Mana Yang Lebih Baik, Olahraga Rutin atau Tidur Cukup?

0
208
Pola olahraga rutin atau tidur yang cukup? (detikHealth)

Banyak orang berpikir olahraga teratur lebih baik daripada menerapkan pola tidur yang cukup. Menurut pemikiran banyak orang pun pola tidur yang berantakan bisa diimbangi dengan olahraga rutin atau intens. Yap, sungguh disayangkan sekali bagi kamu yang masih meremehkan aktivitas satu ini bahkan sampai ada yang masih menganggap tidur mengurangi produktifitas.

Padahal, Tahukah Kamu Bagaimana Dampak Pola Tidur Sesungguhnya?

Tidur itu merupakan elemen penting untuk tubuh yang sehat. Menurut survei 15ribu orang dewasa dari Royal Phollips di 13 negara, “Better Sleep, Better Health. A Global Look at Why We’re Still Falling Short on Sleep”  Hasilnya menunjukkan, mayoritas  menganggap tidur berdampak penting bagi mereka, tetapi 29 persen merasa bersalah saat tidak menjaga kebiasaan tidur baik.

Related :  Empat Manfaat Sehat Olahraga Berkuda

Apabila dilihat dari presentase angka tersebut lebih rendah, dibanding dengan faktor olahraga secara rutin tiga sampai empat kali seminggu (49%) dan menjaga pola makan (42%).

Seorang Chief Medical Officer Philips Sleep & Respirotary Care, Dr.David White, berkata tidak seperti olahraga ataupun diet, masalah tidur tidak cukup bisa berdampak langsung pada kesehatan. Dampak dari kurang tidur yang dialami kamu antara lain:

Dampak kurang tidur: rasa lelah. (tempo.co)
Dampak kurang tidur: murung. (Kompas.com)
Dampak kurang tidur: mudah marah. (Kompas.com)
Dampak kurang tidur: tidak bersemangat. (sehatsiana)

Dikatakan dalam survei, bahwa banyak orang belum memprioritaskan tidur sebagai hal yang lebih penting ketimbang dengan olahraga atau konsumsi makanan yang sehat. Padahal sebenarnya semakin baik kamu menyesuaikan pola tidur, maka semakin juga gaya hidup kamu.

meditasi. (today.com)

Kemudian Philips mengatakan respondennya pun kemudian akhirnya melatih bagaimanaa cara memperbaiki pola tidur. Mayoritas menjawab dengan cara mendengarkan musik yang menenangkan serta mengatur jadwal tidur ataupun bangun. Tentu tiap negara memiliki cara yang berbeda2. Untuk Negara Indonesia sendiri, 45% memilih bermeditasi untuk tidur nyenyak.

Related :  Tim Lawan di Futsal Lebih Jago dari Tim Anda? Tebas Habis Dengan 6 Tips Ini

Nah, jika kamu berminat untuk mengubah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat, tidak perlu olahraga secara intens dan berat terlebih dahulu. Mulailah dari hal terkecil, yaitu memperbaiki pola tidur kamu. Bila kamu sulit tidur lebih awal, cobalah menenangkan diri atau meditasi agar pikiran kamu rileks dan tidur pun jadi nyenyak.

Quotes

 

 

 

(Kompas.com)

Apa komentarmu?

Ayo komen untuk pertama kali!

avatar
  Subscribe  
Notify of