Ngabuburit Sehat Selama Berpuasa

0
1307
Ilustrasi: Waktu Ngabuburit

Beberapa orang berpikir kalau olahraga saat puasa dapat menyebabkan lemas dan dehidrasi.  Tidak hanya itu, takut batal puasa juga menjadi alasan malas berolahraga. Namun, ada juga nih sebagian orang yang tetap ingin berolahraga tetapi bingung kapan saat yang tepat. Hmm, Kalau ditanya, kapan waktu olahraga yang baik saat puasa? ini dia jawabannya..

“Olahraga yang baik dilakukan 2-3 jam setelah sahur atau 1-2 jam sebelum berbuka atau 2-3 jam setelah berbuka.”

Jika kamu merasa ngantuk saat setelah sahur, kamu bisa tuh memilih waktu 1-2 jam sebelum berbuka. Yap, itu adalah waktu ngabuburit. Daripada kamu enggak ada kerjaan selain menunggu waktu berbuka, olahragalah di waktu ngabuburit. Dijamin jadi berfaedah dan makin berkah puasa kamu. Ini dia tips ngabuburit sehat, olahraga yang bisa kamu lakukan menunggu waktu berbuka..

  1. Jalan Kaki

    Ilustrasi : Jalan Kaki

    Ingin olahraga yang sehat, santai, murah, dan ringan? Jalan kaki lah pilihan yang tepat. Dengan berjalan kaki selama 20-30 menit saja sebelum berbuka puasa, bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain baik untuk kesehatan jantung, mengurangi stress, bahkan bisa menurunkan kolestrol. Ngabuburit sehat, bukan?

  2. Jogging

    Ilustrasi: Jogging

    Ngabuburit sehat kedua yaitu jogging dengan intensitas ringan. Olahraga lari kecil ini sangat aman dan baik dilakukan saat berpuasa. Sebenarnya 2-5 menit jogging sudah cukup memberi manfaat. Namun, kalau kamu ingin ngabuburit sehat berjalan sampai sebelum adzan magrib juga tidak apa-apa, berarti kamu lakukan jogging ini sekitar 1-2 jam. Perlu diingat, lakukan jogging dengan intensitas yang ringan ya, agar kamu tidak mengalami dehidrasi.

  3. Bersepeda

    Ilustrasi: Bersepeda

    Pasti asyik bersepeda keliling komplek atau sekitar rumah sambil ngabuburit. Nah, ini tips ketiga ngabuburit sehat nan asyik. Bersepeda saat puasa  mampu menjaga tubuh agar tidak mudah lelah. Selain itu, bersepeda juga mampu membuat pikiran Anda lebih tenang. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh juga bisa terkontrol lebih mudah. Ayo Coba bersepeda di sore hari menjelang waktu berbuka. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 untuk pria, loh!

  4.  Naik Turun Tangga

    Ilustrasi : Naik Turun Tangga

    Aktivitas naik turun tangga bisa juga nih jadi pilihan ngabuburit sehat. Olahraga ini tergolong ringan tetapi jika kamu tidak melakukan dengan benar, hati-hati kamu akan lelah. Berikut adalah cara yang benar:

    – Ketika naik tangga atau turun, sebaiknya jaga punggung kamu tetap tegak.

    – kamu juga boleh sedikit membungkuk ke depan dari pinggul.

    –  Dakilah dua anak tangga sekaligus dalam satu langkah. latihan ini baik untuk otot besar pada kaki (terutama paha depan) dan pantat (otot gluteal) . Namun orang dengan masalah lutut harus berhati-hati ketika mencoba latihan ini, dan jika kaki kamu pendek, bisa berisiko melukai otot pangkal paha.

    – Saat menuruni tangga, kamu sebaiknya gunakan otot paha-paha depan dan paha belakang. Jangan lupa, hati-hati untuk tidak meregangkan lutut kamu saat turun.

    Naik turun-tangga selama kurang lebih 10 menit dapat membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan ya.

  5. Yoga

    Ilustrasi : Yoga

    Yoga bisa menjadi pilihan juga ngabuburit sehat kamu. itu jenis olahraga yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh.  Gerakan-gerakan yoga juga cocok untuk kamu yang berpuasa karena tidak terlalu menguras energi. Cobalah lakukan yoga di sore hari menjelang berbuka dan pilihlah tempat yang tenang dan jauh dari keramaian agar kamu dapat melakukan dengan maksimal.

    Wow, ngabuburit-ngaburit diatas sehat sekali bukan? Bagi kamu yang selama puasa ini  hanya bermalas-malasan, yukk coba lakukan olahraga-olahraga diatas di H-seminggu menuju hari raya lebaran ini..Happy ngabuburit!

Related :  Pastikan Untuk Melakukan Pemanasan Ini Sebelum Berolahraga

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of