Jenis Olahraga Ini Terbukti Dapat Mengurangi Tingkat Stress Kamu

0
387

Kamu pasti pernah atau bahkan sedang merasakan stress. Tentu, itu akan terjadi dalam hidup. Namun, kamu jangan berlarut-larut tenggelam dalam emosi dan stress belaka. Karena stress itu sendiri memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan, bahkan berhubungan langsung dengan fungsi tubuh.

Ilustrasi: Pikiran, Emosi, Stress

Jika kamu mengalami stress berlebih, bisa saja kamu akan mudah sakit dan sistem kekebalanmu menurun. Tak hanya itu, tekanan darah kamu pun akan tinggi. Kamu tentu tidak ingin kan stress jadi merusak kesehatan tubuhmu, maka dari itu coba deh untuk melakukan aktivitas positif baik itu di dalam atau di luar rumah. Salah satunya coba dengan aktivitas olahraga.

Apakah Olahraga Dapat Menghilangkan Stress?

bentuk ‘stress’ fisik pada tubuh itulah olahraga. Apa maksudnya? Jadi, dengan kamu membiasakan diri melakukan olahraga sama saja membiasakan tubuh untuk beradaptasi menghadapi ‘stress’ fisik dengan baik. Sehingga, jika kamu rutin dalam berolahraga, kemudian mengalami stress, tubuh akan beradaptasi pada tekanan tersebut atau bisa merespon stress lebih tenang.

Related :  10 Fakta Menginspirasi Dari Muhammad Ali Yang Belum Diketahui

Misal saat kamu lari, detak jantung pasti menjadi lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah meningkat, maka dengan sendirinya juga olahraga dapat menurunkan dan membuat menjadi normal kembali. Intinya, dengan melakukan olahraga secara rutin, tekanan akibat stress akan lebih dapat diatasi.

Olahraga Apa Saja Yang Dapat Mengatasi Stress?

Berbagai olahraga sebenarnya mampu menurunkan stress, dan bisa membuat tubuh rileks. Bisa olahraga yang kamu sukai atau juga Olahraga yang menurutmu mudah dan sederhana dilakukan, misalnya lari, bersepeda, berenang, yoga, dan lain-lain. Jika antara keempat itu kamu masih belum cocok, ini dia 3 referensi olahraga penghilang stress lainnya buat kamu:

Ilustrasi: Jalan Kaki Sehat

Jalan Kaki

Kamu bisa memilih jalan kaki rutin, setiap pagi atau sore hari yang dapat menjernihkan pikiran dan membuat pikiran rileks, sehingga mood lebih baik. Daripada jalan kaki terasa jauh dan bosan, kamu bisa sambil dengar musik dari handphonemu, biarkan pikiran kamu tenang dan hirup-buang napas dalam-dalam.

Related :  Cara ini Ampuh Mengecilkan Perut setelah Lebaran

Olahraga Outdoor

Nah, referensi satu ini, cocok buat kamu yang suka aktivitas memacu adrenalin. Kamu bisa  berteriak-teriak meluapkan amarah, kesal, dan semua pikiran yang mengganggu hidup kamu di olahraga ini. Contoh, cobalah olahraga outdoor bungee jumping, parasailing, jumping rope, panjat tebing.

Lompat Tali

Lompat tali memang menyimpan sejuta manfaat. Selain sehat, olahraga ini juga sebagai olahraga yang menyenangkan. Gerakan intens secara berulang akan melepaskan hormon endorphin, yang memberikan kamu perasaan senang.

Terpenting dari semua adalah melakukan olahraga apapun yang kamu pilih secara rutin. Tubuh butuh terbiasa dengan hal tersebut. Pilih olahraga yang kamu sukai, dengan begitu hati dan jiwa raga kamu tentu akan happy. Ingat, dengan olahraga yang teratur, tubuh akan terbiasa atau lebih beradaptasi terhadap suatu tekanan (stress).

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of