Makanan Sebelum dan Sesudah Bersepeda, Penting Biar Gak Kehabisan Tenaga

0
53
Makanan Sebelum dan Sesudah Bersepeda. Penting Biar Gak Kehabisan Tenaga. Sumber: pexels
Makanan Sebelum dan Sesudah Bersepeda. Penting Biar Gak Kehabisan Tenaga. Sumber: pexels

Sobat muda NYSN pasti pernah merasakan lapar pada saat selesai bersepeda. Jelas saja karena bersepeda selama satu jam bisa membakar 588 kalori buat sobat muda NYSN yang mengayuh rata-rata 21 km/jam. Meskipun begitu ada baiknya sebelum dan sesudah bersepeda kita tidak mengkonsumi makanan sembarangan. Kita simak yuk sobat muda NYSN makan apa saja yang akan membantu kita memberikan energi saat sebelum bersepeda dan mengembalikan tenaga kita setelah selesai bersepeda.

Pada saat bersepeda tubuh membakar glikogen sebagai sumber energi. Glikogen adalah simpanan karbohidrat di dalam hati dan otot yang harus dipulihkan kembali setelah bersepeda. Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat akan mengembalikan glikogen di dalam tubuh. Sedangkan makanan yang mengandung protein akan membantu memperbaiki dan membentuk otot. Untuk menghindari dehidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh kita perlu makanan-minuman yang mengandung mineral.

Berikut persiapan dan makanan yang bisa sobat muda NYSN makan sebelum bersepeda:

1. Sehari sebelum bersepeda ada baiknya sobat muda NYSN berhati-hati dengan jenis asupan dan waktu makan. Jangan makan besar lewat sore hari. Kalau sobat muda NYSN masih makan di malam hari, apalagi makanan pedas, bisa-bisa sakit perut di pagi hari.

2. Makanlah 2-3 jam sebelum bersepeda dengan karbohidrat sederhana seperti:
• bubur
• roti gandum
• kurma
• pisang atau alpukat
• telur

3. Buat sobat muda NYSN yang terbiasa boleh minum kopi untuk membantu penyerapan karbohidrat. Tetapi bagi yang tidak terbiasa sebaiknya berhati-hati agar tidak sakit perut. Sobat mudan NYSN juga bisa meminum teh hijau sebagai alternatif kopi.

Related :  Mengenal Olahraga Plank, Simple Tapi Banyak Faedahnya

4. 15 menit sebelum bersepeda memakan sedikit karbohidrat dari energy bar dan pastikan sobat muda NYSN minum yang cukup. Makin tinggi intensitas sobat muda NYSN bersepeda maka makin cepat pula pembakaran karbohidrat dalam tubuh.

Setelah kekurangan cairan dan melepas banyak energi tiba saatnya mengganti itu semua dengan asupan yang baik setelah 20-30 menit bersepeda. Berikut makanan yang baik dikonsumsi setelah bersepeda oleh sobat muda NYSN:

1. Telur rebus dan kentang panggang

Telur rebus dan kentang panggang. Sumber: Flitto
Telur rebus dan kentang panggang. Sumber: Flitto

Telur mengandung asam amino yang mudah dicerna sehingga dapat memberikan protein yang diperlukan oleh tubuh.

Kandungan karbohidrat yang ada pada kentang penting dalam proses mengganti glikogen yang terbuang saat sobat muda NYSN bersepeda. dalam tubuh 30 hingga 60 menit setelah bersepeda. Kandungan kalium yang ada pada kentang akan membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit di dalam tubuh yang keluar melalui keringat pada saat bersepeda. Kentang juga membantu meningkatkan kadar insulin yang berperan dalam pengembalian karbohidrat ke otot.

2. Ayam panggang dan nasi putih

Ayam panggang dan nasi putih. Sumber: Endeus.tv
Ayam panggang dan nasi putih. Sumber: Endeus.tv

Daging ayam panggang, terutama bagian dada, merupakan sumber protein yang tinggi. Apabila sobat muda NYSN ingin mendapat sumber protein untuk otot maka daging ayam panggang bisa dijadikan pilihan.

Selain itu kandungan karbohidrat pada nasi putih yang terdapat dalam nasi putih lebih mudah dipecah oleh tubuh dibandingkan karbohidrat kompleks. Hal ini menyebabkan kandungan gula darah dalam tubuh cepat meningkat. Nasi putih juga mengandung asam amino yang berperan dalam pembentukan otot.

Related :  Pra-PON XX-2020, Indonesia BMX National Championship 2019

Kombinasi kedua makanan ini akan menyediakan protein dan karbohidrat untuk pemulihan tubuh setelah bersepeda.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan. Sumber: Bobo-Grid.ID
Kacang-kacangan. Sumber: Bobo-Grid.ID

Kandungan asam lemak tak jenuh dalam kacang bermanfaat dalam membantu meminimalisir kolesterol buruk di dalam tubuh. Sobat muda NYSN yang suka makan cemilan dapat memakan kacang almond yang kaya akan kalsium atau kacang mede yang kaya akan kandungan besi dan kandungan lemak yang rendah . Sobat muda NYSN dapat memadukan kacang-kacangan ini dengan buah-buahan kering.

4. Susu cokelat

Susu cokelat. Sumber: KlikDokter
Susu cokelat. Sumber: KlikDokter

Sobat muda NYSN bisa minum susu cokelat setelah bersepeda. Dalam satu gelas susu cokelat rendah lemak, terkandung rasio karbohidrat dan protein 4:1. Gula yang terdapat di dalam susu cokelat juga termasuk ke golongan karbohidrat sederhana yang mudah dipecah oleh sistem pencernaan. Selain kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi susu punya kandungan air yang cukup untuk rehidrasi tubuh setelah bersepeda.

5. Smoothies

Smoothies. Sumber: ZdraveRady.cz
Smoothies. Sumber: ZdraveRady.cz

Sobat muda NYSN bisa membuat sendiri smoothies untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah bersepeda. Sobat muda NYSN bisa menggunakan buah-buahan segar berjenis berry, madu, air kelapa atau susu rendah lemak, serta tambahan protein seperti kacang atau whey protein powder. Buah-buahan segar dan madu akan memberikan karbohidrat sebagai suplai energi setelah bersepeda, sementara air kelapa mengandung zat elektrolit yang bermanfaat dalam menyeimbangkan kadar ion dalam tubuh.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of