Olahraga Ini Sedang Trend, Flag Football Dimainkan di Indonesia?

0
815
Mengenal Yang Sedang Trend, Flag Football. (pinterest.com)

Sobat muda NYSN sudah tau belum, kalau belakangan ini, ada cabang olahraga baru di Indonesia nih yang sedang berkembang dan trend banget, namanya flag football. Yuk cari tau infonya biar gak ketinggalan berita, siapa tau kamu jadi tertarik..

Flag football, sesuai namanya tentu olahraga ini merupakan variasi dari permainan football. Pada dasarnya kalau di Indonesia bisa di bilang sama seperti futsal dan kalau di Amerika sendiri dikatakan seperti American Football. Hanya saja perbedaannya itu dari segi teknik, kontak fisik antar pemain, serta strategi.

Flag football di University of Austin, Texas, Amerika Serikat. (student.cnnindonesia.com// common.wikimedia.org/Enoch Lai)

Olahraga Flag Football Turunan dari American Football, Apa Benar?

Olahraga flag football ini faktanya merupakan olahraga turunan dari American football loh.. Perbedaannya kalau American football harus adu kontak fisik, sedangkan flag football minim akan benturan atau kontak fisik antar pemain, sehingga tidak begitu diperlukan perlengkapan pelindung seperti para pemain American football. Perbedaan dari teknik dasar yaitu dari men-tackle (menjatuhkan lawan hingga tangan atau lutut menyentuh tanah) diganti dengan deflagging (mengambil salah satu bendera lawan yang terpasang di pinggang pembawa bola).

Related :  Masih Perlu Perbaikan Internal, Kapten Tim Putra SMAN 3 Cibinong Akui Timnya Belum Maksimal
Flag football di Indonesia (pojok.axisnet.id)

Olahraga yang cuma terdiri dari 8 orang pemain ini intinya memang cukup mudah, yaitu si pemain hanya cukup mencabut bendera yang terpasang di pinggang pemain lawan saat sedang membawa bola.

Badan Kecil atau Besar Tetap Bisa Main, Begini Alasannya

Flag football bisa dimainkan oleh orang bertubuh kecil ataupun besar, karena olahraga ini lebih mengandalkan otak daripada otot. Maksudnya, permainan ini lebih andalkan pikiran, prediksi, kecepatan, kekuatan, serta penguasaan teknik kamu. Jadi, siapa saja bisa asalkan fisik sehat dan kuat.

Lantas, Sampai Mana Perkembangan Flag Football di Indonesia?

(tribunnews.com)

Olahraga ini berkembang di Indonesia pada tahun 2001. Kemunculannya didorong oleh organisasi bernama Indonesian Flag Football Association (IFFA) yang berdiri sejak 14 Februari 2009. Kemudian, eksistensi flag football di Indonesia cukup berkembang, tak hanya bisa masuk ke beberapa sekolah sebagai esktrakulikuler, tetapi juga sudah mempunyai tim nasional (timnas). Dilansir dari kontan.co.id, Pelatih timnas flag football, Akbar kusuma menjelaskan bahwa rata-rata atlet flag football di Indonesia berumur 25 tahun.

Related :  Trisakti Melenggang ke Semi Final LIMA Futsal Nationals 2017, Pasca Menumbangkan Point UBL

Sekarang ini perkembangan flag football terbesar masih berada di Pulau jawa. Sedangkan di Pulau Sumatra dan Bali hanya ada yang bermain tetapi belum ada tim yang terbentuk. Diungkapkan pelatih timnas flag football, bahwa saat ini ada beberapa kampus yang aktif mengikuti kejuaraan tim flag football, baik di tingkat regional maupun nasional. Kejuaran tersebut di bawah naungan Indonesian Flag Football Association (IFFA).

 

Ayoo….apakah kamu tertarik mencoba olahraga yang lagi trend ini? Kalau kamu tertarik, kamu bisa nih bergabung dengan IFFA yang melakukan latihan rutin setiap Rabu malam dan Sabtu pagi di Gelora Bung Karno, Jakarta. Selamat mencoba…

 

 

 

(kontan.co.id, cnnindonesia.com)

 

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of