Diantara Pembukaan Asian Games 2018 dan Olimpiade 2012, Ada Apa?

0
358
Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor pada Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).(Kompas.com//INASGOC/DHONI SETIAWAN)

Sobat Muda NYSN pasti semalam berdecak kagum dan bangga kan dengan kemeriahan Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Tak hanya menimbulkan kesan bangga, acara pembukaan yang telah menjadi sorotan  se-Asia ini juga menampilkan satu hal yang menarik bahkan telah sampai jadi trending topic. Hm, kamu pasti sudah tau bukan?

Pada video intro opening ceremony Asian Games 2018 menampilkan aksi Presiden Joko Widodo menggunakan motor gede (moge). Dalam video ditunjukkan adegan Presiden Jokowi menuju ke Stadion Utama Gelora Bung Karno menggunakan moge karena mobil kepresidenannya terjebat macet. Tak hanya sampai disitu, ada juga adegan orang nomor satu se Indonesia itu melakukan aksi lompatan dengan motor. Hingga akhirnya, Jokowi digambarkan telah tiba di SUGBK dan masuk ke area parkir. Sang Presiden pun tiba di SUGBK dan disambut dengan kemeriahan puluhan ribu penonton di stadion.

Aksi tersebut pun menuai kekaguman orang Indonesia maupun luar negeri. Seperti yang dilansir dari kompas.com, Seorang pengusaha asal Australia, James yang menyaksikan pembukaan berkata bahwa Jokowi menggunakan sepeda motor adalah momen terfavoritnya. dan James menambahkan,

dilansir kompas.com, bahwa video intro Asian Games 2018 itu mempunyai benang merah dengan upacara pembukaan Olimpiade 2012. Mengapa begitu?

Related :  Gagal Maksimalkan Rotasi Pemain, Timnas U-23 Wajib Menebusnya di Dua Laga Sisa

Pasalnya, sobat muda tau gak, kalau video intro opening Olimpiade 2012 juga menampikan aksi tokoh penting. Dimana waktu itu, saat London 2012, Daniel Craig yang merupakan pemeran James Bond beradu peran dengan Sang Ratu Elizabeth II.

Dalam cuplikan video, Craig dan Sang Ratu naik helikopter dari Buckingham Palace menuju ke Stadion Olimpiade London. Setelah helikopter tepat berada di atas stadion, Sang Ratu dan Daniel Craig pun melakukan aksi lompatan terjun payung dari helikopter. Hingga akhirnya, Ratu Elizabeth didampingi suami masuk ke venue stadion Olimpiade dan duduk di tribune kehormatan.

Kesamaan akan “rasa” cerita dari video intro tersebut ternyata karena keberadaan seorang Scott Givens. Dia lah penyebab mengapa video intro Asian Games 2018 itu mempunyai benang merah dengan upacara pembukaan Olimpiade 2012. Sobat Muda NYSN, Givens adalah pemimpin perusahaan FiveCurrents yang bergerak di dunia entertaiment, khususnya seperti pengelolaan live event. Sepanjang karier, Scott Givens telah berhasil menangani lebih dari 400 event-event besar. Sejumlah acara pembukaan olimpiade dengan total 12 ajang musim panas maupun dingin sudah banyak berhasil ditangani. Mulai dari Salt Lake 2002 hingga Rio de Janeiro 2016.

Related :  Lakukan Debut di Asian Games 2018, Beban Mental Pebasket 16 Tahun Adelaide Callista Wongsohardjo

Pada Olimpiade 2012 di London, FiveCurrents merupakan production company di opening ceremony. Enam tahun setelah acara tersebut, Givens bertindak sebagai Executive Producer di Upacara Pembukaan Asian Games 2018.

Enam tahun berselang, barulah Givens didaulat sebagai Executive Producer dari upacara pembukaan Asian Games 2018. Pada upacara yang berlangsung pada Sabtu (18/08/2018) Scott berkata bahwa upacara tersebut menampikan sejarah dengan cerita berbeda, memunculkan juga unsur-unsur yang alami sebagai elemen, seperti bumi, angin, dan api yang merupakan dari budaya Indonesia. Tak hanya itu, ada juga tarian budaya yang menjadi magnet di penampilan pembukaan.

Wishnutama (kiri) sebagai Creative Director, dan Scott Givens (kanan) sebagai Executive Producer Upacara Pembukaan Asian Games 2018. (bolasport.com)

Oh iya, informasi tambahan buat kamu, kalau panggung Upacara Pembukaan Asian Games 2018 memiliki berat 600 ton dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter. Panggung tersebut menampilkan pemandangan gunung dan tumbuh-tumbuhan sebagai ciri khas Indonesia.

Sungguh menarik dan bikin kamu makin terkagum-kagum lagi, bukan? Kalau begitu, jadi makin Bangga yaa jadi Bangsa Indonesia.

 

(kompas.com)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of