Lakukan 5 Teknik Mudah Ini, Agar Bisa Mempraktekkan Renang Gaya Kupu-Kupu Dengan Benar

0
3190
Ilustrasi: Perenang Gaya Kupu-kupu

Renang gaya paling indah, ya renang gaya kupu-kupu. Mengapa paling indah? Karena gaya kupu-kupu bisa membuat bagian tubuh Anda bergerak seperti gelombang, dan gerakan kaki Anda bisa mirip seperti gerakan lumba-lumba. Pasti bagi sebagian orang yang sudah mengetahui bagaimana teknik renang tau gaya kupu-kupu itu unik dan tidak banyak orang yang mahir.

Namun, apakah tau juga kalau teknik renang kupu-kupu Anda sudah benar? Nah, berikut teknik gaya kupu-kupu yang benar untuk Anda..

  • 1. Teknik Posisi Tubuh (Body Position)

    Tubuh

    Teknik juga meliputi posisi tubuh yang benar, loh! Karena posisi badan itu penting, demi kesempurnaan gerakan yang Anda lakukan. Apabila posisi tubuh belum seperti di bawah ini, berarti teknik Anda renang kupu-kupu belum benar atau sempurna.

    Bagian Kaki

    Cara yang benar,  Kaki dimulai dengan posisi lurus yakni dimulai dari pangkal kaki sampai dengan ujung kaki. Lakukan gerakan tendangan kaki dengan benar, dengan menekuk kedua kaki lebih dulu sampai di bagian persendian lutut, lalu luruskan kembali secara lebih kuat. Saat melakukan hentakan, kaki tidak boleh dibuat memukul terlalu dalam ke air.

    Bagian Kepala

  • Posisi harus tepat. kepala harus bisa sedikit dinaikkan sampai mulut sampai berada di atas permukaan air. Sehingga nanti mampu mengambil napas dengan mudah. Saat Anda sudah mengambil napas, kepala harus dimasukkan kembali ke dalam air. Dan tetap menjaga posisi tubuh Anda yang benar, ya.

    2. Teknik Gerakan Lengan

  • Menangkap (Catch) Saat tubuh dan lengan Anda sudah masuk ke dalam air, Lengan digerakkan ke luar lalu dilanjutkan gerak seperti menangkap. Kemudian, lakukan gerakan seperti cambukan ke bawah dalam waktu yang sama.
  • Meraih (Down Sweep)Gerakan pergelangan tangan berikut juga siku yang sedikit ditekuk ke arah bawah dan dikeluarkan dari air lalu lanjut meraih air.
  • Menarik (In-sweep)  Pastikan untuk menarik tangan ke dalam dan juga ke belakang di bawah kepala yang berada dekat tubuh.
  • Mendorong (Up-sweep) mendorong bagian lengan ke arah belakang dan kemudian dilanjutkan dengan mengeluarkannya lagi dari air.
  • Pemulihan (Recovery) Mengangkat siku hingga ke atas permukaan air. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan memutar sendi bahu di mana tujuannya adalah sebagai pemindah lengan ke arah depan.
Related :  Duel Ketat, Reyvan Kampiun Renang O2SN SMK Provinsi DKI Jakarta

  3. Teknik Pernapasan

  • Teknik pernapasan renang gaya kupu-kupu bisa dilakukan Anda dengan mudah dan nyaman, yaitu Ketika mengambil napas angkat kepala sedikit sampai ke atas permukaan air. Setelah selesai turunkan lagi kepala ke bawah permukaan air dengan cepat.

    4. Teknik Gerakan Koordinasi

  • Pada gerakan renang gaya kupu-kupu diperlukan juga teknik koordinasi yang seimbang dan tepat Gerakan kaki, lengan dan pernapasan yang dilakukan secara bersamaan itulah yang disebut teknik koordinasi gerakan.Gerakan kaki dan lengan perlu dilakukan secara sesuai bersama, terutama sewaktu tubuh bergerak naik turun pada permukaan air. Lakukan 2 kali putaran kaki baik hentakan keras atau lemah pada 1 kali putaran lengan. Ketika kaki mendorong, lakukan hentakan lemah, sedangkan ketika membuat tendangan kaki, hentakan keras.

    5. Teknik Membalik

    Untuk gerakan membalik, aturan yang benar mirip dengan renang gaya dada. Posisi awal tangan menyentuh dinding kolam renang. Saat sudah menyentuh dinding bersama-sama, barulah tubuh digerakkan membalik. Untuk bagian kedua kaki ditekuk, lalu bokong bisa Anda putar ke samping dan tangan pun bisa dibiarkan mengikuti air, kemudian diluruskan sambil sekuat mungkin melakukan gerakan arah tolak belakang pada dinding. Dari gerakan tersebut, tubuh kemudian bisa meluncur kembali ke depan dengan sikap tubuh yang lurus mengimbangi air.

  • Yuk praktekkan kelima teknik renang gaya kupu-kupu diatas untuk hasil yang lebih baik dan sempurna, semoga berhasil!
Related :  Hari Pertama FAI 2018 Dimulai, Atlet Tuan Rumah Pecahkan Rekornas Gaya Bebas Putri

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of