Kelar Idul Fitri, Latihan 13 Cabang Asian Games Geser ke Palembang

0
643
Venue cabor menembak, di kawasan Jakabaring Sport City Complex, Palembang, Sumatera Selatan. (kompas.com)
Venue cabor menembak, di kawasan Jakabaring Sport City Complex, Palembang, Sumatera Selatan. (kompas.com)

Palembang- Pemusatan latihan atlet dari 13 cabang olahraga untuk Asian Games 2018, bakal dipindahkan ke Jakabaring Sport City, Palembang, mulai tiga hari setelah libur idul Fitri nanti.

Selama ini latihan berlangsung secara terpisah, seperti di DKI Jakarta maupun di luar negeri. Muddai Madang, ketua panitia Asian Games 2018 daerah, menjelaskan saat ini pihaknya dan panitia pusat sedang menyiapkan segala keperluan para atlet dan ofisial.

“Nantinya, para venue manajer juga harus ada di sini,” kata Muddai, Kamis (31/5). Sumatera Selatan didaulat untuk menyelenggarakan 13 cabang olahraga (cabor), baik klasifikasi Olimpiade, maupun non-Olimpiade.

Cabang olahraga tersebut meliputi bola voli pantai, menembak, kano/kayak, sepak bola perempuan, tenis, skateboard, sepatu roda, rowing, panjat tebing, sepak takraw, softtenis, boling, dan triatlon.

Related :  BPK Akui Tata Kelola Keuangan INASGOC Sudah Lebih Baik

Seluruh atlet akan menggunakan arena yang telah berdiri di Jakabaring Sport City. Mereka juga akan menginap di wisma atlet yang berada tak jauh dari gelanggang. “Juga akan berlangsung uji coba disini,” ujar Muddai.

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menerangkan pemindahan latihan ke Jakabaring Sport City, sejatinya guna memaksimalkan persiapan atlet menjelang pembukaan Asian Games nanti.

Ia meyakini latihan di Palembang juga untuk menyatukan dan mendekatkan atlet dengan arena serta peralatan pertandingan. Dengan cara itu, dia meyakini target tembus 10 besar dapat terwujud. “Kita geser ke sini (Palembang), mulai H+3 lebaran,” ungkapnya.

Secara terpisah, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengaku, koordinasi antara panitia penyelenggara daerah dan pusat masih minim. Padahal, dirinya sudah meminta agar adanya perwakilan Inasgoc pusat, manajer kompetisi, serta perwakilan dari 13 panitia cabang olahraga dan setiap divisi yang berada di Palembang.

Related :  Asian Games 2018 - Closing

Ia pun mendesak agar koordinasi lintas divisi dan cabang olahraga, segera ditingkatkan. “Perwakilan dari 13 panitia cabor dan setiap divisi, sebaiknya berada (stay) di Palembang,” katanya. (art)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of