Inilah Tips Diet Yang Tepat, Sesuai Dengan Golongan Darahmu

0
156
Tips-Diet-Sesuai-Dengan-Golongan-Darah-1
Ilustrasi: Diet. Foto: Johnfawkes.com

Tren diet saat ini memang sedang populer. Berbagai jenis tips diet pun banyak dilakukan orang-orang yang ingin tetap menjaga bentuk tubuhnya. Salah satu diet yang digunakan adalah diet sesuai golongan darah. Meski banyak yang berpendapat bahwa tipe diet dengan makan makanan sesuai dengan golongan darah ini tidak bekerja namun bagi sebagian orang tips diet yang tepat ini mampu menjaga kondisi tubuh karena setiap golongan darah memiliki reaksi yang berbeda terhadap makanan.

Dr Peter D’Adamo, naturopatis dari Stamford, Connecticut, Amerika Serikat yang merupakan pencetus diet golongan darah mengatakan bahwa peneltian tentang diet golongan darah sangat baik untuk kesehatan terutama dalam menurunkan berat badan.

Ia melakukan penelitian kepada 6.617 responden dalam kurun waktu satu bulan lebih. Hasil yang ditemukan adalah 78% mengaku merasa tubuh yang lebih sehat dan 3 dari 4 responden berhasil menurunkan berat badan  lebih dari 5 kg.

D’Adamo juga mengatakan bahwa setiap orang akan memiliki reaksi yang berbeda terhadap zat lektin yang merupakan zat pada tumbuhan dan makanan hewani. D’Adamo menambahkan bahwa makan makanan yang tidak sesuai dengan jenis darah akan menimbulkan masalah pada peradangan, berat badan dan penyakit lainnya.

Related :  Mana Yang Benar, Olahraga Atau Sarapan Dahulu?

Penelitian lain dilakukan oleh para peneliti dari Universitas McMaster, Ontario untuk membuktikan seberapa efektif diet ini dengan melakukan test pada kurang lebih 7.286 orang. Dari hasil diet tersebut ditemukan bahwa responden mengalami penurunan berat badan kurang lebih 7,3 kg dalam waktu 1 tahun.

Tips-Diet-Sesuai-Dengan-Golongan-Darah-2
Ilustrasi: Diet Sesuai Golongan Darah. Foto: Bilgeanne.com

Namun apa saja kategori makanan yang perlu dikonsumsi dan yang perlu dihindari serta tips diet yang dilakukan oleh golongan dari A,B, AB dan O?

Golongan Darah A

Golongan darah A disarankan untuk melakukan diet tinggi karbohidrat dan rendah lemak. Makanan yang baik dikonsumsi adalah sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, jamur dan juga ikan mas, kacang/susu kedelai, tahu, dan tempe. Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang memiliki lemak tinggi seperti mentega, susu sapi, keju, es krim, susu murni, kentang, jeruk, kelapa/santan, madu, pisang dan air soda.

Golongan Darah B

Untuk golongan darah B, dianjurkan untuk melakukan diet dengan mengkonsumsi produk susu. tetapi ada juga akanan yang baik dikonsumsi yaitu ikan laut, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, terong dan teh hijau. Makanan yang perlu dihindari adalah telur (bebek, angsa, puyuh), kacang tanah, roti gandum, tomat, jagung,  belimbing dan pir.

Related :  Lakukan ini, Lari Estafet mu Akan Menuai Kemenangan

Golongan Darah AB

Golongan darah AB lebih mudah untuk melakukan diet ini karena untuk orang-orang yang memiliki golongan darah AB dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Jadi diet yang dilakukan sesuai keinginan masing-masing. Namun untuk makanan yang baik untuk dikonsumsi bisa dengan ikan sardine, tunaputih telur dan teh hijau.Tetapi golongan darah AB perlu menghindari telor bebek, jagung, belimbing, pisang,kelapa, jambu biji, mangga, saus tomat dan kopi.

Golongan Darah O

Untuk golongan darah O, disarankan untuk melakukan diet tinggi protein dan rendah lemak. Makanan yang baik dikonsumsi adalah brokoli, ubi, selada, blueberry, jambu biji, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, jahe, kunyit dan daging sapi. Golongan darah O bisa menghindari makanan seperti ikan tuna, telur puyuh, es krim, keju, susu sapi, yoghurt, minyak jagung, kentang, kecap dan kopi.

Meskipun banyak jenis diet yang banyak dilakukan orang saat ini untuk menjaga berat badan, tetapi pada intinya tetap pada konsisten diri individu masing-masing. Hal yang menentukan hasil dari diet kita adalah komitmen dan pola makan yang dijalan serta seberapa rutin diet yang dijalankan.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of