Dukung Asian Games 2018, Kemenkes Siagakan 1.400 Tenaga Medis dan 25 Ambulans VVIP

0
1019
Menkes Nina Moeloek saat meninjau fasilitas ambulans guna mendukung Asian Games 2018. (Kemenkes)
Menkes Nina Moeloek saat meninjau fasilitas ambulans guna mendukung Asian Games 2018. (Kemenkes)

Jakarta- Setelah 56 tahun, Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Pesta olahraga terbesar di Asia itu dilaksanakan pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang, di DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) turut serta melakukan sejumlah persiapan, termasuk memberikan pelayanan kesehatan secara optimal. Sehingga diperlukan persiapan yang matang, dan tenaga medis harus bekerja secara profesional dalam memberikan pelayanan terbaik.

Nila Moeloek, Menteri Kesehatan (Menkes), mengatakan pihaknya tak mengharapkan terjadinya kasus cedera, cacat maupun kematian pada atlet yang sedang bertanding. Untuk itu, menurutnya, diperlukan pelatihan khusus terkait ‘Emergency in Sport Event’ guna menguatkan kompetensi petugas kesehatan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Related :  Remaja Asal 'Kota Kembang' ini Menargetkan Lampaui Prestasi Kedua Orang Tuanya di Cabor Pencak Silat

“Penanganan major event diperlukan pelayanan kesehatan optimal. Jika tidak optimal, selain menyebabkan cacat dan kematian, maka kredibilitas negara tidak baik, dan memberikan dampak buruk bagi citra Negara,” ujar Nila pada pembukaan acara ‘Refreshing Workshop Emergency in Sport Event’ di Jakarta, Senin (2/4).

Selain itu, Kemenkes bekerjasama bersama Indonesia Asian Games Committee (INASGOC) bakal menyiapkan 1.400 tenaga medis, di empat daerah lokasi pelaksanaan Asian Games 2018.

Nila menyebut 1.400 tenaga medis tersebut terdiri dari 407 dokter, 813 perawat, dan 180 fisioterapis yang akan didistribusikan ke DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten. Tak hanya itu, sebanyak 25 unit ambulans VVIP juga turut disiagakan guna mengantisipasi keadaan darurat.

Related :  Timnas U-23 Butuh Bima Sakti, PSSI 'Seleksi' Gerd Zeise Latih Timnas U-19 ?

“Sebanyak 25 unit ambulans ini dapat melakukan penanganan layaknya di Unit Gawat Darurat (UGD). Jumlah itu bisa bertambah jika disediakan oleh Dinas Kesehatan. di empat provinsi penyelenggara Asian Games,” tukas Nila. (Adt)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of