Pangdam Cup Rampung, Sekolah Khusus Sepak Bola Segera Dibentuk

0
38
Pangdam Cup Rampung, Sekolah Khusus Sepak Bola Segera Dibentuk
Suasana Pertandingan Pada Turnamen Sepak Bola U-12 dan U-14 Panglima Kodam (Pangdam) XVII Cenderawasih Cup. (Foto: Papuainside.com)

Turnamen sepak bola U-12 dan U-14 bertajuk Panglima Kodam (Pangdam) XVII Cenderawasih Cup rampung digelar usai laga final yang mempertemukan SSB Papua United kontra SSB Mac Arthur, Senin (5/10/20) di lapangan sepak bola Makodam. SSB Mac Arthur mampu tempil sebagai juara usai mengandaskan SSB Papua United dengan skor tipis 1-0.

Melalui Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab yang diwakili Kajasdam Kodam Letkol Inf Asep Supriyanto mengatakan, turnamen ini digelar untuk mencari bibit-bibit sepak bola muda yang akan dimasukkan ke dalam program pembentukan sekolah khusus sepak bola.

Mereka yang terbaik akan melanjutkan ke program pembentukan sekolah sepakbola seperti Diklat ragunan di Jakarta dengan berkerjasama bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura di jenjang level mulai U-14,” ujar Asep, dilansir dari Jubi.co.id.

Related :  Masuki Tahun Ketiga, Kompetisi Piala Menpora Usia Berjenjang Libatkan Ribuan SSB di Indonesia

Lebih lanjut, Asep berharap program tersebut akan melahirkan pesepakbola handal yang mampu berprestasu ditingkat nasional maupun Internasional. Selain itu, Pangdam Cup direncanakan akan digelar rutin setiap tahun.

Ini akan menjadi agenda tahunan yang mungkin bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah. Tapi kalau Pangdam Cup sendiri masih akan berlanjut nantinya. Soal pembentukan sekolah sepakbola kita masih sementara penjajakan dan masih sebatas mencari bibit atletnya dulu,” lanjutnya.

Sementara itu, pada waktu yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Christian Sohilat, sangat mengapresiasi turnamen yang di gagas oleh Pangdam XVII/Cenderawasih ini. Menurutnya, acara olahraga seperti ini sangat dirindukan oleh masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Related :  Apresiasi Potensi Atlet, SKO Ragunan Pantau SSB Ke Tulehu di Maluku

Christian Sohilat juga menjelaskan bahwa pihaknya telah berdiskusi dengan Pangdam Cendrawasih terkait pembentukan sekolah khusus sepak bola bagi para atlet muda berpotensi.

Pangdam cup ini telah menggelorakan kembali sepakbola di turnamen U-12 sampai U-14 tahun karena itu kita dinas pendidikan sangat mengapresiasi turnamen ini. Kami juga sudah mendiskusikan dengan Pangdam soal rencana membentuk sekolah yang khusus sepak bola,” ujar Sohilait.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of