Inilah Enam Klub Sepakbola Tertua Yang Ada Di Indonesia

0
3083

Sepakbola merupakan salah satu olahraga favorit di Indonesia. Permainannya yang terbilang cukup mudah dipelajari, membuat sepakbola banyak diidamkan. Sejumlah klub sepakbola di Indonesia saat ini sudah banyak yang mencetak prestasi yang membanggakan. Tak hanya itu, berbagai keahlian pemain juga patut diacungi jempol.

Namun, apakah kamu tahu bahwa beberapa klub sudah berdiri sejak sebelum masa kemerdekaan Indonesia? Apa saja klub-klub tersebut? Berikut tim Nysnmedia.com merangkum 6 klub sepakbola tertua di Indonesia.

2PPSM Magelang

Enam-Klub-Sepakbola-TertuaDi-Indonesia-3
PPSM Magelang. Foto: Idezia.com

Perserikatan Paguyuban Sepak Bola Magelang berdiri pada 15 Maret 1919. Pada awalnya, tim yang berbasis di Magelang, Jawa Tengah ini memiliki nama Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM). IVBM adalah salah satu tim yang ikut mendirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada tanggal 19 April 1930. Prestasi terbaik yang pernah diraih PPSM Magelang adalah pada era sebelum kemerdekaan yaitu menjadi juara ke-3 pada tahun 1935. Dalam perjalanannya di Liga, PPSM Magelang juga mempunyai kelompok supporter yang sangat fanatik. Mereka adalah Simolodro Magelang dan Squarda Macan Tidar. Keduanya selalu setia mengawal PPSM Magelang baik di laga Kandang maupun Tandang.

Related :  Kampiun Turnamen Jenesys, Skuat Timnas U-16 Diganjar Beasiswa

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of