Olahraga Unik Yang Pasti belum Kamu Tau

0
1495
olahraga-unik
olahraga-unik

Kamu sudah banyak membaca artikel tentang olahraga, pasti gak menutup kemungkinan kalau kamu juga banyak mengetahui berbagai jenis olahraga. Nah, tapi…apa kamu tau 5 olahraga unik berikut ini?

  1. Pathol

    ilustrasi: Pathol
    ilustrasi: Pathol

    Pasti nama olahraga ini terdengar asing, bukan? Ya, ternyata jenis olahraga ini berasal dari Indonesia, loh! Kalian tau gulat? Nah, olahraga ini seperti layaknya gulat. Pathol ialah olahraga gulat tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Katanya permainan Pathol ini sudah dimainkan sejak zaman kerajaan Majapahit. Karena kemajuan zaman ada beberapa gerakan pathol yang diubah sehingga menjadi kesenian adat. Olahraga unik ini sekarang sering dimainkan di pesisir atau pinggir pantai dan biasanya diselenggarakan sebagai acara adat seperti menjelang bulang purnama atau upacara adat lain. Jadi, kalau kamu sedang wisata atau berkunjung di Jawa Tengah, bisa nih untuk melihat bagaimana olahraga ini dimainkan.

  2. Sepak Takraw

    Ilustrasi: Sepak Takraw

    Kalau olahraga unik satu ini, tidak terasa asing di telinga. Beberapa orang pasti sudah ada yang mengetahui. Namun, ternyata sepak takraw berasal dari Indonesia juga, loh! Pakar sejarah telah membuktikan bahwa sepak takraw itu olahraga tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan dan ada sejak zaman dahulu, tepatnya saat ada Kesultanan Malaka (1402-1511). Dulu disebut dengan nama sepak raga. Takraw dikatakan unik karena olahraga ini dimainkan seperti bermain sepakbola dan bola voli, tetapi dilakukan di lapangan bulu tangkis.
    Cara mainnya pemain sepak takraw terdiri dari 3 orang per-grup. Menggunakan kaki untuk menyentuh bola seperti volley, tidak boleh menyentuh dengan tangan. Sekilas gerakan-gerakan dalam permainan sepak takraw pun mirip dengan gerakan seni bela diri.

    Nah, bagi kita anak-anak generasi muda Indonesia, harus tau nih jenis olahraga khas Indonesia seperti salahsatunya sepak takraw. Agar nanti bisa terus ada dan bertahan hingga generasi lainnya.

  3. Flowrider

    Ilustrasi: Flowrider

    Flowrider ini olahraga unik yang dapat menjadi alternatif bagi kamu para pemula perselancar. Manfaat olahraga ini untuk melatih ketangkasan berseluncur di tengah ombak dan berlatih keberanian berseluncur. Di Jakarta sendiri, kamu bisa coba nih olahraga unik ini dengan datang ke The Wave Pondok Indah Water Park, Jakarta Selatan. Di sana, akan ada para pelatih yang siap sedia membantu kamu berlatih. Selamat Mencobaa

  4. Parkour

    Ilustrasi: Parkour

    Olahraga unik satu ini tergolong ekstrim. Pasalnya, Parkour mengandalkan kelihaian kamu dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Semua rintangan, seperti pohon, tembok, pagar, tangga dan lainnya, harus dilalui dengan kecepatan gerak tubuh kita. Parkour ialah salah satu olahraga olah tubuh dengan gaya bebas. Di Indonesia sendiri olahraga ini cukup berkembang di beberapa kota, salah satunya adalah Kota Jakarta. Bagi kamu yang ingin tau, mencoba ataupun sekedar melihat olahraga Parkour, kamu bisa datang ke Taman Krida Loka Senayan dan Taman Ria Senayan, Jakarta Pusat. Biasanya disana saat pagi ataupun sore menjelang malam, akan ramai dengan orang-orang yang bermain Parkour.

  5. Wakeboard

    Ilustrasi: Wakeboard

    Olahraga unik yang terakhir ini adalah olahraga di atas air (biasanya air laut ya) yang menggunakan papan seluncur juga. Bedanya, wakeboard ini  menggunakan tali untuk menarik tubuh kamu. Olahraga ini aman bagi semua orang karena dilengkapi dengan helm dan life jacket. Untuk kamu yang penasaran dan ingin mencoba sensasi wakeboard, bisa nih mencoba olahraga ini dengan datang ke Epic Cable Park di Ancol. Tempat ini merupakan tempat wakeboard satu-satunya di Indonesia. Selamat mencoba!

    Nah, sudah pengetahuan tentang jenis olahraga kamu bertambah kan sekarang? Dari kelima olahraga unik diatas, adakah yang ingin kamu coba..

Related :  Pertandingan Ketiga LIMA Futsal Nationals 2017, Unisma Menang Tipis atas UNY Dengan Skor 3-2

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of