Perbedaan Olahraga Beladiri dan Beladiri Murni Aikido

0
1938
Pelatih-Senior-Aikido-dan-murid-muridnya
Pelatih Senior Aikido Robinson G Munthe bersama dengan murid-muridnya.

Saat ini olahraga beladiri Aikido masih di anggap eksklusif, pasalnya alat yang di gunakan dalam persiapannya tergolong khusus. Seperti halnya matras, dan atributnya lebih tebal jika di bandingkan baju beladiri lainnya.

Ketebalan baju seragam aikido juga bukan tanpa alasan, untuk menjalani tehnik beladiri aikido lebih mengutamakan cengkraman yang kuat, dan tiga rumus pertahanannya. Yang pertama adalah kuncian, bantingan dan lemparan.

Pelatih Aikido Indonesia Robinson G. Munthe mengatakan kepada nysnmedia.com bahwa tehnik aikido sendiri adalah persendian.

“Dari keseluruhan bisa saya rumuskan secara spesifik tehnik aikido lebih mengarah ke persendian atau tulang sendi dan bagian tubuh yang dianggap fital, seperti leher,” papar Robinsoon

Meski tergolong baru di Indonesia, aikido ini sudah menjadi idola di kalangan beladiri khusus di panggung MMA, yang memiliki karakteristik jenis olahraga ekstreem, oleh sebab itu aikido ini tidak memiliki ajang yang di pertandingkan, tetapi lebih menjadi perlindungan diri yang efektif bagi keselamatan jiwa dari orang-orang yang berniat jahat.

Robinson juga nenambahkan bahwa aikido ini mulai masuk dari era tahun 70an, dan pada era 90an mulai banyak di pelajari oleh masyarakat umum.

“Aikido ini mulai masuk sekitar tahun 1970, dan mulai marak di tahun 1990an. Dengan latar belakang para peminatnya adalah pertahan diri yang efektif untuk menjalankan aktifitas sehari-hari, guna menghindari penjahat, ataupun seseorang yang memiliki niat menyakiti orang lain,” tambah Robinson

Related :  Mengenal Istilah "Eat Breakfast Like A King, Lunch Like A Prince, And Dinner Like A Pauper” Dalam Pola Makan Yang Benar

Beladiri asal negeri sakura ini di percaya dapat bersinergi kepada olahraga beladiri lainnya seperti muaythai, jujitsu, judo dan bahkan tinju. Karena basic pengetahuan tehniknya tergolong sama, maka dari itu ketika seseorang pernah ikut aikido, lalu beralih ke judo ataupun jujitsu tidak akan mendapatkan kesulitan. Secara dari ruh ataupun sejarahnya itu sama, antara aikido dan judo, ataupun jujitsu,” tambah Robinson

Pada sejarahnya aikido ini adalah sekelompok pasukan tempur yang memakai pedang pada sebelum negara jepang di kuasai oleh Amerika, dan setelah di kuasai oleh Amerika hanya merubah sedikit gaya dalam bertarung, karena tehnik aikido ini tergolong lebih sadis di bandingkan sekarang. Artinya ada tehnik serangannya yang mulai di kurangi.

Di bandingkan dengan olahraga beladiri lainnya aikido ini konsisten untuk tidak memasuki ranah olahraga, seperti halnya beladiri taekwondo ataupun karate. Karena merupakan penggabungan tehnik yang biasa di sebut grapling yang lebih efektif untuk beladiri, misalnya di pasar, mall, dijalanan ataupun di titik keramaian, karena tergolong dengan tehnik cepat mengantisipasi pukulan secara tiba-tiba.

Beladiri merupakan permasalahan mindset, ketika seseorang belajar beladiri, pikirannya harus terbuka. Dan belajar mengkombinasikan tehnik terhadap beladiri lainnya, dimana masih terletak celah-celah kosong pertahanan dari satu beladiri yang kita pelajari.

Bagi Robinson melatih dan mengajar itu sama dengan belajar, secara otomatis dirinya mengulas kembali tentang materi tehnik.

Related :  Sering Keseleo Dalam Latihan Olahraga Tenis, Gadis Ini Menganggapnya Sudah Biasa
Pelatih-Senior-Aikido-dan-murid-muridnya
Pelatih Senior Aikido Robinson G Munthe

“Bagi saya, mengajar itu sama dengan belajar, saya tidak pernah berhenti belajar, karena pada dasarnya kita mendapatkan ilmu tambahan dari orang lain, dan biasanya dari sanalah kita mendapatkan manfaat pada umumnya,” terang RobinsonDirinya mengaku telah menggabungkan hampir semua tehnik beladiri yang ada dan telah berhasil melahirkan tehnik baru bernama Combat Aikido, dimana unsur semua tehnik di dapatkannya dari metode menampung masukan dari tehnik beladiri yang ada. Karena pada dasarnya seluruh beladiri yang ada hampir semunya memiliki 3 pondasi dasar, yang pertama fleksibilitas, yang kedua adalah kekuatan, dan terakhir mobilitas. Artinya dengan begitu Robinson merumuskan bahwa beladiri harus bekerjasama dengan beladiri lainnya.

“Saya berpendapat dari ketiga unsur di atas, artinya kita harus melengkapi base kita, dan bekerjasama dengan beladiri lainnya, tetapi bukan untuk mengenal beladiri lainnya, tetapi lebih kepada memperkuat base kita masing-masing, saya pribadi mempelajari tehnik lain dari beladiri apapun misalnya muaythai, bukan hanya untuk pengetahuan saja, tapi untuk memperkokoh dan melengkapi base saya sendiri yaitu aikido,”ucapnya

Saat ini, Robinson telah memiliki 3 tempat atau cabang beladiri yang biasa di sebut “Dojo” lokasi latihan, diantaranya terletak di medang lestari Gading Serpong, kemudian hasil kerjasama dengan BSA yang terletak di Anggrek Loka BSD, lalu di spring club Gading Serpong, dan rencananya akan buka baru lagi di The Latinos BSD hasil kerjasama dengan BSA.(adt)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of