Mengenal Olahraga Plank, Simple Tapi Banyak Faedahnya

0
16312
Olahraga Plank. Sumber: Pexels
Olahraga Plank. Sumber: Pexels

Sobat muda NYSN yang sedang mencari kegiatan olahraga simple tapi banyak faedahnya bisa mencoba olahraga plank. Olahraga ini memanfaatkan berat tubuh kita sendiri yang dipadukan dengan gerakan-gerakan tertentu agar tubuh tetap bugar selama di rumah. Olahraga plank tergolong olahraga yang efektif karena hanya membutuhkan sedikit waktu dengan hasil yang maksimal.

Sebelum mengenal plank dan gerakannya lebih jauh ada baiknya sobat muda NYSN mengenal manfaat olahraga ini:

1. Melatih otot inti. Otot inti digunakan pada banyak gerakan yang kita lakukan. Otot inilah yang membantu mentransfer tenaga ke tangan atau kaki agar lebih efektif. Apabila otot inti sobat muda NYSN kuat dan terlatih akan meningkatkan kemampuan bergerak dan siap untuk latihan yang lebih berat.

2. Dengan melakukan gerakan plank sobat muda NYSN bakal merasakan otot bisep, leher, dan pundak bergerak dan ikut tertarik. Apabila sobat muda NYSN sering melakukan latihan press up maka melakukan plank akan membantu mengembangkan otot yang dilatih. Otot lain yang dilatih Saat melakukan plank adalah otot bokong dan paha. Dengan sepuluh menit latihan per hari akan banyak otot kita yang merasakan faedahnya.

3. . Apabila sobat muda NYSN melakukan latihan plank secara rutin akan mengurangi Resiko cidera pada tulang punggung terutama bagian atas.

4. Dibanding sit up melakukan latihan plank membakar lebih banyak kalori. Buat sobat muda NYSN yang lebih sering duduk saat stay at home latihan plank akan membuat metabolisme tubuh menjadi tinggi.

5. Latihan plank akan membuat postur tubuh sobat muda NYSN akan lebih baik. Postur tubuh yang baik berarti posisi tulang dan sendi berada di tempat yang benar. Tentunya ini akan membuat sobat muda terlihat lebih sehat dan percaya diri.

6. Latihan plank akan membuat sobat muda NYSN mendapatkan keseimbangan tubuh dan juga lebih fleksibel. Tentunya ini hal yang penting apabila sobat muda NYSN akan melakukan latihan yang lebih berat lagi.

Terus bagaimana sih melakukan plank? Kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah dibawah ini sobat muda NYSN:

Plank Workout
Plank Workout

1. Lakukan posisi sit up.
2. Tekuk siku sampai 90 derajat dan tumpukan beban pada lengan.
3. Luruskan bagian leher belakang dan punggung mulai dari telinga sampai jempol kaki.
4. Kepala harus relaks dan menghadap ke bawah.
5. Tahan posisi ini selama sobat muda kuat.
6. Bernafaslah perlahan dan tenang.
7. Apabila mulai tidak kuat berhentilah dan istirahat sebentar.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments