Lima Manfaat Taekwondo Guna Tingkatkan Kesehatan Psikis

0
37
Ilustrasi: Olahraga Taekwondo

Taekwondo yang juga sering disingkat dengan TKD ialah sebuah seni beladiri yang sudah berumur ratusan tahun. Olahraga yang berasal dari negara Ginseng Korea. Saat ini taekwondo sudah sangat terkenal di dunia dan merupakan salah satu seni beladiri yang digolongkan berdasarkan kecepatan dan tinggi tendangan. Taekwondo saat ini sudah menjadi salah satu olahraga yang diminati oleh berbagai kalangan dari semua umur. Taekwondo merupakan olahraga yang memang ditujukan bagi semua umur dari mulai usia anak-anak hingga yang sudah dewasa bisa mempelajari olahraga yang satu ini.

Takwondo dari segi kesehatan bermanfaat untuk menjadikan tubuh lebih segar, lebih sehat dan masih banyak manfaat lainnya. Selain manfaatnya untuk kesehatan, taekwondo juga memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan kita secara menyeluruh.

Seperti manfaat taekwondo bagi kesehatan Psikis manusia hal tersebut sudah terbukti dengan adanya berbagai hasil penelitian yang menyatakan demikian. Lalu, apa saja kira – kira manfaat taekwondo bagi kesehatan mental kita yang berlatih olahraga ini?

  1. Meningkatkan Rasa Lebih Menghargai Diri Sendiri
Related :  Kejayaan Stadion Lebak Bulus Yang Kini Tinggal Kenangan

Manfaat kesehatan mental utama yang bisa didapat saat berlatih taekwondo ialah merasa lebih menghargai diri sendiri dan dapat menerima diri sebagai mana yang telah di ciptakan Tuhan.

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Berlatih taekwondo juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa minder. Ini karena berlatih taekwondo mebangun pemikiran diri untuk dapat berhasil dalam berlatih dan mengambil kendali terhadap hidup dengan terus berlatih tanpa merasa cepat puas dengan apa yang telah di dapat.

  1. Membangun Kedisiplinan

Berlatih taekwondo tidak melulu berlatih fisik untuk pertahanan diri semata. berlatih olahraga ini juga dapat melatih tubuh dan pikiran. Seperti yang terdapat dalam prinsip-prinsip dan berbagai teknik yang diajarkan di dalam taekwondo. Sehingga rasa disiplinan pun akan tumbuh dalam diri seiring dengan intensitas berlatih.

  1. Mengajarkan Cara Untuk Pertahanan Diri
Related :  Taekwondo: Berbekal Rasa Penasaran Pada Kemampuan Sendiri, Remaja Ini Menjadi Juara Internasional

Taekwondo melatih anda untuk mengenali berbagai situasi saat-saat dimana diri sangat membutuhkan pertahanan diri. Taekwondo juga mengajarkan bagaimana cara bersikap dan mengambil tindakan saat sedang berada di situasi berbahaya. Situasi itu dapat berbalik menjadi keuntungan anda dengan cara mengambil alih keadaan.

  1. Menguatkan Tubuh dan Pikiran

Taekwondo merupakan olahraga yang tidak hanya mementingkan kerja tubuh, tetapi juga berdampak positif bagi perkembangan mental. selain itu, olahraga ini bisa membantu meningkatkan kinerja otot tubuh serta pikiran. Dalam olahraga taekwondo sangat membutuhkan koordinasi antara fisik dan mental.

Itulah lima manfaat olahraga Taekwondo bagi kesehatan psikis anda, apakah anda tertarik untuk mulai melakukan olahraga ini? bergabunglah di berbagai komunitas taekwondo yang ada di sekitar anda dan dapatkan lima manfaat psikis diatas.

Sumber: Manfaat.co.id

Apa komentarmu?

Ayo komen untuk pertama kali!

avatar
  Subscribe  
Notify of