Manfaat Kesehatan Yang Didapat Saat Berolahraga Panahan

0
1860

Olahraga panahan di pandang sebagai olahraga statis oleh sebagian orang, namun nyatanya atlet pemanah atau pemanah kompetitif benar-benar membutuhkan sejumlah besar kekuatan, ketahanan, dan fokus untuk optimal saat pertandingan berlangsung. Jika Anda tidak mengenal dengan olahraga ini, maka Anda akan terkejut untuk mengetahui ada banyak manfaat kesehatan yang ditimbulkan. Selain bermanfaat bagi tubuh, panahan juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Yuk langsung kita liat apa sih manfaat olahraga panahan dibawah ini.

10 manfaat berolahraga panahan

Berikut adalah 10 manfaat dalam berolahraga panahan, yaitu:

  • Meningkatkan kangkasan tangan dan mata, serta keseimbangan.
  • Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari.
  • Membangun kekuatan tubuh.
  • Meningkatkan kesabaran.
  • Meningkatkan fokus.
  • Membangun kepercayaan diri.
  • Merupakan olahraga sosial.
  • Merupakan bentuk latihan kebugaran.
  • Merelaksasi tubuh.
  • Merupakan olahraga yang dapat dimainkan semua orang.

Lima hal yang dibutuhkan dalam olahraga panahan

Dalam olahraga panahan ada hal-hal yang harus di perhatikan saat melakukannya, Berikut adalah hal-hal yang dibutuhkan oleh olahraga panahan, sehingga memberikan manfaat-manfaat yang ada di atas, yaitu:

1. Kekuatan tubuh bagian atas

Menarik busur memberikan tekanan pada kedua otot tangan, serta otot dada, bahu, dan punggung. Sama dengan mengangkat beban, tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan string untuk melontarkan panah. Dengan terus melakukannya, tekanan saat menarik dan melepaskan busur dapat meningkatkan perkembangan otot di area otot utama tubuh bagian atas. Tingkat perkembangan tergantung kepada jumlah waktu yang dihabiskan untuk berlatih dan bertanding.

Related :  Binus Gelar Turnamen Kejuaraan Memanah Berskala Nasional

2. Keseimbangan

Keseimbangan penting untuk keberhasilan pada saat memanah, contohnya Anda harus bisa menahan tubuh untuk membidik dan melepaskan busur. Berlatih memanah dapat membantu Anda untuk memberikan kontrol atas keseimbangan Anda ketika memfokuskan diri untuk membidik target. Semakin banyak Anda berlatih, semakin otot inti Anda terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh dan menjaga Anda tetap stabil saat membidik dan melepaskan panah.

3. Koordinasi

Koordinasi tangan dan mata merupakan keperluan penting untuk memanah. Olahraga panahan dapat melatih tangan Anda untuk bekerja sama saat melakukan tugas yang berbeda, seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata. Semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin baik koordinasi Anda. Meningkatkan koordinasi ini akan menghasilkan pembidikan yang lebih akurat dan juga dapat membantu Anda dalam olahraga lainnya.

4. Berjalan

Selama pertandingan, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km dan bergerak dari sisi ke sisi saat melakukan tugas memanah. Meskipun banyak aktivitas berjalan dalam selang waktu yang pendek, namun efek kumulatif dari berjalan di seluruh pertandingan dapat meningkatkan kesehatan jantung, otot, dan kekuatan kaki. Anda akan mendapatkan beberapa manfaat bahkan selama latihan, karena Anda akan banyak menghabiskan waktu berjalan untuk mengambil kembali panah yang telah dilepaskan.

Related :  SEA Games 2017: Panahan Riau Ega Mantap Membidik Emas Pada Panahan Campuran

5. Fokus

Fokus adalah hal yang paling penting untuk mendapatkan kesuksesan sebagai seorang pemanah. Selain itu, mengembangkan fokus juga dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan. Semakin Anda fokus terhadap target Anda, maka semakin mudah bagi Anda untuk menjernihkan pikiran, serta berhasil dalam latihan maupun kompetisi. Fokus dapat membantu Anda menipiskan kekhawatiran di luar panahan dan juga akan membantu Anda untuk lebih fokus pada tugas. Belajar tetap fokus dengan olahraga panahan pastinya juga akan mengatasi gangguan.

Pertimbangan sebelum memulai bermain panahan

Panahan adalah olahraga yang mengutamakan aktivitas fisik, namun banyak orang yang tidak berpartisipasi masih meremehkan olahraga memanah. Karena ini termasuk olahraga yang berat, maka ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum memulai latihan, terutama apabila anda memiliki penyakit. Memakai alat pelindung sangat dibutuhkan, seperti pelindung lengan, jari dan dada dapat melindungi dari luka akibat terkena tali busur atau yang lainnya. Pelajari bentuk dan teknik panahan yang tepat dari pelatih yang berkualitas, untuk mengurangi kemungkinan cedera saat memanah. Jika Anda mengalami rasa sakit yang tajam atau tiba-tiba di bahu, lengan, siku, dada, atau punggung, anda harus segera berhenti untuk mencegah cedera otot. (hs)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of