Minum Kopi Sebelum Berolahraga Berpengaruh Bakar Kalori Lebih banyak?

0
966
Kok bisa ya minum kopi berpengaruh dengan bakar kalori?

Kamu tentu ingin kalori kamu terbakar lebih banyak saat berolahraga. Nah, ada sebuah penemuan baru loh tentang efek minum kopi sebelum olahraga, yang dikatakan bisa membakar kalorimu lebih banyak. Yap, minum kopi bagi sebagian orang berada di waktu-waktu santai tertentu. Tapi lain halnya dengan penemuan ini, di mana minum kopi di saat waktu sebelum olahraga. Apa pengaruhnya ya #sobatmudaNYSN?

Menurut sebuah penelitian terbaru menunjukkan kaitan seseorang minum kopi sebelum latihan dengan keefektifan kopi dalam membakar kalori. Menurut lansiran dari okezone.com, seorang Profesor fisiologi di Universitas Sao Paulo, Bruno Gualano meminum secangkir kopi sebelum ia berolahraga sepeda. Kemudian, penelitian mengenai kafein pun dimulai. Tak hanya sampai hanya Bruno yang minum, tetapi tiga kelompok, yang terdiri dari pencinta olahraga sepeda juga meminum asupan kafein tersebut. Bruno pun menguji waktu, di mana mereka bersepeda hingga membakar 450 kalori. Hasilnya, hampir di setiap percobaan, orang yang meminum pil kafein tersebut lebih cepat membakar kalori, rata-rata mereka 3,3% lebih cepat.

Related :  Dibalik Olahraga Bela Diri, Wushu Ternyata Punya Segudang Manfaat

Menurut lansiran dikatakan efek dari minum kopi tersebut juga akan berlaku bagi kamu yang menyukai olahraga lain, seperti beban atau gym. Jika kamu menerapkan hasil yang efektif, bisa dicoba mulai besok minum kopi sebelum berolahraga. Tapi perlu diingat, meski diperbolehkan, kamu harus memperhatikan beberapa aturan berikut ini terkait minum kopi sebelum olahraga.

1. Minumlah kopi satu jam sebelum kamu berolahraga

Minum kopi (Foto: Mensfitness//okezone.com)

Untuk penyerapan kafein yang sempurna, butuh waktu setengah jam sampai satu jam di tubuh. Jadi, bila ingin kalori kamu lebih banyak terbakar, usahakan untuk minum kopi saat bangun pagi, sebelum memulai aktivitas olahraga.

2. Jangan tambah susu ataupun gula

Kopi susu tidak diperbolehkan

Mengapa tidak diperbolehkan? Susu lebih lama diproses oleh tubuh sehingga kamu berisiko mengalami gangguan dalam pencernaan saat berolahraga. jangan tambahkan gula juga bisa membuat berantakan kadar gula darahmu. Terlebih, nanti bukannya olahraga bisa jadi malah ngantuk karena mengkonsumsi minuman manis. Kopi yang terlalu manis juga bisa membuat gula darah Anda tidak stabil. Penelitian menunjukkan manfaat terbaik muncul bila kopi diminum tanpa susu atau gula (kopi hitam).

Related :  Minuman Sehat Ini Bisa Jadi Teman Begadang Nonton Piala Dunia

3. Tetap banyak minum air putih ya

Minum air putih

Kopi itu bersifat dapat memicu tubuh mengeluarkan cairan, baik lewat keringatmu ataupun lewat kencing. Jadi, sebaiknya perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

4. Imbangi antara minum kopi dan olahraga rutin

Jika kamu melakukan rutin olahraga dan mengawalinya dengan meminum secangkir kopi tiap hari, tubuh menjadi menyesuaikan diri loh..

 

Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba bakar kalori lebih banyak dengan secangkir kopi sebelum berolahraga?

 

 

(okezone.com, hellosehat.com)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of