Meski Sibuk, 5 Pro Player eSports Ini Tetap Pentingkan Pendidikan

0
1221
Ilustrasi eSports. (Foto: Unsplash/florianolv)

Menjadi seorang Pro Player eSports memang kelihatannya mudah dan menyenangkan karena ‘hanya’ bermain game. Namun, sebetulnya menjadi pro player sama sekali tak semudah kelihatannya. Ada komitmen yang harus dipegang. Salah satunya yaitu komitmen untuk tetap mengenyam bangku pendidikan sembari meniti karir di eSports.

Memang banyak kasus para pro player akhirnya meninggalkan sekolah demi menjadi mengejar karir. Bukannya tidak baik, tapi sebenarnya kedua hal tersebut bisa dilakukan bersamaan. Buktinya, banyak yang tetap mengejar sekolah meskipun sudah menjadi pro player.

Seperti kelima pro player yang akan dibahas kali ini. Meskipun sibuk menjalani profesi sebagai atlet eSports profesional, mereka juga bisa tetap menjalani pendidikan. Tak hanya itu, mereka bahkan tetap bisa mencetak prestasi di skena kompetitif. Siapa saja mereka?

  1. Eldin ‘Celiboy’ Rahardian – Alter Ego
Eldin ‘Celiboy’ Rahardian. (Foto: Instagram @celiboyy)

Sang pemenang dari MPL Invitational ini adalah salah satu carry muda yang paling diwaspadai. Setiap penampilannya selalu membuat para penonton kagum karena dirinya adalah salah satu pro player dengan mekanik tinggi. Pada usia yang baru menginjak umur 17 tahun, Celiboy sudah mencetak banyak prestasi selama berkarier menjadi punggawa dari Alter Ego.

Prestasi yang tidak kalah mengagumkan adalah, di tengah kesibukan menjadi seorang pro player, Celiboy tidak meninggalkan pendidikan. Dirinya menjalani home schooling yang jadwalnya disesuaikan dengan latihan di tim. Dengan begitu, kedua hal tersebut bisa dijalani olehnya tanpa hambatan.

  1. Albert ‘Alberttt’ Nielsen – RRQ Hoshi
Albert ‘Alberttt’ Nielsen. (Foto: Instagram @rrq_alberttt)

Selain Celiboy, ada satu nama lagi yang langsung gemilang pada debutnya, yaitu RRQ Alberttt. Cowok berusia 17 tahun ini merupakan pemegang peran carry di tim RRQ Hoshi. Perjalanannya di kancah profesional terbilang mulus. Selepas tampil di MDL Season 2, RRQ Alberttt langsung ditarik ke divisi utama dan ternyata dirinya bisa membantu kemenangan RRQ Hoshi di ajang MPL Season 6.

Meskipun terbilang sukses sebagai pro player, RRQ Alberttt tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang murid dari sebuah home schooling. Pada usia yang sangat muda, RRQ Alberttt punya manajemen waktu yang baik. Dalam seminggu, dirinya membagi jadwal latihan dan belajar di tempatnya mengenyam pendidikan.

  1. Jeremy ‘Tibold’ Yulianto – Onic eSports
Jeremy ‘Tibold’ Yulianto. (Foto: Instagram @tibold__)

Mantan pro player ini sempat diperbincangkan karena berhasil tembus menjadi pelatih tim nasional Mobile Legends untuk ajang SEA Games 2019. Kualitas pengamatannya tidak perlu diperbincangkan lagi. Bahkan, ONIC eSports sampai meminangnya menjadi pelatih.

Bisa dibilang prestasinya selama menjalani karier di ranah kompetitif cukup gemilang. Akan tetapi, dirinya memilih hengkang dari tim dan izin untuk melanjutkan sekolah. ONIC eSports pun melepas Tibold dengan sebuah video farewell di kanal Youtube resmi mereka.

  1. Vivi ‘Vivi’ Novica – RRQ Hikari
Vivi ‘Vivi’ Novica. (Foto: Instagram @rrq_vivi)

Vivi Novica Lee atau yang akrab disapa RRQ Vivi ini merupakan salah satu anggota RRQ Hikari yang merupakan divisi ladies untuk game PUBG Mobile milik Team RRQ. Selama berkarier, pengalaman RRQ Vivi di kancah eSports tidak bisa dibilang sedikit. sebut saja turnamen-turnamen besar yang pernah diikutinya, seperti BUBU eSports Tournament dan PMPL Indonesia Ladies 2020.

Prestasi di ranah eSports membuat dirinya semakin dikagumi kala mengetahui fakta bahwa dirinya juga sedang menjalani pendidikan di Universitas Pelita Harapan. Hebatnya lagi, di kampus ini RRQ Vivi mengambil pendidikan hukum.

  1. Bridgita ‘Ruby’ Fabiola – RRQ Hikari
Bridgita ‘Ruby’ Fabiola. (Foto: Instagram @rrq_rubyy)

Sama seperti RRQ Vivi, meskipun dirinya tengah disibukkan dengan menjadi pro player, RRQ Ruby tidak melupakan soal pendidikan. Sekarang, RRQ Ruby adalah seorang mahasiswi di Universitas Gunadarma, Depok. Cewek kelahiran 10 Oktober 1999 ini mengambil pendidikan sarjana jurusan Sastra Inggris.

Dari sebuah wawancara, Ruby mengaku bahwa kegiatan perkuliahannya tidak terganggu sama sekali dengan profesinya sebagai atlet eSports. Apalagi di tengah pandemi ini, sekarang perkuliahannya berjalan secara online dan memudahkannya untuk mengikuti mata kuliah dan berlatih di RRQ Hikari.

Dari kelima sosok di atas, kita bisa belajar bahwa meskipun tengah sibuk menjalani hal yang disukai, bukan berarti harus meninggalkan pendidikan. Mereka adalah orang-orang yang berhasil untuk mengatur waktu sedemikian baiknya hingga bisa menjalani karier sebagai pro player dan pelajar di saat yang bersamaan.

sumber: detikINET dan Team RRQ.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments