Demi Cetak Grand Master, Pemerintah Dukung Lahirnya Liga Catur Nasional

0
664
Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mendukung lahirnya Liga Catur Nasional demi mencetak para grand master disemua kelompok usia. (Kemenpora)
Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mendukung lahirnya Liga Catur Nasional demi mencetak para grand master disemua kelompok usia. (Kemenpora)

Jakarta- Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mendukung segera lahirnya event Liga Catur Nasional. Hal itu demi mencetak para grand master disemua kelompok usia. Hal itu ditegaskan Menpora Imam Nahrawi saat menghadii Apresiasi Catur Indonesia 2018, di Puri Agung, Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (29/7) malam.

Menpora didampingi Staf Khusus Pemuda Anggia Ermarini bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro berharap even seperti dapat terus dilakukan. “Ini harus terus dilakukan, dan pemerintah akan terus mendukung serta memberikan penghargaan kepada anak bangsa yang berprestasi,” ujar Imam.

Ia mengatakan melalui event apresiasi catur yang dihadiri banyak sponsor menjadi momentum untuk menggerakkan hati semua pihak untuk bergotong-royong serta bersatu padu. “Agar catur Indonesia kembali ke masa kejayaannya untuk melahirkan grand master-grand master melalui liga catur di semua kelompok usia,” tegasnya.

Related :  Curi Tiga Medali di Tiongkok, Menpora : Modal Bagus ke Asian Games 2018

Menteri asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur itu, menilai dari sisi kuantitas harus ada pemacu agar muncul grand master baru. Dengan hadirnya Liga Catur, mereka juga memiliki pengalaman tanding.

“Saya ingin catur masuk ke pelosok-pelosok desa saya mohon PB (Pengurus Besar) Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) untuk membuat regulasi liga di kelompok usia dan berjenjang,” urainya. Sementara, Bambang menegaskan bila PB Percasi telah melakukan yang terbaik dengan memberikan apresiasi bagi pecatur, pelatih dan sponsor.

“Basic-nya prestasi ditentukan dari pembinaan yang baik, menjadi GM (grand master) butuh tak hanya skill tapi juga ketahanan mental serta pendamping dan pelatih yang bisa membuat mereka terus termotivasi,” terang Bambang.

Related :  Timnas Pelajar Putri Tumbang Dua Kali, Pelatih Akui Gara-Gara Salah Strategi

Sedangkan Utut Adianto, Ketua Umum PB Percasi, mengungkapkan event apresiasi catur Indonesia 2018 adalah bentuk syukur dalam situasi apapun catur bisa terus mencetak prestasi dan memberikan kebanggaan bagi para sponsor.

“Menjelang Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, PB Percasi terus mendukung dan turut menyukseskan. Apresiasi ini nantinya akan ada dalam bentuk pelatihan yang berkelanjutan seperti dikirim ke kejuaraan-kejuaraan di luar negeri,” tukas Utut. (Adt)

Berikut Nama-nama Penerima Apresiasi Catur Indonesia 2018:
1. Samantha Editsho (10 tahun)
2. Novendra Priasmoro (19 tahun)
3. Medina Warda Aulia (21 tahun)
4. Sean Winshand Cuhendi (21 tahun)
5. Irene Kharisma Sukandar (26 tahun)
6. Tim Universitas Gunadharma

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of