Mengenal Hash, Olahraga Sambil Menjelajah Alam

1
1978
Mengenal-Hash-Olahraga-Sambil-Menjelajah-Alam-1
Para Peserta Semarang Mengikuti Hash. Foto: Jateng.tribunnews.com

Mungkin bagi kamu yang sangat suka olahraga sambil menikmati alam, olahraga Hash cocok buat kamu. Olahraga ini dilakukan dengan cara berjalan dengan menelusuri rute yang cukup berat seperti hutan, sungai dan berbagai medan rute lainnya.

Rute yang dilalui memiliki rintangan tersendiri dan jalur yang jarang dilalui. Sobekan kain atau kertas menjadi menanda jalan untuk menyelesaikan rute yang telah ditentukan oleh panitia. Hash biasanya dilakukan di pagi hari dan rute yang ditempuh memakan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam saja. Namun, bagaimana awal mula Hash tercipta dan apa saja manfaatnya?

Awal Mula Hash Dan Kiprahnya Di Indonesia

Olahraga Hash dipopulerkan oleh tentara Inggris pada tahun 1930-an. Ketika itu, para tentara Inggris di Malaka menjajah Malaysia, mereka pun mencari jejak-jejak di hutan lebat. Seiring berjalannya waktu, Hash pun menjadi sarana olahraga dan juga hiburan.

Maka dari itu, tentara Inggris membuat perkumpulan Hash pertama dengan nama Motherhash hingga tersebar di Inggris dan kawasan Eropa lainnya. Meski dipopulerkan oleh para militer, olahraga Hash tidak memiliki aturan khusus dan yang terpenting adalah kesenangan para peserta yang ikut.

Di Indonesia sendiri, Hash mulai masuk sejak tahun 2000-an dimana mulai banyak warga negara asing terutama dari Eropa masuk ke Indonesia. Dengan tidak memiliki peraturan, Hash sangat menarik para warga Indonesia untuk menjelajahi keindahan alam di Indonesia. Kini, kelompok pecinta Hash dinamai dengan Hash House Harrier (HHH) dan biasanya ditambahkan dengan nama wilayah masing-masing.

Hash House Harrier sudah banyak tersebar di Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta, Medan, Pekan Baru, Bangka Belitung dan masih banyak wilayah lainnya. Bahkan event olahraga Hash International sudah diadakan 4 kali di Indonesia. Namun, para peserta didominasi oleh orang yang berusia 30 hingga 50an keatas jika kondisi fisiknya masih baik.

Manfaat Olahraga Hash

Mengenal-Hash-Olahraga-Sambil-Menjelajah-Alam-2
Salah Satu Track Hash Di Sumbawa. Foto: Sumbawahashhouseharrier.wordpress.com

Meski terbilang tidak mudah untuk melakukan olahraga Hash, namun olahraga ini memiliki berbagai manfaat, yaitu:

  1. Disiplin dalam mengikuti track yang ditentukan agar tidak tertinggal
  2. Bekerja sama dengan peserta lainnya untuk melewati berbagai rintangan seperti menyebrangi sungai, mendaki, menuruni bukit yang licin, melewati pohon tumbang dan lain-lain
  3. Teliti dalam mengikuti tanda-tanda rute yang sudah ditentukan
  4. Membuat fisik dan mental menjadi semakin kuat karena sudah melewati berbagai rintangan yang sulit untuk menyelesaikan rute

Berbagai hal perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum olahraga Hash, seperti hal-hal berikut:

  1. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk memudahkan diri dalam melewati medan-medan rutenya
  2. Siapkan kondisi fisik yang prima agar lancar mengikuti olahraga Hash
  3. Sempatkan untuk sarapan terlebih dahulu dan jangan membawa banyak makanan dan minuman karena bisa menambah beban yang kamu bawa
  4. Siapkan kamera untuk mengabadikan momen kamu ketika melewati rute olahraga Hash. Tidak jarang ketika mengikuti olahraga Hash kamu bisa menemukan spot yang bagus untuk kamu abadikan

Bagaimana kamu berminat? Yuk coba olahraga Hash, olahraga sambil menikmati keindahan alam Indonesia. (put)

1
Apa komentarmu?

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Sanjiv Singh Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Sanjiv Singh
Guest
Sanjiv Singh

Hash sdh ada di Indonesia sejak tahun 1970