Indonesia Terpilih Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket

0
469
Indonesia-Terpilih-Menjadi-Tuan-Rumah-Piala-Dunia-Basket-1
Pemilihan Tuan Rumah Piala Dunia Basket Di Jenewa, Swiss (9/12). Foto: Republika.co.id

Suatu kebanggaan bagi Indonesia yang terpilih menjadi tuan rumah pertama kali untuk ajang terbesar bola basket dunia. Federasi Bola Basket International (FIBA) melakukan pemilihan tuan rumah untuk ajang piala dunia FIBA tahun 2023 di Jenewa, Swiss pada 9 Desember lalu. Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Piala dunia FIBA 2023 juga pertama kali akan diadakan di tiga negara. Ajang ini akan diselenggarakan di Jakarta, Manila dan Okinawa dimana ketiga kota itu dianggap paling dekat dengan media, akomodasi, medis dan berbagai pelayanan penting lainnya. Di tahun 2023, FIBA lebih mengedepankan kesederhanaan dalam desain turnamen untuk memastikan fokus atlet dan olahraganya.

Turki, Rusia, Argentina dan Uruguay yang mencalonkan diri harus kalah dengan negara-negara Asia. Menurut Sekretaris Jendral FIBA, Patrick Bauman alasan FIBA memilih Indonesia, Filipina dan Jepang adalah ketiga negara ini memiliki semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri.

Related :  Merah Putih Berkibar Atas Kemenangan Tim Bola Basket Putri U-18 di Malaysia

Selain itu, jumlah penduduk yang lebih dari 500 juta jiwa dengan mayoritas masyarakat usia muda, menjadi daya tarik tersendiri. FIBA berharap dengan diadakan di 3 negara ini, basket bisa menjadi olahraga yang populer dan menarik banyak orang.

Sebelumnya memang Indonesia sudah melakukan langkah besar dengan mencalonkan diri sebagai tuan rumah FIBA. FIBA sangat antusias dengan keberanian yang dilakukan Indonesia untuk menjadu tuan rumah ajang bola basket bergengsi di dunia.

Bendahara FIBA, Ingo Weiss berpendapat bahwa tidak ada salahnya Indonesia sebagai negara Asia berani mencalonkan sebagai tuan rumah. Perhatian dunia pun akan tertuju ke Asia, bahkan ajang FIBA ini bisa memberikan dampak positif seperti dibidang ekonomi, wisatawan dan peninggalan sarana olahraga yang dapat digunakan generasi selanjutnya.

Related :  Begini Komentar David Milne Pelatih Nasional Golf Indonesia Di Ajang Turnamen golf South East Asian Amateur Golf Team Championship 2017

Indonesia yang menggandeng Filipina dan Jepang memang sudah berkoordinasi untuk menyamakan persepsi dengan kedua negara tersebut. FIBA sempat datang melihat Istora Senayan dan Hall A Basket Stadion Gelora Bung Karno untuk memantau kesiapan dari tempat tersebut.

Sebelumnya, di tahun 1978 Filipina dan di tahun 2006 Jepang pernah menjadi tuan rumah piala dunia Basket dan menjadi 2 negara di Asia yang terpilih. Maka dari itu, bersama Filipina dan Jepang, Indonesia dengan berani mengajukan diri dan menjadi negara ketiga di Asia yang berhasil menjadi tuan rumah.

Dengan diadakan piala dunia FIBA nanti, akan menjadi peluang besar untuk menjadi tuan rumah pertandingan olahraga dunia lainnya. Selamat untuk Indonesia dan sukses hingga pertandingan digelar.(put)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of