Olahraga Ekstrim Bungee Jumping Ini Ternyata Bisa Membuat Tubuh Kamu Sehat Loh

0
1308
ilustrasi: Terjun Bebas atau Bungee Jumping
ilustrasi: Terjun Bebas atau Bungee Jumping

Terjun bebas atau Bungee jumping merupakan salah satu jenis olahraga ekstrim yang sangat menantang jiwa keberanian kita atau yang biasa kita sebut adrenalin. kita ditantang melompat dan terjun bebas dari ketinggian berpuluh meter bahkan ada yang mencapai hingga ratusan dan kita hanya mengandalkan sebuah tali khusus yang terikat pada kaki kita. Tapi apakah kamu tahu bahwa banyak manfaat yang bida didapatkan dari jenis olahraga ekstrim ini? Berikut adalah khasiat dan manfaat olahraga terjun bebas bagi kesehatan tubuh kamu.

1. Menghilangkan stress

Bungee Jumping cukup ekstrim tetapi memiliki manfaat untuk menghilangkan stress dan kejenuhan yang kita rasakan. Dengan mengalahkan rasa takut akan ketinggian dan memberanikan diri untuk melompat dari ketinggian, secara tidak langsung kita akan melepaskan sel dan energi negatif yang mencekam dalam tubuh.

Pada saat berteriak maka andrenalin kita pecah serta akan membuat perasaan dan pikiran menjadi ringan. Hal ini sangatlah baik untuk menghilangkan stress, penat dan kejenuhan yang merasuk dalam pikiran dan hati kita. Anda akan mendapatkan perasaan bahagia setelah sukses meluncur kebawah.

2. Melatih Kelenturan Tubuh

Dengan melakukan terjun bebas dari ketinggian puluhan meter akan membuat tubuh melakukan pergerakan bebas secara spontan. Gerakan tubuh yang secara spontan tersebut yang datang tiba-tiba pada saat terjun justru akan membuat kelenturan tubuh kita terlatih secara tidak langsung. Hal ini membuat tumbuh anda bugar dengan sendirinya.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Posisi kita saat melakukan Bungee Jumping akan terbalik dimana kepala berada dibawah dan kaki diatas. Pada posisi ini peredaran darah dalam tubuh akan lancar mengalir langsung ke otak. Namun perlu dingat bahwa posisi terbalik ini hanya akan bagus untuk dilakukan sesaat saja atau tidak memakan waktu terlalu lama karena hal tersebut akan membuat kita terasa pusing yang diakibatkan karena darah sedang memenuhi otak.

Related :  Manfaat Kesehatan Yang Didapat Saat Berolahraga Panahan

4. Sebagai Terapi Phobia dan Rasa Percaya Diri

Bagi kalian yang sedang mengalami phobia akan ketinggian seperti naik pesawat atau sejenisnya. kalian dianjurkan untuk melakukan Bungee Jumping, untuk melatih keberanian dan menghilangkan ketakutan akan ketinggian. Hal ini bisa menjadi terapi ampuh untuk mengatasi phobia Anda. Bukan hanya itu saja, Olahraga ini juga dapat menambahkan kepercayaan diri dan rasa keberanian dalam diri.

5. Membuat Hati Terasa Senang

Dengan melakukan olahraga ini secara tidak langsung, kita akan merasakan sensasi bahagia, saat setelah kita berhasil terjun dari ketinggian kemudian berteriak sekeras-kerasnya untuk melepaskan luapan emosi.  sehingga muncul kegembiraan dalam diri dan Anda tertantang untuk terjun kembali. Karena hal tersebut membuat perasaan kita menjadi gembira jika dibanding dengan kegiatan lain yang kurang memiliki manfaat.

6. Meningkatkan Kapasitas Otak

Dengan melakukan olahraga seperti terjun bebas akan membuat kapasitas otak kita menjadi meningkat. Hal ini disebabkan pada saat kita terjun dengan posisi terbalik, peredaran darah kita akan langsung menuju otak sehingga membuat produksi hormone serotonim pada otak akan meningkat. Dengan fungsi hormon ini yang dapat mengendalikan emosi serta pemahaman akan berbagai hal.

7. Membuat Fisik Menjadi Lebih Kuat

Dengan melakukan olahraga terjun bebas secara tidak langsung kita akan memiliki tubuh yang lebih kuat. Hal ini disebabkan karena pada saat kita melakukan terjun bebas, maka tubuh kita akan mengalami pergerakan bebas yang dilakukan secara spontan. Bukan hanya memiliki fisik yang kuat, tetapi mental yang kita miliki akan menjadi kuat juga.

Related :  Lima Manfaat Taekwondo Guna Tingkatkan Kesehatan Psikis

8. Membuat Awet Muda

Pastinya kalian ingin memiliki tubuh yang awet muda bukan? Dengan melakukan olahraga ini akan membuat peredaran darah pada tubuh kita menjadi lancar serta membuang racun dalam tubuh secara maksimal. Dengan begini, kulit Anda akan menjadi kencang serta terasa lebih segar.

9. Terjun Bebas Menjadikan Tulang Lebih Kuat

Bungee Jumping dapat menjadikan tulang kita akan menjadi kuat. Hal ini disebabkan karena penyerapan kalsium oleh tulang meningkat.

10. Kualitas Jiwa dan Mental yang Baik

Dengan berolahraga terjun bebas secara tidak langsung kita juga sebenarnya sedang melatih mental kita serta menjadikan otak bekerja lebih maksimal. Banyak orang yang takut melakukan terjun bebas, namun dengan melakukan terjun bebas dapat membuat mental anda terlatih lebih kuat karena saat terjun bebas mental tertekan oleh rasa takut dan akan menimbulkan rasa berani.

itulah manfaat olahraga bungee jumping atau terjun bebas. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba? Selain bagus untuk ajang bersenang-senang, olahraga ini juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun ada satu hal yang harus diingat bahwa olahraga ini cukuplah ekstrim dan tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah jantung serta penyakit keras lainnya.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of