Pro Dan Kontra Seputar Produk Hijab Besutan Nike

0
1658
Zahra Lari, Atlet Ski Ice , salah Sstu brand ambassador hijab Nike. Foto: Gomuslim.co.id
Zahra Lari, Atlet Ski Ice , salah Sstu brand ambassador hijab Nike. Foto: Gomuslim.co.id

Merek olahraga ternama dunia, Nike mengeluarkan koleksi hijab yang diperuntukkan bagi wanita muslim berhijab yang menyukai olahraga. Koleksi dengan nama “Pro Hijab” akan diluncurkan pada tahun 2018 dan menggandeng atlet dunia Zahra Lari atlet cabang olahraga ski es dan Amna Al Haddad atlet angkat besi. Produk yang dikeluarkan adalah penutup kepala yang dapat digunakan wanita berhijab agar bisa lebih leluasa saat berolahraga.

Belakangan sebelum produk ini akan diluncurkan, Nike telah melakukan beberapa pertemuan dengan para atlet muslim untuk bertukar pikiran demi mengetahui produk apa yang dibutuhkan yang dapat mendukung kemudahan mereka dalam berolahraga.

Nike Pro Hijab diciptakan dengan bahan yang tentunya lebih ringan dan lembut seperti kulit sehingga nyaman digunakan dan tidak mengganggu saat bergerak. Para penggunanya juga tidak perlu khawatir akan kepanasan, sebab penutup kepala ini memiliki lubang-lubang kecil yang tidak terlihat yang berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara dan tidak membuat kulit kepala pengap. Inovasi baru ini sangat berguna bagi para wanita berhijab. Namun disisi lain, produk ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Pendapat yang kontra menilai bahwa dengan meluncurkan Pro Hijab, Nike mendukung penindasan terhadap wanita. Selain itu, muncul protes yang menyebut Nike meng komersialkan hijab, mengakomodasikan Islam di Amerika Serikat. Bahkan sampai ada yang mengancam akan memboikot Nike.

Salah satu brand ambassador Pro Hijab, Amna Al Haddad mengatakan bahwa langkah Nike ini merupakan langkah yang bagus untuk para atlet berhijab yang dituntut tampil dalam turnamen. Ia yakin atlet berhijab bisa lebih berprestasi karena didukung produk yang baik. Tak hanya itu, saat ini atlet berhijab semakin meningkat jumlahnya maka Nike akan hadir untuk memberikan kebutuhan para atlet.

Pro-dan-Kontra-Nike-“Pro-Hijab”-2
Amna Al Haddad. Foto: Cbc.ca

Nike merupakan perusahaan yang inovatif dan Pro Hijab ini akan menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan pasar. Banyak orang setuju dan memuji Nike Pro Hijab ini sebagai bentuk bahwa setiap wanita layak mendapatkan hak untuk memilih apa yang dia ingin pakai. Cukup sulit bagi mereka memilih jilbab untuk memadukan dengan pakaian yang cocok. Ini adalah langkah ke arah yang benar sehingga semua wanita disertakan.(put)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of