Mengenal Istilah “Eat Breakfast Like A King, Lunch Like A Prince, And Dinner Like A Pauper” Dalam Pola Makan Yang Benar

0
1056
Adelle Davis, seorang penulis dan ahli gizi dari Amerika, yang dianggap sebagai ahli gizi paling terkenal di awal hingga pertengahan abad ke-20. Foto: azquotes.com
Adelle Davis, seorang penulis dan ahli gizi dari Amerika, yang dianggap sebagai ahli gizi paling terkenal di awal hingga pertengahan abad ke-20. Foto: azquotes.com

Pernahkah anda mendengar sebuah pepatah tentang pola makan yang benar yaitu “Eat Breakfast Like A King, Lunch Like A Prince, And Dinner Like A Pauper” atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah “Makan Sarapan Seperti Seorang Raja, Makan Siang Seperti Seorang Pangeran dan Makan Malam Seperti Si Miskin”. Pepatah tersebut pernah diungkapkan oleh Adelle Davis seorang penulis dan ahli gizi dari Amerika, yang dianggap sebagai ahli gizi paling terkenal di awal hingga pertengahan abad ke-20.

Namun, apakah arti dari pepatah tersebut, dan apa hubungannya dengan pola makan yang benar? Mari kita ulas.

Breakfast Like A King

Sarapan layaknya seorang raja merupakan perumpamaan yang diartikan bahwa kita harus sarapan dengan porsi banyak.

Sarapan merupakan makanan pertama yang kita konsumsi setelah beristirahat di malam hari. Hal tersebut perlu dilakukan karena kita harus mengisi glukosa dalam diri yang merupakan hal penting bagi otak dan sumber energi kita sepanjang hari. Jika kita melewatkan sarapan, gula dalam diri kita akan rendah dan akan menurunkan produktivitas diri dalam beraktifitas sepanjang hari.

Pada umumnya, kita sering melewatkan sarapan, padahal sarapan sangat penting bagi diri kita untuk menjalani kehidupan maupun aktifitas sehari-hari.

Related :  Buat Lawan Kamu Terkecoh Dengan Teknik Drop shot Ini

Dr. Hana Kahleova salah satu peneliti dari Universitas ;Loma Linda di California menyatakan bahwa makan pagi harus menjadi makanan yang terbesar yang kita konsumsi sehari-hari karena tubuh akan mengeluarkan energi yang lebih banyak maka diperlukan makanan yang cukup.

Dalam sarapan, kita harus mengkonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi agar menambah energi seperti gandum, sereal, telur dan sebagainya.

Lunch Like A Prince

Dalam pola makan yang benar makan siang bagaikan seorang pangeran yang diartikan kita harus mengurangi porsi makan siang kita. Seorang peneliti, Dr. Daneila Jakubowicz pernah melakukan penelitian di Wolfson Medical Center dengan beberapa wanita gemuk. Hasilnya menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi makan siang dengan 700 kalori dapat menurunkan berat badan setelah 12 minggu.

Disaat makan siang, diharapkan mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu berat dan lebih mengandung protein seperti kacang-kacangan, dada ayam, atau telur. Karena pada dasarnya, porsi makan siang kita harus setengah dari sarapan biasa.

Dinner Like A Pauper

Lalu pada saat makan malam, bisa diibaratkan makan layaknya si miskin. Dalam artian, kita dianggap tidak memiliki uang dan makan dengan porsi sedikit atau setengah dari porsi makan siang. Hal ini dikarenakan pada malam hari tubuh manusia tidak dapat melakukan proses pencernaan dengan baik bahkan akan mengalami gangguan tidur.

Related :  Sebanyak Seribu Dua Ratus Pelajar Turun Serta Lestarikan Olahraga Tradisional

Bahkan tidak hanya itu, makan malam dengan porsi banyak akan menaikkan berat badan kita karena tubuh akan menyimpan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebagai lemak bukan energi.

Profesor ahli gizi, Dr. Marie Pierre St.Onge yang memimpin penelitian di Columbia University’s College Of Physicians And Surgeons menjelaskan bahwa dalam hasil penelitiannya orang yang berpuasa pada malam hari kurang lebih 18-19 jam dan makan pada pagi berikutnya dapat menurunkan berat badan hingga 8 persen dari berat badan aslinya.

Pada malam hari, kita disarankan makan buah-buahan untuk membuat kita tetap kenyang walaupun hanya makan sedikit.

Nah, para pembaca nysnmedia yang berbahagia, artinya pepatah tersebut sangat berarti dalam pola makan yang benar dan bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari. (put/adt)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of