Dari Pelataran Rumah, Marcella Mantap di Bulutangkis Wakili DKI ke Tingkat Nasional

0
1768
Pebulutangkis tunggal putri Marcella Malinda mewakili DKI ke Tingkat Nasional di Yogyakarta, September 2018. (instagram)
Pebulutangkis tunggal putri Marcella Malinda mewakili DKI ke Tingkat Nasional di Yogyakarta, September 2018. (instagram)

Jakarta- Perawakannya mungil. Tapi soal kemampuan bermain tepok bulu angsa tak perlu diragukan. Lincah dan gesit di lapangan itulah sosok atlet muda bernama lengkap Marcella Malinda. Ia penyandang gelar pertama cabang olahraga bulutangkis di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK Provinsi DKI Jakarta.

Prestasi yang ciamik, membawa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Strada 1 Jakarta Pusat itu mewakili kontingen Ibukota berlaga di O2SN Tingkat Nasional di Kota Yogyakarta, September 2018.

Sekalipun senang membawa nama DKI Jakarta ke pentas nasional, namun Marcella tak bisa menyembunyikan rasa takutnya. “Nervous, nanti disana (Yogyakarta) bagaimana? Belum tahu juga lawan-lawannya. Pasti bagus semua karena sudah terpilih mewakili daerah masing-masing,” terang anak pertama dari dua bersaudara.

Baginya, ini adalah pengalaman pertama yang harus dipersiapkan dengan maksimal. Berlatih dan terus mengasah kemampuan jadi santapan wajib bagi juara dua Pekan Olahraga Pelajar Beregu Putri 2016 itu.

“Ini pertama kali mewakili DKI ke tingkat nasioal. Terakhir cuma tingkat Provinsi. Harus lebih giat lagi latihan dan fokus untuk hasil yang diinginkan,” sambung anak pasangan Suhariyanto (ayah) dan Meliana (ibu).

Ketertarikan Marcella dengan bulutangkis bermula dari keisenganya bermain dipelataran rumah bersama sepupunya, Clara Putri. Akibat keseringan mencoba, ia jatuh cinta pada olahraga bulutangkis.

Related :  Anthony Waspada Dalam Mengahadapi Duel Dengan Momotoa, Pemain Bulutangkis Terbaik Jepang

“Main bulutangkis itu mulai kelas 7. Tadinya coba-coba sama Cici (kakak sepupu). Terus dicoba main ke tempat latihan. Lama-lama suka main bulutangkis,” beber juara satu Sanyo Cup Beregu Putri 2014.

Keinginan Marcella menekuni bulutangkis sempat tak mendapat restu dari kedua orang tuanya. Namun, keseriusan dan tekad remaja putri berusia 16 tahun itu, membuat hati kedua orang tuanya luluh.

Kini, pemilik tinggi 160 centimeter itu makin mantap meniti karier di bidang olahraga yang sangat populer di masyarakat Indonesia. “Main bulutangkis itu keinginan saya sendiri. Dan, diawal-awal sempat nggak didukung sama orang tua. Padahal, Papa pemain bulutangkis, juga dengan Kakek,” tukas kakak dari Natashia Malinda.

Soal idola, ia mengagumi pebulutangkis tunggal putri asal China Taipeh, Tai Tzu Ying dan Ratchanok Intanon (Thailand). Menurutnya, kedua pemain ini punya pukulan bola yang bagus dan semangat tinggi.

“Yang pasti kedua pemain ini memiliki mental juara. Itu yang sangat penting bagi seorang pemain,” tegas juara satu O2SN Tunggal Putri Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara 2016.

Di Tanah Air, Marcella menyukai peraih medali emas Barcelona 1992, Susi Susanti. Bermain ulet, langkahnya yang cepat jadi alasan ingin mengikuti jejak legenda asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat itu.

Related :  Kunci Gelar Juara Piala Yuni Kartika Superliga Junior 2018, PB Djarum Putri U-17 Raih Rp 50 Juta

“Ingin banget bisa nurunin cara mainnya Susi Susanti. Dia itu kuat main rally. Nah, saya terkadang tak sabaran, kalau ada kesempatan saya pasti main serang,” urai remaja berkulit kuning langsat.

Jalan yang ditempuh memang masih panjang. Ia membentang asa kelak membawa nama Indonesia ke tingkat ASEAN. “Saat ini latihan dan usaha yang giat serta doa. Tiap kesuksesan seseorang selalu ada doa yang menyertainya. Selanjutnya, biar Tuhan yang mengatur,” tutur Marcella. (Adt)

Biodata
Nama: Marcella Malinda
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta, 7 Juni 2002
Sekolah : SMK Strada 1, Jakarta Pusat
Kelas : 10
Hoby : Badminton
Nama Ayah : Suhariyanto
Nama Ibu : Meliana
Saudara Kandung : Natashia Malinda
Instagram : @marcella_malinda
Tinggi : 160 Cm

Prestasi :
1. Juara 2 POR CC 25 Beregu Putri (2014)
2. Juara 1 Sanyo Cup Beregu Putri (2014)
3. Juara 1 O2SN Tunggal Putri Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara (2015)
4. Juara 1 POR CC 26 Beregu Putri (2015)
5. Juara 1 O2SN Tunggal Putri Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara (2016)
6. Juara 2 Pekan Olahraga Pelajar Beregu Putri (2016)
7. Juara 1 ASTEC Mix Double (2016)
8. Juara 1 Methodist Ganda Putri (2016)
9. Juara 1 SMAK 6(Rapshody) Tunggal Putri (2017)
10. Juara 1 O2SN Tingkat Provinsi DKI Jakarta (2018)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of