)

Sobat muda NYSN, pasti sudah tau kan olahraga tenis dan bulutangkis? Nah, kedua olahraga ini seringkali disebut mirip karena cara bermainnya. Tenis dan bulutangkis sama-sama dimainkan dengan cara memukulkan bola dengan raket melewati net.

Olahraga tenis dan bulutangkis ini kemudian berkembang menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade. Hal ini berarti membuktikan bahwa cabang olahraga ini populer dimainkan oleh pria atau wanita serta diakui juga oleh dunia.

Tapi ternyata dibalik persamaan terdapat perbedaan dalam olahraga ini, loh. Yuk simak perbedaan mendasar dari olahraga tenis dan bulu tangkis berikut ini

Bola

Tenis maupun bulu tangkis, sama-sama menggunakan bola dalam permainan.

Bola Tenis

Perbedaannya bola di tenis berbentuk bulat seperti bola sungguhan dengan ukuran kecil. Sedangkan untuk bola bulu tangkis seperti yang sudah kamu tau disebut kok atau “shuttlecock”, terbuat dari plastik menyerupai bulu angsa.

Shuttlecock

Raket

Raket yang digunakan dalam permainan tenis dan bulu tangkis begitu berbeda. Raket tenis terbuat dari jaring senar yang kuat tapi fleksibel sedangkan bulu tangkis jaring senar yang kaku.

Related :  Lampaui Target, Tenis Ganda Campuran Genapkan Emas Kontingen Indonesia Menjadi 10
Raket Tenis

Secara umum, raket tenis mempunyai 3 jenis yaitu pertama raket over size dengan ukuran 110-135 inch, raket ini tipe areanya besar jadi cocok untuk kamu yang masih pemula bermain tenis. Kedua, raket mid-plus dengan keseimbangan control dan power yang bagus. Raket ini paling banyak dijual karena biasanya kebanyakan orang mencari jenis raket mid-plus. Ketiga, mid-size dengan ukuran yang paling kecil. Jenis raket satu ini punya bentuk kepala paling kecil di antara yang lain.

Raket Bulu Tangkis

Sedangkan jenis raket pada bulu tangkis sama saja, hanya untuk raket bulu tangkis ukuran panjang tidak boleh lebih dari 68cm dan kepala raket tidak lebih dari 23cm. Permukaan raket yang dipasang senar pun ukurannya tidak lebih dari panjang 28cm dan lebar 22cm.

Net 

Net Tenis yang menyentuh sampai ke lantai lapangan. (kesekolah.com)

Saat bertanding, tenis dan bulu tangkis memasang net yang diletakan di tengah lapangan, antara kedua lawan. Net dalam olahraga tenis lebih tinggi dan lebar daripada bulu tangkis. Namun, jadi kelihatan pendek, karena net tenis biasanya dibentangkannya sampai ke lantai lapangan.

Related :  Mahasiswi Ini Bermimpi Dapat Bermain Di Olimpiade Demi Membawa Nama Indonesia
Salah satu contoh net dan lapangan bulu tangkis. (kampusundip.com)

sedangkan untuk bulutangkis, net dari tali halus dan berwarna gelap ini dibiarkan menggantung.

Bagaimana Perbedaan Saat Memukul Bola di Tenis dan Bulu Tangkis? 

Dalam tenis, cara kamu memukul bola harus dipantulkan ke daerah lawan, begitu juga lawan harus memantulkan ke lapangan daerahmu.

Sedangkan dalam bulu tangkis, bola atau kok tidak boleh bahkan bisa dipantulkan ke lantai lapangan. Bola dipukul kemudian langsung dibalas pukul oleh lawan.

Minat pada Tenis dan Bulu Tangkis di Dunia

Tenis sudah terkenal sampai penjuru dunia, khususnya pada Negara Eropa dan Amerika. Sedangkan bulu tangkis belum seterkenal tenis, ia hanya diminati oleh Asia dan sebagaian Eropa saja.

ilustrasi: sharing

Sekarang sudah tau bukan, meski terkesan mirip antara tenis dan bulu tangkis juga terdapat perbedaan. Jadi, olahraga mana nih yang kamu sukai? Tenis atau bulu tangkis?

(bobo.grid.id, galena.co.id)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of