Lakukan Olahraga ini Pada Malam Hari Agar Tubuh Lebih Bugar

0
446
Ilustrasi: Melakukan olahraha pada malam hari

Melakukan olahraga biasanya sering di lakukan pada pagi ataupun sore hari. Namun tahukah Sobat Muda NYSN, ternyata berolahraga juga dapat di lakukan pada malam hari loh!

Olahraga dengan gerakan-gerakan ringan cukup efektif dilakukan pada malam hari, seperti senam. Senam seperti yoga dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat dilakukan.

Karena gerakannya yang sangat mudah dan hanya memerlukan kelenturan tubuh, yoga juga memiliki manfaat bagi tubuh.
Berikut manfaat yoga di malam hari:

1. Membantu Pengeluaran Racun dari Tubuh

Aktivitas yang padat seharian dapat meningkatkan racun dalam tubuh. Racun tersebut biasanya berasal dari polusi atau unsur radikal bebas yang tanpa disadari masuk ke tubuh. Olahraga ringan seperti senam dapat membantu proses melawan racun.

Racun yang keluar dengan cara melakukan senam seusai beraktivitas, yang bisa dilakukan malam hari dapat membuat tubuh terasa bugar dan Aliran darah dapat menjadi lebih lancar.

2. Membantu Rileksasi

Sudah tak dapat di pungkiri lagi, melakukan senam yoga dapat membantu tubuh agar lebih rileks. Suasana malam hari yang tenang menjadi waktu yang tepat untuk melakukan senam ini.

Related :  Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Tidur Seharian Seperti Ini Selama Puasa

Gerakan yoga yang identik dengan gerakan rileksasi sehingga dapat menenangkan pikiran dan tubuh yang terasa penat setelah beraktivitas seharian.

Efek yang sangat terasa bagi tubuh setelah melakukan yoga adalah sistem pernafasan terasa lebih lancar. Tubuh yang rileks membantu pernafasan menjadi lebih lancar, tidurpun akan menjadi lebih terjaga.

3. Risiko Cedera Berkurang

Senam di malam hari memberikan banyak waktu luang. Setelah beraktivitas seharian selesai, sehingga saat olahraga tidak akan dilakukan secara terburu-buru. Resiko otot mengalami cedera pun akan semakin kecil.

Jika melakukan senam sebelum melakukan aktivitas lain, maka pemanasan dan pendinginkan kerap dilupakan. Hal tersebut akan menyebabkan cedera.

Waktu pemanasan dan pendinginan memang merupakan hal penting dalam olahraga khususnya senam.

Senam di malam hari memang sangat baik untuk tubuh, akan tetapi ada beberapa hal yang tak boleh di lupakan saat melakukan aktivitas ini.

Related :  Apa Alasan Sebenarnya "Olahraga Golf itu Mahal"?

Seperti, Jangan terlalu berlebihan. Kenali tubuh dan beri ketahuilah tanda untuk berhenti. Senam dalam jangka yang wajar dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat. Namun apabila senam dilakukan secara berlebihan apalagi pada malam hari tidak baik untuk tubuh, karena tubuh akan terasa semakin sakit atau pegal-pegal.

Mengatur waktu yang tepat juga perlu di perhatikan. Menurut ahli kesehatan menganjurkan untuk melakukan olahraga, baik itu senam ataupun olahraga yang lainnya, maksimal 2 jam sebelum tidur. Senam yang dilakukan sebelum tidur akan membuat pembakaran terjadi di saat tidur.

Waktu Senam yang terlalu dekat dengan jam tidur dapat mengganggu siklus tubuh. Hal tersebut akan mempengaruhi sistem pembakaran tubuh.

Setelah melakukan senam di malam hari jangan lupa untuk minum air mineral. Asupan air dalam tubuh harus terjaga agar pendinginan pun menjadi semakin cepat. Tubuh juga akan terasa semakin nyaman setelah melakukan senam.

Sumber: Kompas lifestyle

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of