Pegal Saat Mudik, Ini Solusi Yang Paling Ampuh

0
553
Ilustrasi: Mudik.

Mudik sudah menjadi rutinitas hampir semua orang menjelang Hari Raya Idul Fitri. Itu semua karena mereka ingin merasakan lebaran bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Maka itu, dikala ada arus mudik, disitu pasti ada kemacetan. Tak jarang, dari kemacetan tersebut, timbul pemudik yang mengeluh rasa pegal di badan. Kalau sudah begitu, mudik pun menjadi tidak nyaman. Apabila kalian adalah pemudik dengan masalah yang sama yaitu pegal-pegal atau kelelahan otot? Ini dia solusi ampuh atasi pegal saat mudik.

  1. Yuk Lakukan Gerakan-Gerakan Ringan Olahraga

    Ini Cara terbaik untuk mencegah pegal otot yaitu dengan berolahraga. Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa berolahraga juga bisa loh dilakukan di dalam kendaraan (khususnya mobil) saat mudik. Jadi bagi Anda yang akan atau sedang mudik, praktekkan jenis-jenis gerakan olahraga ini untuk cegah pegal di kendaraan:

    Melatih Otot Bokong

    Anda cukup duduk tegak, kemudian bagian pinggul hingga bokong condong ke belakang sampai perut terlihat merata, dan kencangkan otot bokong perlahan-lahan. Ulangi gerakan tersebut selama 30 kali. Gerakan ini membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga otot bokong Anda tidak akan pegal.

    Melatih Otot Perut

    Angkat kedua tangan dengan jemarinya menyentuh bagian atap kendaraan (mobil atau lainnya), kemudian tarik napas Anda sekaligus kencangkan otot-otot bagian perut dengan menahan napas selama 15 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-6 kali.

    Melatih Otot Bahu

    Untuk Anda yang menyetir, lakukan ini agar bahu Anda tidak pegal. Pertama, letakkan tangan pada setir atau dashboard, kemudian condongkan bahu sebelah kiri ke depan, hitung hinggga 10 detik lalu ganti ke yang kanan dan lakukan dengan durasi yang sama.

    Melatih Otot Paha

    Gerakan ini sangat mudah. Pertama, luruskan kedua kaki Anda ke depan perlahan-lahan namun dengan tenaga hingga badan seolah menjadi terlentang atau dalam posisi berdiri. Gerakan ini seperti Anda sedang mengulet di mana semua otot diregangkan dan paha dikencangkan.

  2. Lakukan Peregangan Otot Anda

    Peregangan badan dapat dilakukan untuk Anda yang mudik naik kendaraan apapun, baik itu mobil, motor, kereta, pesawat maupun kapal laut. Cara peregangan yang benar yaitu diawali dengan gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, lalu gerakan peregangan tangan dan kaki Anda. Regangkan juga otot tubuh (seperti tangan, pinggul, leher, bahu) saat berdiri, lalu ambilah waktu sejenak untuk menghirup napas dengan rileks.

  3. Pijat-Memijat

    Rasa pegal Anda tidak tertahankan? Cara paling jitu ya dengan pijatan. Pijatan di sekitar leher atau kaki bisa merilekskan kembali otot-otot Anda yang pegal. Maka dari itu, jangan lupa membawa perlengkapan obat-obatan seperti koyo, minyak angin atau urut, agar sewaktu-waktu bila Ada yang pegal saling pijat memijat. Kalau lupa, jangan khawatir Anda bisa saja mendatangi posko-posko pijat mudik yang sudah tersedia kok.

  4. Minum Minuman Berenergi

    Taukah kamu, minum-minuman berenergi dapat mengatasi lelah dan rasa pegal di tubuh? Di Indonesia, minuman energi digolongkan sebagai minuman kesehatan. Umumnya, minuman energi dipasarkan dalam botol kecil yang siap minum. Ada juga minuman berenergi yang dipasarkan dalam bentuk sachet dan harus dicampur dengan air mineral sebelum dikonsumsi. Minuman ini jika diminum dalam jumlah yang wajar dapat memberikan energi tidak kurang dari 300Kkal, karena ia mengandung satu atau lebih bahan yang cepat diserap tubuh. Berguna untuk menghasilkan energi untuk Anda dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan, dengan persyaratan total energi minimal 100 Kkal/sajian.

  5. Konsumsi Suplemen Makanan

Setiap orang memerlukan asupan suplemen makanan yang cukup, untuk melakukan aktivitas sehari-hari, khususnya mereka yang beraktivitas tinggi bahkan terkhusus pemudik. Asupan suplemen makanan bisa berupa vitamin yang berfungsi menggantikan energi tubuh yang hilang akibat beraktivitas. Jika energi tersebut tidak segera diganti, maka Anda akan kekurangan energi, sehingga tubuh pun menjadi lemas dan kurang bersemangat. Selain mengkonsumsi suplemen, Anda sebagai pemudik juga harus menerapkan “Gizi Sehat Seimbang”, makan makanan bergizi tinggi sehingga tubuh Anda tetap bugar.

5 Tips diatas semoga bisa menjadi referensi Anda untuk mudik ke kampung halaman. Perlu diingat sebelum berangkat mudik, istirahatkan tubuh dan pikiran Anda, dan tidurlah yang cukup agar saat berangkat tubuh Anda tidak lelah.
Semoga berkah ya..

Related :  Brotherhood Siap Mendorong Nasib Atlet Bela Diri Untuk Mendapatkan Hidup Layak

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of