Januari 2019 Duel Kontra China, PSSI Pastikan Pelatih Timnas U-22 Pada 20 Desember

0
430
Osvaldo Haay (25) masuk seleksi Timnas U-22. Ia masyhur sebagai winger berkecepatan tinggi. Namun pemuda 20 tahun asal Jayapura ini pernah menghuni pos striker murni bersama timnya, Persebaya Surabaya, di Liga 1 2018. Ia pun pemain multifungsi. Empat pos sanggup dimainkannya, yakni bek kiri, gelandang, sayap, dan penyerang. (medcom.id)
Osvaldo Haay (25) masuk seleksi Timnas U-22. Ia masyhur sebagai winger berkecepatan tinggi. Namun pemuda 20 tahun asal Jayapura ini pernah menghuni pos striker murni bersama timnya, Persebaya Surabaya, di Liga 1 2018. Ia pun pemain multifungsi. Empat pos sanggup dimainkannya, yakni bek kiri, gelandang, sayap, dan penyerang. (medcom.id)

Jakarta- PSSI berjanji akan menetapkan pelatih untuk menangani Timnas U-22, pada 20 Desember. Hal itu diungkapkan langung oleh Sekretaris Jendral, Ratu Tisha. Jabatan pelatih Timnas U-22 memang menjadi salah satu posisi yang harus segera diisi.

Tim ini nantinya akan mengikuti tiga turnamen penting sepanjang 2019, yakni Piala AFF U-22, Kualifikasi Piala Asia U-23 2019, dan SEA Games 2019. Selain itu, PSSI juga akan segera menunjuk arsitek tim, yang akan mengawal Timnas Senior dan Timnas Putri.

“Penetapan pelatih (Timnas U-22) saat 20 Desember. Penetapan pelatih ini mekanismenya harus melalui rapat exco. Sudah ada beberapa kandidat untuk segera diangkat sebagai pelatih,” ujar Ratu Tisha, di Hotel Sultan, pada Jumat (7/12).

Namun posisi juru racik untuk skuat senior dan timnas Putri, federasi sepak bola Indonesia itu baru akan menetapkannya paling lambat, saat kongres tahunan, Januari mendatang. “Yang mepet agendanya adalah timnas putri, untuk persiapan Pra Olimpiade putaran kedua. Sebab, pada 1 april mereka harus tampil,” tambahnya.

Related :  Catatan Kelam Timnas U-19 Kontra Qatar vs Impian Lolos Piala Dunia U-20 di Polandia

Timnas putri Indonesia dipastikan lolos ke putaran kedua Kualifikasi Olimpiade 2020. Itu setelah, mereka lolos dengan status runner-up grup D, di putaran pertama. Pada putaran kedua nanti, akan diikuti 12 tim, yang akan terbagi dalam tiga grup. Babak tersebut akan digelar pada 1-9 April 2019.

“Untuk pelatih timnas senior dan wanita, mungkin penjajakannya memerlukan waktu lebih lama. Saya belum tahu bisa diputuskan tanggal 20 atau tidak, tapi kita memiliki deadline sebelum kongres, bahwa tiga timnas itu sudah ada pelatih, dan pada Januari serentak melakukan persiapan,” tegasnya.

Pernyataan Tisha tersebut mengisyaratkan kuat, jika PSSI akan segera memisah jabatan pelatih Timnas senior dan Timnas U-22. Sebelumnya, dua jabatan itu diemban oleh Luis Milla, selama hampir dua tahun terakhir.

Related :  Dua Bocah 15 Tahun Asal Indonesia, Diam-diam Berhasil Tembus Skuat CD Leganes U-16

“Jadwalnya, kami akan segera siapkan proses pemusatan latihan pada awal Januari 2019, dan kami sedang menyiapkan agenda uji coba menghadapi China U-22 pada 27 Januari 2019, terlepas siapa pun nanti pelatihnya,” lanjut Tisha.

Timnas U-22 menjadi tim yang paling pertama menjalani rangkaian kompetisi internasional, pada 2019. Tim Garuda Muda tampil di event Piala AFF U-22 2019, di Kamboja pada Februari hingga Maret 2019. Di ajang itu mereka tergabung di grup B, menghadapi Myanmar, Singapura, Malaysia, dan tuan rumah, Kamboja.

Usai dari Kamboja, dilanjutkan dengan fase kualifikasi Piala AFC U-23 2020, di Vietnam, pada akhir Maret 2019. Dalam Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Tim merah putih muda akan menghadapi Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam. (art)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of