Inilah Cara Membuat Burger Lezat namun Sehat dan bergizi

0
557
Cara membuat burger lezat namun sehat dan bergizi (pixabay)

Siapa bilang Anda tidak bisa membuat burger yang enak seperti gerai fast food yang menyediakan burger lezat? Anda juga bisa, kok! Burger bukan hanya makanan cepat saji yang bisa Anda beli saat buru-buru, tapi Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan cara yang mudah. Bahkan menurut Penny Kris-Etherton, Ph.D., RD, seorang ahli gizi sekaligus peneliti dari Penn State University, burger bisa jadi makanan yang sehat. Lantas, bagaimana cara membuat burger yang sehat nan lezat? Baca terus ulasan berikut!

Panduan membuat burger yang lebih sehat dan lezat

Sehat atau tidaknya burger yang Anda buat terletak pada pemilihan bahan dan cara memasaknya. Bila Anda mampu memilih bahan dan memasak dengan tepat, maka rasa dan kandungan gizinya sudah pasti dijamin lebih sehat.

1. Pilih daging rendah lemak

Sumber: Food Republic

Yang terpenting dari membuat burger sehat terletak pada pemilihan dagingnya. Pilih daging sapi atau unggas tanpa lemak. Lebih baik lagi kalau Anda pakai daging ikan yang tinggi akan asam lemak esensial omega-3 seperti tuna dan salmon.

Bahkan sekalipun Anda tidak makan daging, Anda juga tetap bisa menikmati burger vegetarian versi Anda atau menggantinya dengan jamur atau tempe.

2. Pilih cara memasak terbaik

Sumber: The Padilla Group

Proses pembakaran atau pemanggangan adalah metode terbaik untuk membuat daging  burger lebih empuk dan juicy. Menurut Richard Chamberlain, seorang koki sekaligus penulis The Healthy Beef Cookbook, daging sapi lebih baik dimasak dengan api sedang hingga cukup kecokelatan. Namun, hindari tekstur daging terlalu gosong agar tidak menimbun karsinogen yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Berikut adalah beberapa tips memasak daging burger yang lebih sehat dan lezat:

  • Bumbui daging burger dengan garam, lada, atau bumbu lainnya sebelum dipanggang.
  • Panaskan panggangan atau wajan sebelum memasak daging.
  • Biarkan daging dimasak dengan baik dan matang pada satu sisi sebelum dibalik ke sisi selanjutnya. Cukup balik daging sekali saja.
  • Agar daging burger tetap empuk dan juicy, hindari menekan-nekan daging saat memasak.

3. Pilih isian burger yang lebih sehat

Sumber: Food-Blogger

Untuk memperkaya nutrisi burger yang Anda buat, isi burger dengan banyak sayuran. Pilihlah sayuran yang rendah kalori seperti bawang, tomat, paprika, selada, timun, atau jamur untuk membuat burger rendah kalori.

Untuk membuat burger yang sehat, perhatikan juga topping yang Anda pilih. Contohnya saus tomat atau mayonaise rendah lemak. Anda boleh menambahkan keju yang rendah atau bebas lemak agar burger yang Anda buat semakin sehat, misalnya keju parmesan ketimbang keju cheddar.

Pasalnya, menurut Susan Mitchell, RD, PhD, seorang penulis Fat is Not Your Fate, keju cheddar menawarkan kalori yang lebih tinggi, yaitu 113 kalori.

 

Sumber: HalloSehat

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of