Pelatih Indonesia Berusaha Raih Lisensi AFC Pro PSSI, Apa Keuntungannya?

0
1141
Ahmad Bustomi saat kursus kepelatihan Lisensi C AFC di Kota Batu. (Ian Setiawan/indosport.com)

Seperti yang #sobatmudaNYSN ketahui, bahwa kini pelatih-pelatih Indonesia sedang berusaha loh meraih lisensi AFC Pro PSSI. Program ini merupakan yang pertama kalinya hadir di Indonesia dalam pelatihan lisensi AFC Pro yang digelar di Universitas Negeri Yogyakarta pada 14 sampai 20 April 2018. Para pelatih dibina untuk mempunyai kualitas dan andil yang cukup besar dalam membina pesepakbola muda Indonesia. Lalu, apa saja ya keuntungan yang didapat bagi peraih lisensi AFC Pro ini?

Berdasarkan lansiran dari indosport.com, sederet keuntungan yang diraih bisa mulai dari gaji hingga jangkauan karier ranah kepelatihan. Hm, sungguh menarik bukan?

Jangkauan karir

Deretan Keuntungan tersebut berasal dari beberapa lisensi, yakni Lisensi D PSSI, C AFC, B AFC, A AFC, dan juga AFC Pro. Setiap tahapan, memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat tersebut tergantung pada tingkat kepelatihan masing-masing (jam terbang si pelatih), hal ini lah yang nanti akan menentukan besar gaji yang didapat hingga jangkauan karier pelatih yang dapat diambil atau ditangani. Tiap perolehan lisensi memiliki pendapatan yang berbeda-beda. Misal, pada lisensi D, besar pendapatan mencapai 3-4 juta Rupiah, sedangkan untuk pelatih yang bisa meraih lisensi AFC Pro bisa mempunyai pendapatan 250-300 juta rupiah. Wow…

Related :  Game BOGI Menjadi Langkah Pertama Menciptakan Perdamaian Negara Melalui Olahraga Sepakbola

Pelatih top Indonesia sendiri dikabarkan telah masuk dalam daftar peserta kepelatihan lisensi Pro AFC tersebut. Seperti pelatih klub PSMS Medan Djajang Nurjaman, pelatih Arema FC Joko Susilo, eks pelatih Borneo FC Iwan Setiawan, pelatih Bali United Widodo C Putro, hingga mantan pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri.

Twitter: @PSSI

Yap, semoga ajang lisensi AFC pro ini memang menjadi momentum Indonesia untuk bisa mengupgrade kualitas pesepakbola ke arah yang lebih baik. sobatmudaNYSN, yuk kita doakan yang terbaik bagi para pelatih Indonesia. Tetap Semangat!

 

 

(indosport.com)

 

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of