Liga 3 Asprov DKI Jakarta Bergulir, 21 Tim Bertarung Buru Tiket Nasional

0
849
Asprov PSSI DKI Jakarta memakai format kompetisi penuh dengan formasi empat grup dan memperebutkan tiket menuju final. Juara Liga 3 Asprov DKI Jakarta otomatis lolos mewakili provinsi di kompetisi Liga 3 Nasional. (Ham/NYSN)
Asprov PSSI DKI Jakarta memakai format kompetisi penuh dengan formasi empat grup dan memperebutkan tiket menuju final. Juara Liga 3 Asprov DKI Jakarta otomatis lolos mewakili provinsi di kompetisi Liga 3 Nasional. (Ham/NYSN)

Jakarta- Asosiasi Provinsi (Asprov) DKI Jakarta menggulirkan kompetisi Liga 3 Asprov DKI Jakarta pada Minggu (22/7). Sebanyak 21 tim tergabung dalam empat grup akan memperebutkan gelar yang terbaik di regional DKI Jakarta. Liga 3 ini bermaterikan pemain dengan skuad amatir yang rata-raa berusia 16-21 tahun.

Peringkat pertama dan kedua tiap grup akan melaju ke babak 8 besar. Tim-tim legendaris seperti Persitara Jakarta Utara, PSJS Jakarta Selatan, hingga Urakan FC akan bertarung, menjadi wakil DKI Jakarta, di event Liga 3 Nasional.

Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta, Uden Kusuma Wijaya berharap kompetisi bisa lancar dan terkendali. Ia ingin sepak bola Jakarta mampu memutar kompetisinya dengan baik. “Kami ingin kompetisi berjalan baik. Jika memang ada pelanggaran yang dilakukan klub, ada sanksi tegas hingga pencoretan anggota,” ujar Uden pekan lalu.

Sedangkan Ketua Komite Pemberdayaan Usia Muda Asprov PSSI DKI Jakarta, Rinci Gustiawan menjelaskan bila jumlah pertandingan seusai dengan regulasi PSSI. Selain itu, ia juga mengatakan format kompetisi 2018, akan berbeda dengan tahun kemarin.

Related :  Kisah Inspirasi Dibalik Soeratin Cup dan Kontribusinya ke Tim Nasional Indonesia

“Sesuai dengan instruksi dari PSSI, setiap tim bisa melakukan 12 kali pertandingan. Memang agak padat, tapi mau tidak mau kita akan lakukan,” ujar Rinci. “Kalau tahun lalu itu, event-nya terkesan dipaksakan. Tapi tahu ini bergulir dengan format tak jauh dari regulasi PSSI, yakni 12 tim bertanding sampai final,” tambahnya.

Liga 3 Regional pada 2018 ini Asprov DKI Jakarta menyiapkan format kompetisi penuh dengan formasi empat grup. Masing-masing grup nantinya diisi lima tim memperebutkan tiket menuju final. Juara dari Liga 3 Asprov DKI Jakarta, otomatis lolos mewakili provinsi di kompetisi Liga 3 Nasional.

Jika tahun lalu minimum klub bermain sebanyak tiga sampai empat kali, kali ini Asprov berupaya memberikan jumlah bermain 12 kali. Menariknya, Persitara Jakarta Utara dan Persija Muda tergabung satu grup di Grup D. Maklum, riwayat rivalitas kedua pendukung masih begitu kental di Jakarta.

Persija Muda yang merupakan klub satelit dari Persija Jakarta akan didukung oleh Jakmania, begitu pula dengan NJ Mania di kubu Persitara. Untuk venue pertandingan Liga 3 berlangsung di beberapa lapangan di kawasan seputaran Jakarta.

Related :  Sebab Cedera Dan Lainnya, Lima Pemain Seleksi Timnas Putri Ini Dipulangkan

Diataranya yakni Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua (Depok, Jawa Barat), Lapangan Brigif Jayasakti (Cijantung, Jakarta Timur), Lapangan Yon Zikon 14 (Srengseng, Jakarta Selatan), Lapangan Kodam Gagak Hitam (Bintaro, Jakarta Selatan) dan Stadion Cendrawasih (Cengkareng, Jakarta Barat).

Asprov DKI Jakarta pun tengah berupaya menggelar pertadingan di lapangan milik TNI dan Kepolisian RI. Termasuk juga Lapangan Banteng, Jakarta Pusat yang dikelola oleh Disorda DKI Jakarta. (Dre)

Liga 3 Asprov DKI Jakarta
Grup A
Laskar Muda
Villa 2000 B
PSJS Jakarta Selatan
Batavia FC
Betawi FC

Grup B
Bintang Kranggan
Urakan FC
Trisakti FC
Kompak FC
Pemuda Jaya PS

Grup C
Bintang Kota
Taruna Persada
Bina Mutiara
Jakarta Barat PS
Pro Direct

Grup D
ABC Wirayudha
Putra Citra Muda
Persija Muda
Persitara Jakarta Utara
MC Utama
Jakarta Timur FC

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of