Februari 2019, Eduversal dan Sekolah Kharisma Bangsa Gelar Festival Sains dan Budaya Terbesar di Indonesia

0
88
Eduversal (Education Service Provider) akan menyelenggarakan ajang Festival Sains dan Budaya (FSB) 2019. Event ini diselenggarakan di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, pada 22-24 Februari 2019. (istimewa)
Eduversal (Education Service Provider) akan menyelenggarakan ajang Festival Sains dan Budaya (FSB) 2019. Event ini diselenggarakan di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, pada 22-24 Februari 2019. (istimewa)

Pamulang- Mengusung tema ‘Sumbangsih untuk Negeri’, Eduversal (Education Service Provider) akan menyelenggarakan ajang Festival Sains dan Budaya (FSB) 2019. Event ini diselenggarakan di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, pada 22-24 Februari.

FSB merupakan penggabungan program besar dari Indonesia Science Project Olympiad (ISPO) serta Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI). ISPO adalah event olimpiade proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer.

Event ini diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia di jenjang SMPN/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia. Sedangkan OSEBI, yakni event tahunan yang menjadi media untuk menggali bakat, kemampuan, dan kecerdasan siswa, memperkaya sumbangsih bagi khasanah budaya bangsa dalam bidang seni dan bahasa Indonesia.

Event ini diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia yang berusia antara 6-18 tahun. Penggabungan dua program besar ini menjadi satu indikasi konkret keberpihakan Eduversal dan Sekolah Kharisma Bangsa terhadap pembangunan generasi muda bangsa yang memiliki keseimbangan karakter, kritis, inovatif, kreatif, sekaligus sopan, santun, serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa.

Related :  Kharisma Bangsa dan PSKD 1 Jakarta Kampiun ‘Satelite Cup 2018 Volume 2’, Panitia: Kualitas Peserta Meningkat

“Ini adalah event tahunan. Pada 2019, ISPO merupakan pelaksanaan ke-11, sedangkan OSEBI menjadi penyelenggaraan ke-5,” ujar R.S. Dwi Prajitno Wibowo, Ketua Panitia FSB 2019, di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, pada Jumat (2/11).

Dwi menyebut secara kecerdasan sesungguhnya SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki Indonesia tidak kalah, bahkan mampu bersaing dengan SDM dari negara-negara lain.

“Namun, masalah utama yang dihadapi yakni pola pendidikan di level sekolah. Mereka sangat cerdas, namun tidak memiliki kemampuan dalam menjual ‘isi’ kepalanya. Sesuai dengan konsep ISPO, maka siswa diharapkan mampu menjual apa yang mereka kerjakan dari sebuah project, terutama dalam bentuk sains,” lanjutnya.

“Ini bukan seperti olimpiade sains biasa yang hanya pada tataran pemahanan ilmu, melainkan lebih kepada hasil karya. Di ISPO, para siswa bisa mempresentasikan apa yang mereka kerjakan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Sebab, pemenang di event ini nantinya akan mewakili Indonesia di beberapa ajang internasional,” tambahnya.

Related :  Kandaskan SMK PGRI 1 Cibinong Di Laga Pembuka, Tim Basket Putra Kharisma Bangsa Unggul Pengalaman

Harapannya, jelas Dwi, adalah membangun pola pendidikan siswa yang tidak hanya cerdas secara ilmu, tapi cerdas dalam menyampaikan isi kepalanya. Sedangkan OSEBI, menurut Dwi, yakni sebagai upaya untuk tetap menjaga budaya, seni, dan kultur di Indonesia.

“Dengan adanya ISPO dan OSEBI, para siswa yang tidak pandai di sains, mereka bisa pandai di sosial budaya. Jika event seperti ini sedikit, maka lebih banyak generasi muda Indonesia di usia sekolah yang sibuk dengan media sosial. Karena mereka tidak memiliki wadah untuk mengaktualisasikan diri. ” terangnya.

Sementara itu, Imam Husnan Nugroho, Principal of Senior High School Kharisma Bangsa, menegaskan pihaknya siap menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaaran FSB 2019.

“Eduversal pasti akan mempersiapkan semua hal untuk event ini dengan baik. Dan, Sekolah Kharisma Bangsa yang akan menjadi ‘host’ sangat siap untuk menyelenggarakan FSB 2019. Dengan event ini, kami juga ingin Sekolah Kharisma Bangsa bisa lebih dikenal lagi kedepannya,” tukas Imam. (Adt)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of