Pastikan Untuk Melakukan Pemanasan Ini Sebelum Berolahraga

0
1917
Pastikan Untuk Melakukan Pemanasan Ini Sebelum Berolahraga

Olahraga hendaknya dilakukan secara rutin. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang cukup berat dan melelahkan. Saat berolahraga tubuh bekerja sangat keras, dimana otot, tulang, sendi serta jantung harus memaksimalkan performa-nya. Olahraga juga merupakan kegiatan yang berisiko cedera apabila tidak dipersiapkan dengan baik. Banyak orang seringkali mengabaikan proses pemanasan sebelum olahraga. Padahal, pemanasan dasar sangatlah penting dan dibutuhkan sebagai persiapan tubuh Anda sebelum olahraga. Jika pemanasan tidak benar, risiko mengalami cedera akan lebih besar kemungkinan terjadi.

Karena saking bersemangat untuk memulai berolahraga, terkadang kita lupa melakukan pemanasan. sesungguhnya, pemanasan sebelum olahraga sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Jika tubuh Anda tidak siap, olahraga justru akan menibulkan resiko bagi fisik Anda. Apalagi, jenis olahraga yang Anda lakukan adalah jenis olahraga berat, seperti angkat beban atau sepakbola. Namun, pemanasan sendiri tak jarang dilakukan dengan cara yang kurang tepat. Cukup banyak yang menyebut pemanasan adalah peregangan tanpa memahami peregangan seperti apa yang sebenarnya harus dilakukan. Berikut gerakan-gerakan pemanasan dasar sebelum berolahraga.

1. Berjalan kaki

Sebelum memulai olahraga, lakukan lah pemanasan dasar. minimal jalan kaki beberapa langkah atau mengelilingi suatu ruangan dengan beberapa putaran. Dengan berjalan sebelum berolahraga sangat membantu dalam proses persiapan tubuh untuk melakukan gerakan fisik yang lebih berat.

Related :  Olahraga Sambil Berlibur? Kenapa Tidak

2. Pelemasan dan Peregangan

Tujuan dasar dari gerakan ini adalah untuk melemaskan dan meregangkan bagian tubuh dengan cara yang halus. Mulai dari kaki ke tangan, ataupun sebaliknya. Cobalah untuk meregangkan semua bagian tubuh Anda secara bertahap. Putar-putar tangan dan pergelangan tangan dengan gerakan lamban, hal yang sama juga dilakukan pada kaki dan pergelangan kaki. Selain itu, memutar pinggang dengan lembut dengan mengikuti arah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Dengan melakukan ini anda dapat merasakan badan terasa lebih leluasa untuk digerakkan.

3. Jogging di Tempat

Lakukan jogging di tempat selama beberapa menit. Pemanasan dasar ini dapat membantu persiapan kaki agar lebih kuat menopang tubuh. Dengan begitu jantung juga akan mulai memompa dan otot-otot akan mulai melemas sehingga tubuh dan otot paha akan siap dalam menyeimbangkan tubuh dalam menjalani aktivitas yang lebih berat.

4. Jumping Jack

Lakukan jumping jack setidaknya 25 kali lompatan. Gerakan ini akan mempersiapkan tubuh Anda dengan memanaskan sistem yang ada dalam tubuh. Lompatlah tinggi-tinggi dan lakukan dengan semangat sehingga tingkat antusiasme Anda semakin terdorong sehingga menambah semangat anda melakukan olahraga yang akan anda jalani.

Related :  Pakaian Olahraga Bisa Dipakai Ngantor, Masa Iya?

Nah, itulah beberapa gerakan pemanasan dasar yang baik dan benar sebelum berolahraga. Pemanasan dasar bertujuan agar otot-otot tubuh tidak terasa tegang dan mengalami stress saat sedang berolahraga. Pemanasan berbeda dengan latihan inti, oleh sebab itu jangan berlebihan. Jika Anda terlalu berlebihan maka tubuh akan cepat lelah sehingga saat melakaukan latihan inti tenaga Anda sudah terkuras habis. Lakukan pemanasan yang cepat, to the point dan yang menghemat energi
Tanpa pemanasan, Anda akan mengalami banyak kendala dalam berolahraga. Pertama, Anda kemungkinan tidak dapat maksimal dalam berolahraga, karena tubuh Anda belum cukup panas untuk bekerja secara optimal. Kedua, apabila Anda mengalami cedera, proses penyembuh akan memakan waktu yang cukup lama. Pada dasarnya, apabila olahraga tanpa pemanasan tidak baik bagi jantung Anda, yang membuat jantung berdetak tidak normal.
Jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah olahraga, Karena proses pendinginan berguna untuk mempercepat pemulihan sehingga risiko pegal-pegal dan kelelahan yang berlebihan akan dapat di minimalisirkan.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of