Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga?

0
685
Kapan-Waktu-Yang-Tepat -Untuk-Berolahraga-1
Waktu Untuk Berolahraga. Foto: Fitnessdavi.blogspot.com

Menentukan waktu yang baik untuk berolahraga merupakan hal yang cukup rumit terlebih lagi jika kamu memiliki aktifitas yang padat. Namun, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berolahraga. Nah, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Yuk kita bahas

Pagi Hari

Kapan-Waktu-Yang-Tepat-Untuk-Berolahraga-2.jpg
Olahraga Pagi Hari. Foto: Today.com

Banyak yang berasumsi bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Profesor Ilmu Olahraga Terapa dari Universitas Of New England, Lara Carlson mengungkapkan bahwa olahraga di pagi hari bisa merevitalisasi metabolisme tubuh sehingga kalori bisa terbakar lebih banyak cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain mendapatkan pancaran sinar matahari yang bagus untuk tubuh, olahraga di pagi hari terutama jika dilakukan pada pukul 07.00 bisa membantu penurunan tekanan darah dan membuat kualitas tidur lebih baik.

Namun, olahraga di pagi hari kamu harus melakukan pemanasan dengan baik. Tubuh akan mudah cedera karena kita sudah tidur selama 6-8 jam pada malam hari. Menurut Dr. Michael Smolensky peneliti dari University Of Austin, sendi dan otot tubuh manusia lebih lentur 20% dibandingkan di pagi hari yang cenderung kaku.

Related :  Kisah Inspirasi Dibalik Soeratin Cup dan Kontribusinya ke Tim Nasional Indonesia

Sore Hari

Kapan-Waktu-Yang-Tepat -Untuk-Berolahraga-3
Olahraga Sore Hari. Foto: Guiadelocio.com

Pada pukul 4 sampai 5 sore merupakan waktu yang baik untuk berolahraga. Tubuh lebih bisa dikontrol dan suhu tubuh manusia pada tingkat tertinggi. Kita bisa mendapatkan olahraga yang maksimal dengan otot dan sendi yang fleksibel. Studi dalam jurnal Chronobiology International yang membahas olahraga di sore hari menyatakan bahwa enzim dan fungsi otot mengalami peningkatan di sore hari dan merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan massa otot. Namun, olahraga di sore harus jauh dari jam makan siang, karena jika olahraga dilakukan sesaat setelah makan siang tubuh akan menjadi lambat.

Malam Hari

Setelah banyak beraktifitas di pagi dan siang hari, mungkin waktu olahraga bisa kamu sempatkan dimalam hari sekitar pukul 7-8 malam. Selain tidak menganggu aktifitas dan melepaskan stress, olahraga dimalam hari bisa membantu kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Shawn Youngstedt peneliti dari Universitas Carolina Columbia menyatakan bahwa melakukan olahraga satu setengah jam sebelum tidur malam bisa meningkatkan suhu tubuh.

Related :  Kejayaan Stadion Lebak Bulus Yang Kini Tinggal Kenangan

Penelitian tentang olahraga di malam hari juga dikemukakan oleh American Academy Of Sleep Medicine yang menyarankan untuk tidak beraktifitas fisik dalam rentang waktu 6 jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh tidak memproduksi hormon endorfin dan stimulan lain yang bisa menggangu pola tidur.

Setiap waktu bisa dikatakan tepat untuk berolahraga jika dilakukan secara rutin dan konsisten tergantung dari keinginan setiap individu. Jangan lupa harus tetap diimbangi dengan asupan yang sehat.(put)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of