Okky Splash Youth Soccer League U-12 Bergulir, Menpora : Tanpa Swasta, Pemerintah Sulit

0
704
Menpora Imam Nahrawi berharap melalui Okky Splash Youth Soccer League (OSYSL) 2018 muncul pesepabakbola berbakat seperti Egy Maulana Vikri. (net)
Menpora Imam Nahrawi berharap melalui Okky Splash Youth Soccer League (OSYSL) 2018 muncul pesepabakbola berbakat seperti Egy Maulana Vikri. (net)

Jakarta- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bermitra dengan PT Suntory Garuda Beverage, perusahaan minuman terkemuka tanah air menggelar event sepakbola usia muda U-12.

Festival bertajuk Okky Splash Youth Soccer League (OSYSL) 2018 ini akan digelar di enam kota seperti Surabaya, Bandung, Malang, Yogyakarta, Semarang dan wilayah Jabodetabek.

OSYSL saat ini memasuki tahun kedua. Pada 2017 pelaksanaannya hanya melibatkan tim di wilayah Jabodetabek semata.

Mulai 2018, OSYSL hadir di enam kota. Seri pertama telah sukses digelar di Surabaya sejak 3-11 Maret 2018. Ada 30 klub SSB yang tampil di tiap kota penyelenggara.

Berikutnya, OSYSL akan hadir di Malang (30 Maret-8 April), Yogyakarta (21-29 April), Semarang (30 Juni-8 Juli), Bandung (14-22 Juli), dan Jakarta (28 Juli-5 Agustus).

Related :  Kompetisi Basket Putri Srikandi Cup Seri 3 Siap Digelar, Persaingan Makin Kompetitif

Pasca gelaran tiap kota, tim pemenang di tingkat regional maju di Okky Splash National Championship. Fase Nasional, OSYSL 2018 berlangsung pada 11 September di Jakarta.

Pihak penyelenggara juga menggandeng Indonesia Junior Soccer League (IJSC). IJSC berpengalaman mengelola berbagai event sepak bola dibawah usia 12 tahun.

“Kami pilih pemain-pemain terbaik dan masuk dalam satu tim. Mereka mewakili Indonesia di event Singa Cup 2018 di Singapura,” ucap Head Grup of Cup Suntory Garuda Beverege, Martinus Rezal.

Nantinya penyelenggara menyeleksi khusus 16 pemain terbaik yang lolos Okky Splash Youth Soccer Team Indonesia guna bermain di Singa Cup 2018. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mendukung digelarnya OSYSL.

Imam berharap, kejuaraan ini bisa diselenggarakan di seluruh kota di Indonesia. “Tahun ini enam kota, semoga selanjutnya bisa diselenggarakan di seluruh 514 kabupaten/kota,” ujar Imam di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3).

Related :  Dijajal Pebalap Timnas, Velodrome Asian Games 2018 Mulai Bisa Digunakan

Imam melihat, gelaran ini sangat bagus dan harus rutin dijalankan. Pria asal Bangkalan, Jawa Timur ini menyebut pemerintah tak bisa jalan sendiri untuk memajukan sepak bola Indonesia.

“Okky berpengalaman menyelenggarakan kompetisi usia dini dan pemerintah tak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan pihak lain. Fasilitas hanya bisa diberikan 13 persen dari pemerintah, selebihnya disediakan oleh swasta,” katanya.

Selain itu, ia berharap para pemain OSYSL dapat semakin terasah kemampuannya. Pria berusia 44 tahun ini yakin akan ada calon pemain tim nasional (timnas) Indonesia yang lahir dari ajang ini. (Dre)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of