Mana Yang Benar, Olahraga Atau Sarapan Dahulu?

0
785
Mana-Yang-Lebih-Sehat-Olahraga-Atau-Sarapan-Dahulu-1
Ilustrasi. Foto: Menosrotulos.com

Banyak yang berpendapat bahwa sarapan dipagi hari sangat baik untuk penyimpanan energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Namun, bagaimana kalau kita ingin berolahraga? Apa harus olahraga atau sarapan dahulu? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas mana yang lebih baik untuk kesehatan.

Sarapan memang fondasi penting dalam menjalani aktifitas, dimana kita harus mengkonsumsi makanan berkarbohidrat atau berprotein. Penelitian yang pernah dilakukan di University of Bath, Inggris mencari tahu dampak yang timbul dalam diri ketika sarapan sesudah dan sebelum olahraga. Dalam penelitian ini, menggunakan 10 responden laki-laki yang memiliki berat badan diatas rata-rata. Di pertemuan pertama, mereka harus datang pagi hari tanpa sarapan. Lalu berselang beberapa waktu, mereka berlari di treadmill selama satu jam dengan kecepatan sedang.

Di pertemuan selanjutnya, mereka diminta untuk sarapan makanan yang sudah disediakan dan memiliki 600 kalori. Makanan yang disantap adalah roti panggang, selai, jus jeruk, sereal dan susu. Setelah itu mereka harus berlari di treadmill selama 1 jam. Hasilnya, saat mereka berolahraga sebelum sarapan lebih banyak membakar lemak. Namun, mereka lebih banyak membakar kalori ketika sudah sarapan.

Olahraga terlebih dahulu sebelum sarapan dinilai lebih baik untuk menurunkan berat badan.Selain itu, peneliti dari Glasglow University juga mengatakan bahwa olahraga sebelum sarapan akan mendapatkan manfaat lebih karena tubuh akan menjadikan lemak sebagai energi. Dr. Gill juga menambahkan tubuh dapat bertahan dengan perut kosong untuk berolahraga 90 hingga 120 menit.

Tak hanya itu, ternyata mengkonsumsi makanan sebelum berolahraga akan menimbulkan sakit perut karena waktu makan yang tidak tepat. Namun, ada alternatif bagi kamu yang harus sarapan sebelum berolahraga, kamu bisa mengkonsumsi buah, susu rendah lemak, sereal dalam jumlah yang sedikit pada 1 atau 2 jam sebelum berolahraga.

Ada baiknya setelah 15 hingga 30 menit setelah berolahraga mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan sedikit lemak, seperti hasil dari penelitian yang dilakukan di The Colorado State Univeristy Extension. Tubuh harus cepat diberi asupan setelah berolahraga untuk menggantikan energi yang sudah terbuang. Baik sarapan setelah atau sebelum olahraga memang membutuhkan porsi yang ringan. Hal ini bisa membantu maksimalkan pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh.

Yuk dicoba olahraga sebelum sarapan agar mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan. (put)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of